kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Jenis Sayur Lalapan yang Kaya Manfaat untuk Pencernaan hingga Gula Darah


Senin, 06 Mei 2024 / 13:43 WIB
7 Jenis Sayur Lalapan yang Kaya Manfaat untuk Pencernaan hingga Gula Darah
ILUSTRASI. Daun singkong

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhatikan sederet jenis sayur lalapan beserta manfaat yang perlu diketahui. Sayuran mentah yang dikenal sebagai lalapan merupakan bagian tak terpisahkan dari hidangan khas Indonesia.

Lalapan adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari sayuran segar yang biasanya disajikan mentah bersama dengan sambal dan nasi.

Umumnya, lalapan disajikan sebagai pelengkap makanan utama seperti ikan bakar, ayam bakar, atau hidangan panggang lainnya.

Mengonsumsi sayuran mentah sebagai bagian dari lalapan saat makan berat memiliki beragam manfaat kesehatan yang penting.

Anda dapat dengan mudah menikmati kelezatan sayuran lalapan yang sudah tersedia dalam berbagai hidangan khas Indonesia.

Baca Juga: 7 Minuman Alami Penghancur Batu Ginjal Tanpa Repot Operasi

Manfaat sayuran lalapan

Daun kemangi

Berikut adalah beberapa manfaat dari sayuran pada lalapan:

  • Sumber Serat: Sayur lalapan yang mentah kaya serat, yang membantu mempromosikan pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan menjaga perut terasa kenyang lebih lama. Serat juga baik untuk kesehatan jantung dan mengontrol kadar gula darah.
  • Tinggi Antioksidan: Sayur mentah kaya akan antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan penting untuk menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit kronis.
  • Peningkatan Energi: Konsumsi sayur mentah dapat memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dapat meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh.
  • Bantu Pencernaan: Kandungan air dan serat yang tinggi dalam sayur mentah membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit pencernaan.
  • Sistem Imun: Vitamin dan mineral dalam sayur mentah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
  • Keseimbangan Gizi: Dengan berbagai jenis sayur mentah sebagai lalapan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keseimbangan gizi yang baik dengan memasukkan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh.

Tentunya, setelah mengenal manfaat secara keseluruhan, Anda perlu mengenal manfaat setiap jenis lalapan yang biasa tersaji.

Baca Juga: Intip 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan, Baik Untuk Sistem Pencernaan

Sayuran lalapan beserta manfaatnya

Beberapa sayuran yang sering dijadikan lalapan berikut beserta manfaatnya dilansir dari laman Lanchester General Health.

1. Daun Singkong

Daun singkong mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Vitamin K juga berperan penting dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.

2. Kentang Rebus

Lalapan ini memiliki manfaat kesehatan yang penting sebagai sumber energi. Kentang adalah sumber karbohidrat kompleks, serat, vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Serat membantu pencernaan sementara vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda perlu memperhatikan masukkan kalori bila Anda konsumsi bersama sumber karbohidrat lainnya.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dihidangkan sebagai bagian dari menu makanan berat. Sayuran ini kaya akan vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan zat besi.

Kandungan vitamin K-nya sangat penting untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.

4. Tomat

Tomat yang sering ditemui pada lalapan mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan antioksidan seperti likopen. Likopen membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu sayuran lalapan yang umum disantap. Sayuran ini mengandung banyak air dan serat, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mentimun mengandung vitamin K dan kalium.

6. Selada

Daun selada rendah kalori namun kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, dan serat. Vitamin K-nya juga berperan dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Pastikan untuk tetap mengonsumsi berbagai jenis sayuran lalapan ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

7. Kangkung

Kangkung mengandung serat tinggi, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan folat. Kandungan serat membantu pencernaan, vitamin A baik untuk kesehatan mata, dan zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah.

Pastikan Anda tetap menyantap sayuran agar kebutuhan gizi seimbang tetap terjaga untuk tubuh yang lebih sehat.

Itulah penjelasan terkait manfaat sayuran lalapan yang cukup lengkap saat konsumsi makanan berat.

Selanjutnya: Tersedia di Apotek, Ini Obat Luka Diabetes agar Cepat Kering

Menarik Dibaca: Tersedia di Apotek, Ini Obat Luka Diabetes agar Cepat Kering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×