kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Penyebab Tumit Kaki Sakit dan Cara Mengobatinya dari Rumah


Rabu, 24 Januari 2024 / 15:30 WIB
8 Penyebab Tumit Kaki Sakit dan Cara Mengobatinya dari Rumah
ILUSTRASI. Ilustrasi nyeri tumit    

Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Tumit Kaki Sakit - JAKARTA. Kenali beberapa penyebab nyeri tumit kaki yang bisa timbul.  Rasa nyeri atau tumit kaki sakit dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti peradangan, perubahan tulang, dan kompresi saraf.

Rasa sakit ini bisa terjadi di bawah tumit atau tepat di belakangnya, tempat tendon Achilles terhubung ke tulang tumit, hal ini dapat memengaruhi sisi tumit.

Nyeri yang terjadi di bawah tumit disebut dengan plantar fasciitis. Ini adalah penyebab paling umum dari nyeri tumit. Nyeri di belakang tumit adalah tendinitis Achilles. Nyeri juga bisa menyerang sisi dalam atau luar tumit dan kaki.

Dalam kebanyakan kasus, nyeri tumit dapat sembuh tanpa pengobatan, namun terkadang dapat menetap dan menjadi kronis.

Baca Juga: 8 Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Luput dari Perhatian

Posisi nyeri tumit

Ilustrasi pijat

Seseorang mungkin mengalami nyeri tumit di tempat tertentu dengan beberapa sumber atau posisi rasa sakit yang berbeda.

  • Bagian bawah tumit: Para ahli kesehatan biasanya menyebutnya sebagai plantar fasciitis. Nyeri dapat terjadi di sini ketika terlalu banyak tekanan merusak atau merobek jaringan, sehingga menyebabkan peradangan.
  • Tendon Achilles: Nyeri pada tendon di bagian belakang tungkai bawah ini mungkin disebabkan oleh stres yang berulang, seperti otot betis yang tegang atau peningkatan aktivitas dan intensitas olahraga secara tiba-tiba.
  • Sisi kaki: Nyeri kaki lateral mempengaruhi bagian luar tumit atau kaki, dan nyeri kaki medial mempengaruhi tepi dalam. Ini mungkin disebabkan oleh patah tulang karena stres, keseleo, TTS, dan kondisi lainnya.

Baca Juga: Berapa Kadar Asam Urat Normal Laki-Laki dan Perempuan? Cek Daftarnya Ini

Penyebab tumit sakit

Beberapa penyebab tumit sakit yang wajib Anda pahami terkait juga beberapa penyakit, dilansir dari laman Medical News Today.

1. Sindrom terowongan tarsal

Pada tarsal tunnel syndrome (TTS), jaringan menekan saraf besar di bagian belakang kaki, sehingga menimbulkan rasa sakit. Neuropati kompresi jenis ini dapat terjadi di pergelangan kaki atau kaki.

2. Fraktur stres

Stres yang berulang, olahraga berat, olah raga, atau pekerjaan manual yang berat dapat menyebabkan cedera. Misalnya, pelari berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang karena stres pada tulang metatarsal kaki.

Osteoporosis juga dapat menyebabkan patah tulang karena stres.

3. Penyakit Sever

Ini adalah penyebab paling umum nyeri tumit pada anak-anak dan dewasa muda. Penyakit ini disebabkan oleh penggunaan mikrotrauma yang berlebihan dan berulang pada lempeng pertumbuhan tulang tumit.

Penyakit Sever paling sering menyerang anak-anak berusia 7–15 tahun.

4. Tendinitis Achilles

Tendinitis Achilles terjadi ketika tendon besar di bagian belakang tumit mengalami peradangan. Penggunaan berlebihan dan cedera adalah penyebab paling umum dari tendinitis Achilles. Orang mungkin juga menyebut tendinitis sebagai tendinosis atau tendinopati.

5. Bursitis

Peradangan pada bursa, kantung berisi cairan yang melumasi sendi dan area di sekitarnya. Bursitis tumit bisa menyebabkan sakit dan pembengkakan.

6. Neuroma Morton

Penyempitan saraf antara tulang jari kaki, seringkali terjadi di antara jari kaki ketiga dan keempat, dan dapat menyebabkan rasa sakit dan kesemutan di sekitar tumit.

7. Arthritis

Kondisi inflamasi sendi seperti arthritis reumatoid atau osteoarthritis dapat menyebabkan rasa sakit di berbagai bagian kaki, termasuk tumit.

8. Asam urat

Suatu kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi, dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan, termasuk di area tumit.

Pengobatan dari rumah

Bagian ini memberikan informasi tentang pengobatan rumahan atau perawatan mandiri yang dapat membantu mengatasi nyeri pada tumit yang tidak parah. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut terkait dengan masing-masing elemen:

1. Istirahat cukup

Untuk menghindari aktivitas yang dapat membebani atau merusak tumit, seperti berlari, berdiri dalam waktu lama, atau melakukan aktivitas yang memerlukan tekanan berlebih pada tumit. Istirahat memberikan kesempatan bagi area yang terkena untuk pulih dan mengurangi inflamasi.

2. Kompres es

Menggunakan kompres es yang dibungkus kain dan ditempatkan pada area yang terkena selama kurang lebih 15 menit. Es membantu mengurangi pembengkakan, meredakan nyeri, dan memiliki efek pendinginan pada area yang meradang. Penting untuk tidak menempatkan es langsung pada kulit, karena dapat menyebabkan kemerahan atau kemerahan dingin.

3. Alas Kaki

Pemilihan sepatu yang sesuai dan memberikan dukungan yang baik sangat penting, terutama untuk mereka yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik seperti olahraga. Sepatu yang pas dan berdesain ergonomis dapat membantu mencegah tekanan berlebih pada tumit dan mendukung struktur kaki dengan baik.

4. Penyangga Kaki

Penggunaan wedges atau heel cup (penyangga tumit) dapat membantu meringankan gejala. Wedges atau penyangga tumit dirancang untuk memberikan dukungan tambahan pada lengkungan kaki atau tumit, membantu meredakan tekanan dan meningkatkan kenyamanan.

Itulah beberapa informasi terkait penyebab kaki sakit yang bisa timbul terkait penyakit tertentu.

Selanjutnya: Jadwal Liga Inggris 2023-2024, Pekan 22 Ada Luton vs Brighton

Menarik Dibaca: Banyak Lalat di Rumah? Usir Lalat Pakai 2 Perangkap yang Mudah Dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×