kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Resep Bahan Alami untuk Cuci Muka Tanpa Khawatir Bahan Kimia


Selasa, 05 Maret 2024 / 14:48 WIB
6 Resep Bahan Alami untuk Cuci Muka Tanpa Khawatir Bahan Kimia
ILUSTRASI. Bahan Alami untuk Cuci Muka Tanpa Khawatir Bahan Kimia

Penulis: Bimo Kresnomurti

Resep Bahan Alami untuk Cuci Muka - JAKARTA. Intip resep pembersih wajah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diaplikasikan. Melakukan rutinitas perawatan wajah sangat krusial untuk memelihara penampilan yang menawan.

Mencuci muka merupakan proses pembersihan kulit wajah dengan memanfaatkan air bersama dengan sabun khusus wajah atau pembersih lainnya.

Prosedur ini merupakan bagian esensial dari rutinitas kebersihan harian, bertujuan untuk menghilangkan kotoran, kelebihan minyak, sel-sel kulit yang telah mati, debu, dan berbagai partikel lain yang dapat menumpuk pada kulit wajah.

Sejumlah manfaat mencuci muka tidak hanya terbatas pada aspek estetika namun juga untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Manfaat cuci muka secara rutin

Ilustrasi Kesehatan Kulit Wajah

Berikut ini beberapa manfaat cuci muka yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda lakukan.

  • Mengeliminasi Sel-sel Kulit Mati: Kebiasaan mencuci muka secara teratur memfasilitasi pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah dan lebih bersih.
  • Membersihkan Kulit Sebelum Aplikasi Produk Perawatan Kulit: Membersihkan wajah merupakan tahap awal esensial sebelum pengaplikasian produk perawatan kulit lanjutan seperti toner, serum, atau pelembab, untuk memastikan penyerapan yang lebih efektif.
  • Menghapus Kotoran dan Partikel Debu: Mencuci wajah secara efektif menghilangkan kotoran, debu, dan polutan yang menempel pada kulit akibat paparan sehari-hari.
  • Mengurangi Kelebihan Minyak: Penggunaan pembersih wajah dapat mengeliminasi kelebihan sebum pada kulit, yang berperan dalam mengurangi risiko tersumbatnya pori-pori dan pembentukan jerawat.
  • Menjaga Keseimbangan pH Kulit: Pemilihan produk pembersih wajah yang sesuai sangat penting untuk mempertahankan keseimbangan pH kulit, vital untuk menjaga kulit dalam kondisi prima.
  • Mencegah Timbulnya Masalah Kulit: Pembersihan wajah yang dilakukan secara berkala berperan dalam mencegah terjadinya masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.
  • Mempertahankan Kebersihan dan Kesehatan Kulit: Rutinitas mencuci muka yang teratur menjaga kulit tetap bersih, segar, dan dalam kondisi sehat.

Nah, Anda bisa mencoba beberapa ramuan pembersih wajah dengan bahan alami untuk metode cuci muka.

Ramuan cuci muka dengan bahan alami

Simak beberapa cara cuci muka dengan bahan alami beserta resep yang wajib dicoba, dilansir dari The Healthy Pub.

1. Cuka Sari Apel sebagai Pembersih Wajah

Cleopatra terkenal menggunakan cuka sari apel, yang kaya akan asam malat, serupa dengan asam alfa-hidroksi, untuk pembersihan wajah yang efektif. Ini membantu dalam eksfoliasi kulit, memperbaiki pergantian sel, menyeimbangkan pH kulit, dan mencegah penyumbatan pori serta jerawat. Penting untuk mengencerkan cuka sari apel sebelum penggunaan.

Resep: Campur 1 bagian cuka sari apel dengan 2 bagian air, aduk hingga merata. Gunakan dengan bola kapas pada wajah bersih, biarkan mengering sebelum mengaplikasikan pelembab.

2. Yogurt sebagai Pembersih Wajah

Yogurt, kaya akan protein dan asam laktat, menawarkan solusi detoksifikasi alami untuk kulit, meremajakan dan melembutkannya. Asam laktat merangsang pengelupasan kulit, sementara protein menegangkan pori-pori dan melembabkan.

Resep: Campur 2 sendok makan yogurt Greek dengan 1-2 sendok teh madu. Aplikasikan pada wajah selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan kain lap yang lembut.

3. Madu dan Lemon untuk Pembersih Wajah

Kombinasi madu dan lemon menawarkan antiseptik dan pelembab alami, ideal untuk membersihkan wajah. Madu, dengan sifat antibakteri dan kaya antioksidan, melawan jerawat dan penuaan, sementara lemon mencerahkan kulit.

Resep: Campurkan 1 sendok makan madu organik dengan jus setengah lemon. Aplikasikan pada wajah dan leher, hindari area mata, tunggu 20 menit sebelum membilas.

4. Pembersih Wajah dengan Anggur

Anggur, sumber fitonutrien, melindungi kulit dari radiasi UV dan mendukung pembentukan kolagen berkat kandungan vitamin C-nya, yang penting untuk elastisitas kulit.
Resep: Blender 1 putih telur dengan 6-7 buah anggur hingga halus. Aplikasikan masker ke wajah dan leher, biarkan selama 15 menit sebelum membilas.

Oatmeal

5. Oatmeal dan Susu

Oatmeal cleanser adalah pembersih wajah alami yang terbuat dari oatmeal (tepung gandum). Oatmeal memiliki sifat yang lembut dan menenangkan, cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Resep: Rebus secangkir oatmeal dalam setengah liter air selama 30 menit. Anda juga bisa menggunakan susu karena susu mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah tampak lebih cerah.

Saring cairan oatmeal dan aplikasikan ke wajah dan leher menggunakan kapas. Bilas setelah didiamkan selama 10-15 menit. Sisa cairan oatmeal bisa disimpan di kulkas hingga 3 hari.

6. Minyak Zaitun untuk Pembersihan Wajah

Minyak zaitun, pelembab alami, menutrisi dan melembutkan kulit, mengurangi efek radikal bebas dengan antioksidan dan lemak sehatnya.

Resep: Campurkan 1 kuning telur dengan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun, dan beberapa tetes jus lemon. Aplikasikan pada wajah bersih selama 5-10 menit, lalu bilas.

Penting untuk memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda (kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif) dan rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah.

Itulah informasi terkait cara cuci muka dengan bahan alami beserta ramuannya yang praktis untuk dipakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×