kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Sumber Lemak Sehat untuk MPASI Bayi yang Mudah Ditemukan


Kamis, 18 April 2024 / 14:45 WIB
8 Sumber Lemak Sehat untuk MPASI Bayi yang Mudah Ditemukan
ILUSTRASI. Sumber Lemak Sehat untuk MPASI Bayi yang Mudah Ditemukan. TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka

Penulis: Bimo Kresnomurti

 KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar sumber lemak sehat untuk MPASI Bayi. Tubuh bayi mengalami perkembangan besar dalam hal pertumbuhan selama tahun pertamanya.

Orang tua tentu menjadi saksi utama ketika bayi Anda tumbuh pesat sehingga sering kali memilih makanan sehat selain ASI.

Tidak mengherankan jika bayi membutuhkan sekitar separuh dari asupan kalori harian berasal dari lemak. Tetapi itu tidak semua yang dilakukan lemak untuk bayi Anda.

Lemak merupakan nutrisi yang harus ada untuk perkembangan otak, saraf, dan mata yang sedang berkembang dengan cepat. Ini membantu keterampilan berpikir dan kemampuan bayi Anda melihat dengan jelas.

Baca Juga: 10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Tidak Harus Dibeli Agar Hemat Pengeluaran

Sumber lemak sehat bisa didapatkan dari lemak hewani maupun lemak nabati. Artinya, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Daftar sumber lemak sehat untuk MPASI

MPASI

Lalu, apa saja rekomendasi sumber lemak sehat untuk MPASI yang bisa disiapkan oleh orang tua?

Berikut ini daftar sumber lemak sehat untuk MPASI Bayi yang cocok dihidangkan secara rutin, dilansir dari laman Happiest Baby.

Baca Juga: Turunkan Kadar Gula Darah hingga Kolesterol, Ini Manfaat Alpukat yang Luar Biasa

1. Alpukat

Buah berwarna hijau krim ini tidak ragu untuk menawarkan banyak nutrisi penting. Tidak hanya alpukat adalah sumber lemak sehat jantung yang disebut lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga kaya serat, folat, vitamin E, dan B6.

Alpukat dapat membantu menjaga pencernaan dan kesehatan kekebalan tubuh bayi Anda tetap terjaga. Selain itu, buah ini mungkin membantu memandu pertumbuhan bayi Anda dengan menyediakan kargo kalori dalam setiap gigitan.

Cara menghidangkan: Gantikan mentega dengan alpukat dalam resep mini muffin. Hancurkan seperempat alpukat dengan garpu dan campur dengan satu hingga dua ons puree apel atau pir.

2. Yogurt Susu

Bayi tidak dapat konsumsi susu murni hingga usia 12 bulan, namun yogurt susu utuh cukup aman dan sehat. Konsumsi yogurt mudah bagi perut bayi dan ini merupakan sumber probiotik yang kaya untuk mendukung kesehatan usus.

Selain memiliki banyak nutrisi, yogurt susu utuh mudah dimakan dan tidak memerlukan persiapan apa pun.

Yogurt susu utuh mengandung lemak jenuh, seperti halnya dengan sebagian besar produk hewani. Pedoman Diet untuk Orang Amerika mengatakan untuk membatasi lemak jenuh untuk kesehatan yang baik.

Tetapi penelitian terbaru memberi tahu kita bahwa mungkin tidak menjadi musuh kesehatan sama sekali. Jadi, lewati yogurt rendah lemak dan ambil yogurt penuh lemak. Juga perlu dicatat bahwa varian plain mungkin tidak terdengar selezat vanila atau strawberry, tetapi mengandung lebih sedikit gula.

Cara menyajikan: Tambahkan dua sendok makan bubur oat bayi ke dua ons yogurt susu utuh biasa. Campurkan ⅛ sendok teh ekstrak vanilla bebas alkohol. Anda bisa menambahkan buah berry yang sudah digiling.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah tambahan mudah untuk hampir semua makanan yang Anda berikan kepada bayi Anda. Ini penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, atau omega-9, memberikannya bahan antioksidan yang kuat untuk melawan peradangan.

Ada banyak jenis minyak zaitun di rak toko bahan makanan hari ini. Pastikan untuk mencari "minyak zaitun extra virgin" atau EVOO. Dibandingkan dengan minyak zaitun biasa, ini sedikit lebih mahal, tetapi juga kurang diproses dan karena itu memiliki lebih banyak nutrisi.

Cara menghidangkan: Campurkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam pisang yang dihancurkan dan taburkan dengan bubuk kayu manis.
Tuangkan EVOO ke atas sayuran panggang di lembar loyang dan potong menjadi potongan kecil atau hancurkan dengan garpu.

4. Tuna Muda

Bayi memerlukan asam lemak esensial seperti DHA dan EPA, dua jenis asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan yang mendukung kesehatan otak dan mata seorang bayi.

Ikan bisa saja mengandung merkuri, logam berat yang bisa merusak saraf dan otak dalam jumlah berlebihan.

Anda bisa memilih tuna kaleng ringan karena jumlah merkuri terendah di antara tuna lain, membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk buah hati. Namun, tetaplah pada tidak lebih dari satu ons tuna kaleng ringan setiap minggunya untuk keselamatan.

Cara menghidangkan: Campur setengah bungkus tuna kaleng ringan dan berikan minyak zaitun agar tetap lembap.

5. Selai Almond

Meskipun selai kacang adalah pilihan pertama yang umum untuk selai kacang, selai almond adalah alternatif yang sangat baik yang juga memiliki banyak manfaat gizi.

Selai almond sarat kalori untuk mendukung semua yang dilakukan bayi dalam tahun pertama hidup mereka. Ini juga merupakan sumber utama lemak tak jenuh tunggal, serat, vitamin E, zat besi, protein, dan kalsium.

Pemakan kecil memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan kekurangan zat besi, jadi selai almond dapat membantu menjaga tingkatnya!

Cara menghidangkan: Campurkan satu sendok teh selai almond ke dalam 2 ons yogurt susu utuh biasa. Berikan satu sendok teh selai almond ke dalam 2 ons bubur sereal barley bayi yang dimasak.

6. Biji Labu Tumbuk

Dikenal sebagai pepitas, biji labu berbentuk datar, oval, dan hijau tanpa cangkang. Seperti kacang, mereka kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal untuk membangun jantung yang sehat dan serat untuk menjaga gerakan usus tetap lancar.

Biji labu mengandung banyak nutrisi, termasuk jumlah yang signifikan dari fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi. Biji labu utuh menimbulkan risiko tersedak, tetapi dapat membuatnya aman untuk dimakan oleh buah hati dengan menggilingnya dalam blender atau pengolah makanan berdaya tinggi dan mencampurnya ke dalam makanan Bayi.

Cara menyajikan: Taburkan 1 sendok teh biji labu tumbuk ke dalam 1/4 cangkir ubi jalar yang dihancurkan. Tambahkan 1 sendok teh biji labu tumbuk ke dalam puree blueberry atau tawarkan blueberry segar yang dipotong setengah dan dilumuri dengan biji labu tumbuk.

7. Telur Rebus

Ketika Anda memberikan telur rebus yang dimasak kepada bayi berarti putih dan kuning telur. Anda juga memberikan lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, zat besi, protein, seng, dan vitamin D.

Bagian telur yang paling bergizi adalah kuning telurnya, jadi tidak perlu memisahkan bagian telur setelah memecahkannya. Pastikan untuk memasak telur hingga matang untuk mengurangi risiko penyakit dari salmonella.

Cara menyajikan: Rebus satu telur selama 10 hingga 12 menit dan potong menjadi potongan kecil.

8. Kaldu Tulang

Kaldu tulang berlemak adalah pilihan yang bagus untuk memperkaya makanan pendamping ASI (MPASI) bayi dengan nutrisi yang penting. Ini dapat memberikan rasa yang lezat dan tambahan lemak sehat untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan mereka. 

Cara menyajikan: Anda bisa mendapatkan ini dari merebus tulang sapi yang sudah bersih dan sedikit diberi bumbu.

Demikian rekomendasi yang bisa dicoba oleh orang tua untuk mendapatkan gizi terbaik dari lemak sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×