kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui


Minggu, 10 Maret 2024 / 13:20 WIB
7 Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Apel hijau

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat berbagai manfaat apel hijau bagi kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Padahal, apel hijau menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan dan teruji khasiatnya.

Apel hijau adalah salah satu jenis buah yang sering disebut-sebut sebagai "buah ajaib" karena kaya akan manfaat kesehatan. 

Melansir dari WebMD, Apel hijau mengandung senyawa yang disebut pektin, sumber serat yang berfungsi sebagai prebiotik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda. Kandungan serat yang tinggi pada apel hijau juga bisa berdampak lain pada kesehatan pencernaan Anda.

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan, Ada 10 Hal

Selain itu, Apel hijau adalah salah satu varietas apel yang paling populer dan dikenal dengan kulitnya yang hijau cerah dan rasa asam segar. Tidak hanya enak untuk dinikmati, tapi apel hijau juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat apel hijau untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Serat

Apel hijau mengandung serat yang tinggi, terutama serat larut yang disebut pektin. Serat membantu memperbaiki pencernaan, mengurangi risiko sembelit, dan menjaga perut tetap kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi apel hijau secara teratur, Anda dapat membantu menjaga berat badan Anda dalam kendali.

Baca Juga: Apa Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan, Ada 7 Hal yang Menarik

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi dalam apel hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat larut pektin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mengontrol tekanan darah. Antioksidan seperti flavonoid juga dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Apel hijau adalah camilan yang sangat baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan. Kandungan seratnya membantu mengontrol nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, apel hijau rendah kalori, sehingga Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir meningkatkan asupan kalori.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan? Ada 10 Hal Unik

Meningkatkan Fungsi Otak

Senyawa antioksidan dalam apel hijau juga memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi apel hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan menambah daya ingat. Antioksidan juga dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C, yang banyak terdapat dalam apel hijau, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, apel hijau juga mengandung senyawa fitokimia yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Konsumsi apel hijau dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Serat dalam apel membantu mengatur kadar gula darah dengan mengurangi lonjakan gula setelah makan. Selain itu, apel hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti makan apel hijau tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Coba 8 Hal Ini

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel hijau secara teratur dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara. Senyawa antioksidan dalam apel hijau dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker.

Apel hijau adalah salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut dan menjaga tubuh Anda tetap sehat. Jangan lupa untuk mencuci apel hijau dengan baik sebelum mengonsumsinya untuk menghindari residu pestisida, dan jika memungkinkan, pilihlah apel organik untuk menghindari bahan kimia yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×