kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,54   9,15   1.01%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Tips Menambah Berat Badan saat Puasa yang Mudah Diterapkan


Minggu, 10 Maret 2024 / 14:20 WIB
7 Tips Menambah Berat Badan saat Puasa yang Mudah Diterapkan
ILUSTRASI. . REUTERS/Hamad I Mohammed TPX IMAGES OF THE DAY

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tips untuk meningkatkan berat badan selama bulan puasa Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri. Waktu puasa yang panjang dari terbit fajar hingga terbenam matahari membuat beberapa orang khawatir berat badan mereka akan turun.

Bagi orang yang ingin menambah berat badan, langkah-langkah yang diperlukan sedikit berbeda. Ini termasuk dalam meningkatkan massa tubuh secara sehat dengan menambahkan lemak, otot, atau keduanya.

Proses penambahan berat badan dapat bervariasi dari upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, membangun otot, hingga penanganan masalah kesehatan seperti kekurangan berat badan atau gangguan pola makan.

Penting untuk memperhatikan pola makan dengan memperbanyak asupan protein tinggi yang dapat membantu dalam pembentukan massa otot.

Baca Juga: Inilah Gula Darah Normal Menurut Usia, Lakukan Cara Menurunkan Berikut Jika Tinggi

Cara menambah berat badan saat puasa

Makan Banyak

Selain itu, olahraga teratur sebelum berbuka puasa juga bisa membantu dalam membangun otot dan menjaga kebugaran tubuh.

Untuk itu, diperlukan beberapa tips untuk menambah berat badan saat puasa Ramadan dilansir dari Dubai IPT.

Baca Juga: 7 Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan yang Menakjubkan

1. Tingkatkan Frekuensi Makan

Karena waktu untuk makan terbatas selama bulan puasa, disarankan untuk meningkatkan frekuensi makan dalam jumlah kecil. Misalnya, makan beberapa kali dengan porsi kecil setelah berbuka dan sebelum sahur untuk membantu menaikkan berat badan secara sehat dan mempercepat metabolisme tubuh.

2. Pilih Makanan Nutrisi Tinggi

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Ini bisa termasuk daging, ikan, telur, kacang-kacangan, kentang, nasi, roti, dan pasta.

3. Gunakan Suplemen Gizi

Apabila diperlukan, Anda dapat menggunakan suplemen gizi untuk menambah asupan nutrisi tubuh, terutama jika kesulitan mendapatkan makanan yang bergizi saat berpuasa.

4. Hindari Makanan Kurang Sehat

Saat berbuka puasa, hindari makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji, camilan manis, gorengan, dan makanan tinggi gula atau lemak. Sebaliknya, pilih makanan yang lebih sehat dan kaya nutrisi.

5. Tingkatkan Asupan Cairan

Pastikan Anda cukup mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit selama bulan puasa. Hindari minuman berkafein atau beralkohol yang dapat memperburuk dehidrasi.

6. Minum Susu Kaya Protein

Pastikan untuk konsumsi produk susu yang mengandung protein tinggi untuk mendapatkan tambahan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D. Jika tidak minum susu sapi, ada alternatif lain seperti susu berbahan dasar kacang.

7. Tetap Berolahraga

Meskipun sedang berpuasa, tetaplah melakukan olahraga secara teratur seperti yoga, berjalan kaki, atau berenang. Anda bisa memilih jenis olahraga yang dapat meningkatkan massa otot seperti pull up, sit up, atau angkat beban untuk membantu meningkatkan berat badan secara sehat.

Dari penjelasan terkait tips dalam menambah berat badan saat puasa agar tubuh lebih sehat.

Selanjutnya: Jus Buah untuk Menurunkan Berat Badan dan Membakar Lemak Tubuh

Menarik Dibaca: 4 Tanda Wajah Kurang Kolagen, Bukan Cuma Keriput

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×