kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Langkah Robert Kiyosaki Soal Investasi Real Estate yang Beri Cuan Besar


Selasa, 23 Januari 2024 / 04:06 WIB
7 Langkah Robert Kiyosaki Soal Investasi Real Estate yang Beri Cuan Besar
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki memiliki nasehat mengenai investasi real estate yang diklaim sudah teruji.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki memiliki nasehat mengenai investasi real estate yang diklaim sudah teruji. 

Melansir situs richdad.com, Kiyosaki menegaskan bahwa real estate merupakan investasi yang bisa menghasilkan pendapatan pasif. 

"Terhitung sekitar 80% dari jenis pendapatan pasif adalah pendapatan investasi real estat," jelas Kiyosaki. 

Menurutnya, real estat tidak hanya dapat menghasilkan pengembalian finansial yang signifikan yang tumbuh dari waktu ke waktu, namun, karena arus kasnya yang teratur. Real estate juga merupakan bentuk pendapatan investasi yang paling dapat diprediksi. 

Plus, investasi ini menawarkan banyak keuntungan pajak yang berharga. 

"Karena semua alasan inilah pendapatan real estat adalah jenis pendapatan favorit saya," katanya.

Kendati demikian, lanjut Kiyosaki, tantangan investasi real estate adalah investasi ini membutuhkan lebih banyak persiapan, latihan, dan ketekunan daripada bentuk pendapatan lainnya. 

Baca Juga: Harga Bitcoin Kembali Menanjak, Begini Penjelasan Robert Kiyosaki

Sementara banyak orang yang berinvestasi dalam real estat dapat mencapai tingkat tertentu, hanya mereka yang benar-benar menguasai keterampilan dan strategi penting dalam investasi real estat yang dapat menjadi sukses dalam skala besar.

Berikut adalah tujuh strategi investasi real estat yang menurut Kiyosaki paling jitu dilakukan:

1. Kenali Pasar Anda

Ada pepatah terkenal di industri real estate bahwa tiga faktor yang paling penting dalam menentukan nilai sebuah properti adalah “lokasi, lokasi, lokasi.” 

Tetapi pentingnya lokasi properti melampaui faktor-faktor yang jelas seperti apakah lingkungan rusak, atau taman kantor rusak. 

Memang, peran lokasi dalam nilai properti dimulai bahkan sebelum Anda mulai memikirkan geografi. Itu dimulai dengan tujuan yang dimaksudkan properti.

Investor real estat yang sukses hampir selalu memutuskan sebelumnya jenis properti yang mereka rencanakan untuk diinvestasikan. Salah satu alasannya adalah karena jenis properti yang Anda targetkan akan menentukan faktor lokasi yang harus Anda pertimbangkan.

2. Proyeksikan Arus Kas Secara Jujur

Setelah Anda memutuskan jenis properti dan lokasi investasi, saatnya untuk mulai mencari properti tertentu. 

Saat Anda melakukannya, ingatlah bahwa tujuan utama Anda menjadi investor real estat adalah menghasilkan arus kas positif. 

Dan untuk menghasilkan uang sebanyak yang Anda inginkan, setiap properti yang Anda peroleh harus menghasilkan keuntungan yang positif. Jika tidak, Anda hanya membuang-buang waktu dan investasi yang langka.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Sebut Resesi Global Sudah Dimulai, Peringatkan Pendaratan yang Kasar

3. Melayani Penyewa Anda dengan Baik

Merupakan hal yang lumrah bagi investor real estat baru untuk hanya berfokus pada keuntungan.Tetapi Anda harus berhati-hati untuk tidak terlalu menekankan pada uang, karena Anda ingin melindungi tidak hanya arus kas jangka pendek Anda, tetapi juga pendapatan jangka panjang Anda.

Memang, sebagai investor real estat (terutama jika Anda menyewa atau menyewakan properti Anda), Anda berada dalam bisnis yang berkaitan dengan pelanggan seperti bengkel mobil lokal atau toko elektronik di ujung jalan. Dan seperti mereka, Anda harus menjaga pelanggan Anda dan memastikan mereka senang, atau Anda tidak akan bertahan lama dalam bisnis.

4. Perdagangkan Nilai

Ketika Kiyosaki memainkan permainan papan Monopoli sebagai seorang anak, saya mempelajari satu prinsip yang sangat penting yang telah sangat meningkatkan kesuksesannya dalam investasi real estat: empat, empat rumah kaca mengarah ke satu hotel merah.

Sebagian besar investor real estat yang bertahan dalam profesinya bahkan untuk waktu yang singkat menyadari bahwa keuntungan melimpah yang diperoleh begitu banyak rekan mereka hanya datang dengan properti yang semakin besar. 

Sulit, misalnya, untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar ketika satu-satunya properti investasi Anda adalah dupleks US$ 150.000 atau rumah pemula di lingkungan marjinal. Solusinya: tukar tambah.

5. Membangun Tim Investasi Kelas Dunia

Saat memutuskan investasi real estate, sebaiknya Anda membentuk tim investasi kelas dunia. Sebab, dengan melakukannya sendiri, pengembalian investasi real estat Anda tetap kecil dan peluang pertumbuhan Anda akan terbatas.

Meski keinginan untuk belajar sebanyak yang Anda bisa dalam bidang tertentu akan membantu Anda sepanjang karir Anda, memiliki perasaan bahwa Anda harus mengetahui segalanya sendiri akan sangat menghambat kemajuan Anda. Dan berpikir bahwa Anda harus melakukan semuanya sendiri bahkan lebih merusak. 

6. Rencanakan Strategi Pajak Anda

Biasanya, tidak ada yang menganggap pajak sebagai topik yang menyenangkan. Tetapi dalam real estat, pajak berarti lebih banyak uang. 

Kiyosaki menyebutkan bahwa investasi real estat memiliki keuntungan pajak yang luar biasa. Tetapi Anda akan dapat menyadari keuntungan pajak ini hanya jika Anda mengatur aktivitas investasi real estat dengan cara yang benar sejak awal.

7. Rencanakan Strategi Hukum Anda

Rich dad selalu berkata mencari uang itu mudah, menyimpan uang itu sulit. Memiliki real estat bisa menjadi metode yang sangat menguntungkan untuk menghasilkan pendapatan. 

Tetapi kepemilikan real estat, seperti banyak pengejaran bisnis, memiliki beberapa risiko yang signifikan. Risiko hukum, mulai dari hubungan pemilik-penyewa hingga tidak dilaksanakannya kewajiban kontraktual merupakan yang paling signifikan. 

Oleh karena itu, mengelola risiko hukum Anda akan menjadi aspek penting untuk menjadi investor real estat yang sukses.

Faktor-faktor ini menjadikan perencanaan strategi hukum sebagai pelengkap penting untuk menciptakan strategi pajak real estat.

Baca Juga: Penjelasan Mengapa Robert Kiyosaki Sebut Penabung Adalah Pecundang

Selanjutnya: Premi Asuransi Kendaraan Listrik Tumbuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×