kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Obat Alami untuk Susah BAB atau Buang Air Besar yang Mudah Ditemukan


Kamis, 28 Maret 2024 / 13:39 WIB
6 Obat Alami untuk Susah BAB atau Buang Air Besar yang Mudah Ditemukan
ILUSTRASI. Obat Alami untuk Susah BAB atau Buang Air Besar yang Mudah Ditemukan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak obat alami untuk mengatasi susah BAB atau buang air besar. Dalam menghadapi kesulitan buang air ini tentu perlu penanganan agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Masalah umum yang seringkali mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Salah satu pendekatan yang sering diambil adalah dengan menggunakan bahan alami yang diyakini dapat membantu meredakan kondisi tersebut.

Bahan alami seperti jus lemon, minyak zaitun, dan jus plum kering telah lama menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mengatasi sembelit tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia.

Dengan pendekatan yang lebih alami, banyak yang percaya bahwa mereka dapat meredakan gejala sembelit dengan cara yang lebih aman dan lebih ramah bagi tubuh.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Konstipasi atau Susah BAB saat Puasa

Obat alami untuk susah BAB

Buang Air Besar

Namun, penting untuk memahami dengan jelas cara dan kapan menggunakan bahan alami ini agar mendapatkan manfaat yang optimal dan meminimalkan risiko efek samping.

Berikut ini rekomendasi obat alami untuk susah BAB atau konstipasi yang dirangkum lewat laman Bladder and Bowel.

Baca Juga: Berapa Kali BAB yang Normal dalam Sehari? Cek Penyebab Susah Buang Air Besar

1. Jus lemon

Salah satu metode untuk merangsang buang air besar adalah dengan minum segelas air yang dicampur dengan perasan setengah buah lemon sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Disarankan untuk menggunakan sedotan karena air lemon dapat membuat gigi menjadi sensitif setelah rutin mengonsumsinya.

2. Minyak zaitun

Konsumsi satu sendok teh minyak zaitun pada pagi hari saat perut kosong dapat membantu mendorong buang air besar melalui usus.

Minyak berfungsi sebagai pelumas dalam sistem pencernaan, mempermudah pengeluaran makanan padat. Ini juga membantu melunakkan tinja, mempermudah pengosongan isi perut.

3. Jus plum

Salah satu pengobatan tradisional untuk sembelit. Jus plum tidak mengandung serat seperti buah kering, tetapi keduanya kaya akan sorbitol. Sorbitol melewati usus tanpa dicerna dan menarik air ke dalam usus, meningkatkan ukuran tinja dan merangsang buang air besar.

4. Aprikot rebus

Pilihan lezat untuk membantu meredakan sembelit. Potong aprikot menjadi dua, buang bijinya, dan masak dengan gula merah dan air hingga lembut. Makanan ini cocok untuk sarapan dan enak dikonsumsi dengan yoghurt dan granola.

Aprikot

5. Teh atau kopi

Konsumsi teh dan kopi cenderung dianggap sebagai minuman penyegar, keduanya memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urin. Ini bisa membantu mendorong buang air kecil lebih sering, membantu meredakan sembelit.

Salah satunya, Teh senna yang baik sebagai obat pencahar yang membantu merangsang kontraksi saluran pencernaan.

6. Minuman Jahe

Konsumsi rempah alami yang populer di banyak dapur. Jahe membantu meredakan sembelit dengan mengurangi tekanan pada usus bagian bawah.

Selain itu, jahe juga dapat membantu meredakan gejala lain yang sering terjadi bersamaan dengan sembelit, seperti kram perut, kembung, dan mual.

Itulah sederet informasi terkait obat alami untuk mengatasi susah BAB yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×