kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Cara Memperbanyak ASI yang Penting Diketahui, Apa Saja?


Jumat, 01 Maret 2024 / 14:28 WIB
8 Cara Memperbanyak ASI yang Penting Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Cara memperbanyak ASI.

Penulis: Ryan Suherlan

Cara Memperbanyak ASI - Ada beberapa alternatif cara memperbanyak ASI atau air susu ibu yang penting untuk diketahui. Selain itu, cara memperbanyak ASI tersebut juga relatif mudah untuk dilakukan.

Melansir dari USDA, memompa atau memerah ASI sesering mungkin di antara sesi menyusui, dan secara konsisten saat Anda jauh dari bayi, dapat membantu meningkatkan suplai ASI.

Selain itu, asupan makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatian ibu menyusui untuk bisa memperbanyak ASI.

Baca Juga: Apa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan? Cek 5 Hal Ini

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbanyak produksi ASI:

Sering Menyusui

Sering menyusui bayi akan memberi sinyal pada tubuh ibu untuk memproduksi lebih banyak ASI. Disarankan untuk menyusui bayi sesuai dengan kebutuhan dan permintaan bayi, bahkan jika itu berarti menyusui dalam jangka waktu yang lebih sering.

Pompa ASI

Selain menyusui langsung, menggunakan pompa ASI setelah atau di antara sesi menyusui bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Pompa ASI memberikan stimulasi tambahan pada payudara, yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Pijat Payudara

Melakukan pijatan lembut pada payudara sebelum atau selama menyusui atau memompa ASI dapat membantu merangsang aliran ASI dan memperbaiki drainase payudara.

Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan yang sehat dan seimbang penting untuk memperbanyak produksi ASI. Pastikan ibu mendapatkan cukup cairan dengan minum air secara teratur dan makan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan yang Wajib Dikonsumsi

Istirahat yang Cukup

Ibu yang menyusui membutuhkan istirahat yang cukup agar tubuhnya bisa memproduksi ASI dengan baik. Usahakan untuk tidur cukup dan manfaatkan waktu istirahat ketika bayi sedang tidur.

Kurangi Stres

Stres dapat mengganggu produksi ASI. Cobalah untuk mengelola stres dengan teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

Hindari Penggunaan Botol dan Dot

Penggunaan botol dan dot yang terlalu sering atau diberikan terlalu awal dapat mengganggu produksi ASI. Disarankan untuk memberikan ASI secara langsung dari payudara sebanyak mungkin.

Baca Juga: Penyebab Asam Urat Tinggi, Waspada 7 Hal Ini

Konsultasikan dengan Ahli

Jika ibu mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI yang cukup, penting untuk berkonsultasi dengan konsultan laktasi atau petugas kesehatan yang berpengalaman dalam menyusui untuk mendapatkan saran dan dukungan tambahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, ibu dapat membantu memperbanyak produksi ASI dan memberikan yang terbaik bagi kesehatan dan perkembangan bayinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×