kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Rekomendasi Camilan untuk Penderita GERD, Asam Lambung Ogah Kambuh


Kamis, 11 Januari 2024 / 07:23 WIB
8 Rekomendasi Camilan untuk Penderita GERD, Asam Lambung Ogah Kambuh
ILUSTRASI. Berikut beberapa rekomendasi makanan camilan untuk penderita asam lambung.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agar penyakit tidak mudah kambuh, para penderita asam lambung kerap mengudap camilan atau cemilan. Penderita penyakit yang juga dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) ini perlu menjalankan pola makan sehat ramah asam lambung. 

Menurut RefluxMD, alih-alih makan tiga kali sehari dengan porsi yang banyak, penderita asam lambung lebih disarankan makan tiga kali sehari dengan porsi kecil dan dua kali mengudap camilan. 

Dengan makan camilan sehat, penderita asam lambung bisa meminimalkan keinginan makan berlebihan. 

Dilansir dari Verywell Health, penderita asam lambung disarankan mengonsumsi banyak serat dan menghindari makanan tinggi lemak jahat yang memicu naiknya asam lambung. 

Baca Juga: Rempah-rempah yang bermanfaat mengobati asam lambung

Berikut beberapa rekomendasi makanan camilan untuk penderita asam lambung: 

1. Biji-bijian utuh 

Pilih biji-bijian utuh yang tinggi serat sebagai camilan untuk penderita asam lambung. Di antaranya makanan yang terbuat dari beras merah, oat, gandum utuh, quinoa, dll. 

Hal yang tak kalah penting diperhatikan, hindari makan camilan dari biji-bijian utuh terlalu banyak. Cukup makan dengan porsi kecil. 

2. Daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur 

Pilih jenis protein sehat yang dimasak dengan cara sehat sebagai camilan untuk penderita asam lambung. Penderita disarankan makan daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, dan telur. 

Masak protein tersebut dengan cara sehat seperti ditumis, direbus, atau dikukus. Hindari menggoreng protein tersebut karena bisa membuat makanan jadi tinggi lemak. 

Hindari segala jenis daging berlemak dan daging olahan seperti bacon, sosis, hot dog, burger, nugget, ayam goreng siap saji. 

Baca Juga: Teh hijau bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan membuat panjang umur

3. Buah 

Pilih camilan buah yang rasanya tidak terlalu asam karena bisa memicu asam lambung naik bagi sebagian penderita. Penderita asam lambung boleh makan buah seperti pisang, pir, semangka, apel manis, melon, bengkuang, anggur, atau buah lain yang tidak terlalu asam. 

Sebagian penderita, terkadang asam lambungnya kambuh setelah makan buah jeruk, jeruk bali, lemon, atau nanas. 

Baca Juga: Cara mencegah asam lambung naik ke tenggorokan

4. Kacang-kacangan 

Camilan untuk penderita asam lambung yang juga praktis adalah kacang-kacangan. Makan kacang, kuaci biji bunga matahari, atau kacang almond panggang sebagai camilan praktis. Konsultasikan ke dokter jika asam lambung naik sering kambuh, terutama jika penyakit kumat lebih dari dua kali seminggu.

5. Kedelai utuh dan produk kedelai 

Camilan yang baik untuk penderita asam lambung lainnya yakni kedelai utuh seperti kacang edamame, tahu, dan tempe. Tapi, jangan lupa untuk mengolah kedelai utuh dengan cara yang sehat. Cukup rebus atau kukus bahan makanan ini. 

6. Lemak sehat 

Lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat juga bisa digunakan sebagai camilan untuk penderita asam lambung. Alpukat cukup praktis dikonsumsi. Tinggal kudap setengah buah alpukat untuk menunda rasa lapar selama beberapa saat.

Baca Juga: 6 Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh

 7. Sayur 

Seperti buah, semua jenis sayuran pada dasarnya termasuk camilan yang baik untuk penderita asam lambung. Pilih camilan seperti wortel baby, seledri dengan sedikit selai kacang, mentimun, jamur, seledri, atau brokoli. 

Tapi, hati-hati. Sebagian penderita lambungnya cukup sensitif setelah mengonsumsi tomat, paprika, pare, atau bawang. Selalu tandai beberapa sayur yang bisa membuat penyakit asam lambung kambuh. 

Baca Juga: Bukan hanya bagi perempuan, manfaat lidah buaya juga bisa dirasakan laki-laki

8. Susu rendah lemak atau susu nabati 

Susu full cream dan produk turunannya seperti keju, es krim, dan yogurt umumnya tinggi lemak. Makanan olahan dari produk susu dapat meningkatkan asam lambung. 
Sedangkan makanan tinggi lemak seperti susu full cream bisa semakin melemahkan otot sfingter esofagus dan memperburuk asam lambung. 

Baca Juga: Bisa jadi penurun berat badan, berikut 5 manfaat buah alpukat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Makanan Camilan untuk Penderita Asam Lambung"
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×