kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan


Selasa, 05 Maret 2024 / 14:16 WIB
9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan
ILUSTRASI. Kulit kering

Penulis: Ryan Suherlan

Cara Mengatasi Kulit Kering - Kulit kering adalah salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang. Untuk mengatasi hal tersebut, ada berbagai cara mengatasi kulit kering yang efektif dan mudah dilakukan.

Selain itu, kulit kering adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, gatal, kemerahan, dan terkadang kulit pecah-pecah. 

Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

Baca Juga: Kulit Pisang Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 6 Hal yang Menarik Diketahui

Melansir dari Healthline, kulit kering terjadi ketika kulit Anda kehilangan air terlalu cepat dan mengalami dehidrasi. Usia, riwayat kesehatan, musim dan kebiasaan mandi dapat menyebabkan kulit kering. Perawatan mungkin tergantung pada penyebabnya.

Berikut beberapa cara mengatasi kulit kering, di antaranya:

Cuci Wajah dan Tubuh dengan Benar

Pilihan produk pembersih kulit sangat penting untuk kulit kering. Hindari menggunakan sabun atau pembersih yang mengandung alkohol, parfum, atau bahan kimia keras, karena ini dapat mengeringkan kulit lebih lanjut. Sebaiknya gunakan pembersih yang lembut dan bebas pewangi. Bersihkan wajah dan tubuh dengan air hangat, bukan air panas, karena air panas dapat merusak lapisan pelindung alami kulit.

Baca Juga: 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

Gunakan Pelembap

Pelembap adalah kunci utama dalam merawat kulit kering. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat, minyak almond, atau minyak jojoba, yang dapat membantu mengunci kelembaban pada kulit. Oleskan pelembap setelah mandi, saat kulit masih sedikit basah, untuk menjaga kelembaban kulit.

Hindari Mandi Panas dan Lama

Mandi dengan air panas terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya kering. Sebaiknya, gunakan air hangat dan mandi singkat, terutama saat cuaca dingin. Selain itu, hindari menggosok kulit terlalu keras saat mandi, karena gesekan yang keras dapat merusak lapisan kulit.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga

Perbanyak Minum Air

Kulit kering seringkali merupakan tanda kurangnya hidrasi dalam tubuh. Minum banyak air dapat membantu menjaga kelembaban kulit Anda dari dalam. Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari dan hindari minuman beralkohol atau berkafein yang dapat mengeringkan tubuh.

Gunakan Masker Wajah atau Bahan Alami

Masker wajah yang mengandung bahan alami seperti madu, yogurt, atau mentimun dapat membantu memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Anda juga dapat membuat masker wajah sendiri dari bahan-bahan ini di rumah. Madu, misalnya, memiliki sifat antibakteri dan pelembap yang sangat baik untuk kulit.

Gunakan Produk Sunscreen

Perlindungan dari sinar matahari sangat penting, bahkan jika Anda memiliki kulit kering. Paparan sinar matahari dapat mengeringkan kulit lebih lanjut dan menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang. Gunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai untuk melindungi kulit Anda.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Menarik

Hindari Produk Skincare Beralkohol

Beberapa produk skincare mengandung alkohol yang dapat mengeringkan kulit. Pastikan untuk membaca label produk dengan cermat dan hindari produk yang mengandung alkohol.

Ganti Pakaian Basah Segera

Jika Anda basah oleh hujan atau keringat, segera ganti pakaian basah dengan yang kering. Kulit yang lembap adalah lingkungan ideal untuk pertumbuhan jamur dan iritasi kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai Cina Jika Dikonsumsi dengan Benar, Banyak Khasiatnya!

Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika kulit kering Anda sangat parah atau tidak kunjung membaik setelah mencoba perawatan rumahan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan saran dan perawatan medis yang sesuai untuk masalah kulit Anda.

Kulit kering dapat sangat mengganggu, tetapi dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengembalikan kelembaban dan kesehatan kulit Anda. Selalu ingat bahwa perawatan kulit yang baik adalah suatu keharusan, terutama jika Anda memiliki masalah kulit kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×