kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Rahasia dari Warren Buffett untuk Mendongkrak Karier


Senin, 04 Maret 2024 / 03:40 WIB
7 Rahasia dari Warren Buffett untuk Mendongkrak Karier
ILUSTRASI. Warren Buffett memulai karirnya yang luar biasa dengan berinvestasi di pasar saham pada usia 11 tahun. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Karier panjang Warren Bufeftt, maestro bisnis dan dermawan terkenal dunia, dimulai pada usia tujuh tahun ketika ia meminjam buku dari perpustakaan – Seribu Cara Menghasilkan $1000 – yang menginspirasi kecintaannya pada angka.

Dikenal sebagai Oracle of Omaha, Buffett memulai karirnya yang luar biasa dengan berinvestasi di pasar saham pada usia 11 tahun. 

Masa kecilnya dihabiskan untuk mengasah hasrat kewirausahaannya melalui sejumlah pekerjaan sampingan termasuk pengiriman kertas ke The Washington Post dan menjual prangko, permen karet, botol Coca-Cola dan bola golf bekas.

“Saya selalu memberi tahu para mahasiswa untuk mengambil pekerjaan yang akan Anda ambil jika Anda kaya raya – Anda akan berhasil dalam hal itu.” – Warren Buffett

Namun baru pada tahun 1962 pengusaha Amerika pertama kali berinvestasi di Berkshire Hathaway. Setahun kemudian, dia menjadi pemegang saham terbesar perusahaan – mendorongnya menuju dunia kesuksesan finansial.

Nasihat karir terbaik Warren Buffett

Mengutip CEO Magazine dan Alphonso.ai, berikut tujuh nasihat karir terbaik dari Warren Buffett:

1. Melakukan apa yang dicintai

Bufeftt mungkin dianggap sebagai investor terhebat di dunia, tapi dia hanya melakukan apa yang dia sukai.

Pada tahun 2012, artikel-artikel terkemuka dari taipan bisnis yang diterbitkan di Fortune antara tahun 1966 dan 2012 disusun menjadi sebuah buku, yang menawarkan wawasan tentang cara kerja investor cerdas.

Digambarkan sebagai orang yang selalu melakukan tap dancing saat bekerja di Berkshire Hathaway, Buffett mengatakan kepada Fortune pada tahun 2012 bahwa salah satu kualitas terpenting untuk sukses adalah memicu gairah seseorang.

“Temukan minat Anda. Saya sangat-sangat beruntung menemukannya ketika saya berusia tujuh atau delapan tahun,” katanya. 

Baca Juga: Saran Warren Buffett Bagi yang Takut & Ragu Berinvestasi

2. Investasikan pada diri Anda sendiri

Buffett menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam naik turunnya pasar saham, namun investasi terpentingnya bukanlah pada saham.

“Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri,” kata Buffett kepada Yahoo Finance. 

“Misalnya kemampuan komunikasi. Saya memberi tahu para siswa… jika mereka belajar berkomunikasi dengan lebih baik – baik secara tertulis maupun secara langsung – mereka akan meningkatkan nilainya setidaknya 50%. Jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan – tidak terjadi apa-apa. Jika Anda berinvestasi pada diri sendiri, tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda,” urainya.

3. Dekat dengan orang yang tepat

Taipan bisnis ini percaya siapa yang berada di sekitar Anda adalah elemen penting untuk kesuksesan karier.

“Bergaullah dengan orang-orang yang lebih baik dari Anda,” katanya kepada Yahoo Finance. 

“Anda akan menuju ke arah orang-orang yang bergaul dengan Anda dan Anda ingin memiliki pahlawan yang tepat. Anda ingin meniru seseorang tetapi memilihnya dengan sangat hati-hati,” tambahnya.

Selain rekan kerja, Buffett sering menyebut memilih pasangan hidup sebagai salah satu keputusan bisnis terbesar yang dapat Anda buat.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Kaya Raya ala Warren Buffett

4. Berhenti menunggu

Daripada melakukan pekerjaan kecil yang terlihat bagus di atas kertas, pria berusia 90 tahun ini percaya bahwa masyarakat harus berhenti menunggu dan langsung terjun ke dalamnya.

“Jangan berjalan dalam tidur sepanjang hidup – temukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai,” katanya kepada CNBC pada tahun 2016.

Miliarder tersebut mengatakan tidak ada gunanya melakukan pekerjaan dengan tambahan US$10 seminggu jika Anda bisa melakukan sesuatu untuk organisasi yang membuat Anda bahagia.

“Anda tidak ingin mengambil pekerjaan hanya demi uang, dan Anda tidak boleh bekerja untuk orang yang membuat perut Anda mual atau membuat Anda terjaga di malam hari,” kata Buffett.

5. Bekerja untuk seseorang yang Anda kagumi

Ketika Buffett mengambil kesempatan bekerja untuk idolanya (dan akhirnya menjadi teman seumur hidupnya) Benjamin Graham – yang dikenal sebagai bapak investasi nilai – pengusaha tersebut tidak pernah menanyakan berapa gajinya. 

Sebaliknya, dia menunggu untuk melihat berapa gaji pertamanya karena bagi Buffett, pengalaman belajar dari Graham melebihi gaji apa pun.

“Bekerjalah untuk siapa pun yang paling Anda kagumi,” kata Buffett kepada mahasiswa di Universitas Georgia pada tahun 2001. 

“Anda tidak akan mendapatkan hasil yang buruk. Anda akan melompat dari tempat tidur di pagi hari dan bersenang-senang. Dalam dunia bisnis, orang yang paling sukses adalah mereka yang melakukan apa yang mereka sukai,” sambungnya.

6. Tetap disiplin dan gigih

Disiplin sangat penting dalam transisi pekerjaan, seperti yang terlihat dari ketaatan Warren Buffett terhadap prinsip investasinya selama gejolak pasar. 

Sama seperti Buffett yang tetap disiplin dalam strategi investasinya, siapa pun yang melakukan perubahan karier juga harus melakukan hal yang sama selama mencari pekerjaan. 

Ketika dihadapkan pada hambatan atau ketidakpastian, Anda harus menghindari keinginan untuk menyimpang dari tujuan karir Anda dan menetapkan tujuan yang spesifik dan menaatinya. 

Baca Juga: 7 Pesan Jenius Warren Buffett yang Harus Dijalankan Jika Ingin Menjadi Miliarder

7. Belajar dari kegagalan

Buffett mempunyai sejarah dalam membuat pilihan investasi yang buruk, namun dia melihatnya sebagai peluang pembelajaran. 

Jangan biarkan kegagalan transisi pekerjaan sebelumnya mematahkan semangat Anda dengan cara yang sama. Ambillah apa yang Anda bisa dari mereka, pikirkan kembali arah Anda, dan lanjutkan.

Meskipun strategi Warren Buffett dirancang untuk sektor keuangan, konsep dasarnya dapat diterapkan pada berbagai situasi kehidupan, termasuk perubahan karier. Pilihlah dengan bijak berdasarkan keahlian dan minat Anda, gigih, dan tetap setia pada tujuan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×