kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Khasiat Utama Daun SIngkong Buat Kesehatan dan Cara Mengolahnya Biar Tidak Beracun


Jumat, 29 Maret 2024 / 05:20 WIB
7 Khasiat Utama Daun SIngkong Buat Kesehatan dan Cara Mengolahnya Biar Tidak Beracun
ILUSTRASI. 7 Khasiat Utama Daun SIngkong Buat Kesehatan dan Cara Mengolahnya Biar Tidak Beracun

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya bagian umbinya saja, daun singkong juga sering diolah menjadi sayuran yang nikmat.

Selain nikmat, daun singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh serta harganya terjangkau dan mudah didapat.

Bersumber dari situs Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), daun singkong mengandung banyak nutrisi serta kalori dan lemaknya rendah. 

Nutrisi yang terkandung dalam daun singkong diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc dan lainnya. 

Selain itu daun singkong juga mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan beta karoten.

Baca Juga: 7 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Khasiat daun singkong

1. Membantu regenerasi sel: Kandungan asam amino esensial dalam daun singkong berguna untuk meregenerasi sel-sel di dalam tubuh manusia. Kandungan asam amino tersebut merupakan salah satu protein yang dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga dapat berfungsi kembali.

2. Meningkatkan imun: Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam daun singkong dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh agar tetap optimal.

3. Mencegah anemia: Sejumlah nutrisi yang terdapat di dalam daun singkong mempunyai kemampuan untuk memproduksi sel-sel darah merah dan berperan untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga tubuh terbebas dari penyakit anemia atau kurang darah.

4. Melancarkan sirkulasi darah: Kandungan antioksidan dan asam amino yang terdapat di dalam daun singkong berperan untuk melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, semua organ-organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan: Kandungan serat daun singkong juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi sehat dan terbebas dari gangguan penyakit.

6. Sumber energi: Kandungan asam amino esensial dan serat yang ada di dalam daun singkong dapat membantu memberikan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

7. Menangkal radikal bebas: Kandungan antioksidan daun singkong berperan untuk menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Dengan demikian, kulit akan terlindungi dan terbebas dari risiko terkena penyakit kanker kulit.

Baca Juga: Catat 7 Obat Herbal Asam Urat Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Cara mengolah daun singkong

Meskipun mengandung banyak nutrisi, daun singkong ternyata juga mengandung zat beracun yaitu sianida.

Mengutip Alodokter, jika terlalu sering mengonsumsi daun singkong secara langsung dalam jumlah yang banyak, bisa memicu keracunan sianida.

Gejala keracunan sianida mulai dari ringan hingga berat, seperti pusing, kantuk, mual, muntah, lemas, sesak napas, hingga henti jantung.

Untuk menghilangkan zat beracun dan mendapatkan manfaat daun singkong tanpa mengurangi kadar nutrisi di dalamnya, Anda perlu mencuci daun singkong sampai bersih dan mengolahnya dengan cara dimasak hingga matang.

Berikut ini cara mengolah daun singkong yang benar agar kandungan nutrisi tetap terjaga namun zat beracun dalam daun singkong hilang:

  • Pilih daun singkong yang muda.
  • Panaskan air yang telah dicampur garam secukupnya dalam panci.
  • Masukkan daun singkong ke dalam air tersebut selama 60 menit untuk menghilangkan racunnya.
  • Peras daun singkong untuk menghilangkan cairan hijau dari daunnya, lalu diamkan hingga dingin.

Kemudian Anda bisa mengolah kembali daun singkong seperti tumis daun singkong atau olahan lainnya. 

Anda juga bisa menambahkan makanan berprotein, seperti tahu atau tempe, ke dalam hidangan olahan daun singkong. Hal ini karena protein memiliki kemampuan menangkal efek bahaya dari sianida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×