kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Intip 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan, Baik Untuk Sistem Pencernaan


Senin, 22 April 2024 / 13:04 WIB
Intip 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan, Baik Untuk Sistem Pencernaan
ILUSTRASI. Kubis

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kubis  - Manfaat kubis untuk kesehatan bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran manfaat kubis cukup menarik perhatian dan menjadi salah satu sayuran yang cukup banyak diminati.

Tak hanya manfaat kubis untuk kesehatan, sayuran ini juga dikenal mempunyai rasa yang relatif enak dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Banyaknya manfaat tersebut didapatkan dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam kubis. Nutrisi-nutrisi tersebut kebanyakan dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, serat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Banyak Khasiatnya, Cek 9 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Dengan banyaknya nutrisi tersebut tak heran kubis menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. 

Selain itu, kol atau kubis juga tidak hanya dijadikan lalapan. Kubis juga sering dijadikan bahan-bahan makanan khas Indonesia, seperti karedok, lotek, gado-gado, hingga sayuran tambahan di mie goreng atau nasi goreng. 

Lantas apa saja manfaat kubis untuk kesehatan? 

Melansir dari Health, berikut manfaat kubis untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui, di antaranya: 

Menjaga Sistem Pencernaan

Kubis adalah salah satu sayurang yang mengandung banyak serat. Kandungan serat tersebut bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, mencegah sembelit, menurunkan kolesterol hingga menjaga kadar gula darah.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Cek 6 Hal Ini

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Kubis juga sangat cocok untuk dijadikan salah satu makanan saat diet. Pasalnya, kubis termasuk sayuran yang rendah kalori.

Meski mempunyai kalori yang relatif rendah, namun kubis mengandung banyak nutrisi. Oleh karena itu mengkonsumsi kubis saat diet akan membuat tubuh terasa kenyang.

Mengandung Vitamin C Tinggi

Selain jeruk yang dikenal mengandung banyak vitamin C, ternyata kubis juga memberikan nutrisi khususnya vitamin C yang cukup besar jika dikonsumsi.

Vitamin C dalam kubis bermanfaat bagi kesehatan salah satunya dapat meningkatkan imunitas  serta membantu tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi.

Baca Juga: Kenali, 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kubis mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi pembekuan darah yang sehat dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan kubis mengandung cukup banyak vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kubis selanjutnya yaitu dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kubis mengandung antiinflamasi yang mampu mencegah berbagai jenis peradangan serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Unik

Membantu Melawan Kanker

Dilansir dari Health, Menurut National Cancer Institute, kubis mengandung senyawa yang disebut glukosinolat yang merupakan bahan kimia mengandung belerang. Senyawa tersebut memiliki manfaat antikanker yang dapet menurunkan berbagai jenis risiko kanker. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih untuk mengetahui manfaat kubis yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×