kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

9 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik


Senin, 19 Februari 2024 / 05:13 WIB
9 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik
ILUSTRASI. Kolesterol baik

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MAKANAN UNTUK MENAIKKAN KADAR KOLESTEROL BAIK - Kadar kolesterol baik yang tinggi bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Ini makanan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.  

High Density Lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik memberikan manfaat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 4 Jenis Kacang Ini Melumpuhkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Saat kadar kolesterol baik berada pada tingkat yang sehat, bisa menghilangkan kolesterol ekstra dan penumpukan plak di arteri. 

Selain itu, kadar kolesterol baik yang tinggi bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. 

Meningkatkan kolesterol baik bisa dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Berikut makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik: 

1. Biji chia 

Mengutip dari Healthline, biji chia merupakan sumber asam lemak omega 3 nabati, serat, dan nutrisi sehat lainnya. 

Biji chia bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. 

2. Minyak zaitun 

Mengutip dari Eat Well, minyak zaitun bersifat antiinflamasi dan mengandung asam oleat yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Hasil penelitian menunjukkan senyawa elenolide dalam minyak zaitun membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

3. Kacang-kacangan 

Kacang- kacangan mengandung serat larut dan vitamin B. Serat larut bisa membantu memblokir penyerapan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Selain itu, serat larut dan vitamin B yang baik menjaga kesehatan jantung. 

4. Kedelai 

Mengutip dari FOOD NDTV,  kedelai tinggi protein yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit jantung. 

Selain itu kandungan isoflavon dari kedelai bisa meningkatkan kadar HDL sekitar 3% setiap saat. 

5. Coklat hitam

Hasil sebuah penelitian menunjukkan konsumsi 100 gram coklat hitam setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 9%. 

6. Telur 

Telur, makanan yang padat nutrisi. Perlu Anda ketahui, telur mengandung lesitin yang bisa meningkatkan kadar HDL sampai 48% dalam waktu 12 minggu. 

7. Salmon 

Melansir dari Eating Well, salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung. 

Asam lemak omega 3 membantu meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. 

8. Alpukat 

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan serat sehat. 

Kombinasi nutrisi ini membuat alpukat bisa menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. 

9. Buah berry 

Kombinasi antioksidan dan serat dalam buah beri membantu mengontrol kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Baca Juga: 8 Makanan yang Aman untuk Penderita Stroke, Jauhi Makanan Tinggi Lemak Jahat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×