kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,27   8,88   0.98%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa


Minggu, 17 Maret 2024 / 12:00 WIB
Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa
ILUSTRASI. Lemon

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat lemon untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang luar biasa dan penting diketahui. Untuk bisa mendapatkan manfaat lemon secara maksimal juga perlu dikonsumsi secara rutin.

Lemon, dengan rasa segarnya yang khas dan aroma yang menyegarkan, adalah salah satu buah yang sangat populer di seluruh dunia. 

Tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan dan minuman, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Lemon ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Melansir dari Healthline, Lemon mengandung nutrisi yang dapat membantu mendukung kesehatan jantung  dan melindungi terhadap batu ginjal serta anemia.

Selain itu, berikut beberapa manfaat lemon untuk kesehatan lainnya:

Sumber Vitamin C

Lemon adalah salah satu sumber terbaik vitamin C. Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Asupan harian vitamin C yang cukup juga dapat membantu dalam penyembuhan luka dan meningkatkan kesehatan gusi.

Baca Juga: Banyak Khasiatnya, Ini Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Lemon mengandung serat pektin, yang dapat memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Air lemon hangat di pagi hari telah menjadi kebiasaan yang populer untuk membantu penurunan berat badan. Lemon juga dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh, meningkatkan metabolisme, dan mempromosikan pembakaran lemak.

Mendukung Kesehatan Jantung

Asupan serat dan vitamin C dalam lemon berperan dalam mendukung kesehatan jantung. Serat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah, sementara vitamin C dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan dan pembentukan plak. Lemon juga mengandung senyawa antioksidan, seperti quercetin, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Pencernaan

Minum air lemon hangat di pagi hari juga dapat merangsang sistem pencernaan. Lemon memiliki sifat yang mengkondisikan lambung dan merangsang produksi asam lambung, yang dapat membantu dalam pencernaan makanan dengan lebih baik. Serat dalam lemon juga bermanfaat untuk mengurangi masalah sembelit.

Baca Juga: Apa Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Detoksifikasi Tubuh

Lemon memiliki sifat detoksifikasi yang kuat. Air lemon adalah diuretik alami yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda dengan meningkatkan produksi urin. Selain itu, lemon juga merangsang hati untuk memproduksi enzim yang membantu proses detoksifikasi tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam lemon membantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang mempertahankan elastisitas kulit. Lemon juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Konsumsi lemon dan air lemon dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Lemon mengandung asam sitrat, yang dapat mencegah pembentukan batu oksalat dalam ginjal. Minum air lemon secara teratur dapat membantu mengencerkan urin dan mencegah batu ginjal.

Demikian beberapa manfaat lemon bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×