kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

9 Minuman Agar Tidur Nyenyak, Selamat Tinggal Insomnia!


Rabu, 07 Februari 2024 / 07:52 WIB
9 Minuman Agar Tidur Nyenyak, Selamat Tinggal Insomnia!
ILUSTRASI. Untuk membantu mengatasi kegelisahan di malam hari, ada sembilan minuman yang bisa mengatasi insomnia. dok/Health Beat

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Istirahat malam sering kali diabaikan sebagai komponen penting kesehatan.

Para ahli merekomendasikan orang dewasa berusia 18–60 tahun untuk tidur setidaknya 7–9 jam setiap malam.

Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kematian.

Namun tidur minimal 7 jam penuh setiap malam tidak selalu mudah.

Menurut dua orang pakar tidur terkemuka, apa yang dimakan dan diminum seseorang sepanjang hari memainkan peran penting dalam kualitas tidurnya. 

Untuk membantu mengatasi kegelisahan di malam hari, ada sembilan minuman yang bisa mengatasi insomnia sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Apa saja?

Baca Juga: 3 Cara Sederhana Mengatasi Masalah Kurang Tidur

9 Minuman untuk mengatasi insomnia

Melansir Healthline dan Wellandgood.com, berikut adalah 9 minuman untuk mengatasi insomnia:

1. Teh chamomile

Chamomile adalah bunga mirip bunga aster yang merupakan bagian dari keluarga Asteraceae.

Teh yang terbuat dari tanaman ini telah dikonsumsi sejak lama. Teh ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meredakan gejala pilek, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Teh ini dibuat dengan memasukkan bunga chamomile ke dalam air panas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebuah penelitian pada 60 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut secara aman meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Bantuan Obat Tidur

2. Teh Ashwagandha

Ashwagandha memiliki reputasi sebagai tanaman obat yang ampuh. Kadang-kadang disebut ginseng India atau ceri musim dingin.

Ekstrak yang terbuat dari akar, buah beri, dan daun tanaman telah digunakan untuk mengobati kondisi seperti stres, kecemasan, dan radang sendi.

Ashwagandha secara tradisional digunakan dalam praktik Ayurveda. Akarnya mengandung senyawa yang tampaknya menyebabkan tidur jika diisolasi dan dikonsumsi dalam dosis besar.

Baca Juga: Ini 6 Dampak Buruk Keseringan Marah bagi Kesehatan dan Cara Mengendalikan Emosi

3. Teh Valerian

Valerian adalah tanaman tahunan yang mekar dengan bunga berwarna merah muda atau putih berbau harum dan merupakan bagian dari keluarga honeysuckle.

Mirip dengan ashwagandha, akar tanaman valerian digunakan sebagai ramuan obat yang dikenal dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan insomnia (28).

Valerian khususnya menunjukkan potensi untuk mengurangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur di kalangan wanita menopause. 

Sebuah studi menemukan bahwa 30% wanita pascamenopause yang mengonsumsi kapsul valerian 530 mg dua kali sehari selama 4 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

4. Teh pepermint

Secara resmi dikenal sebagai Lamiaceae, tumbuhan herbal dari keluarga mint terkenal karena kegunaan kulinernya. Ini termasuk pepermint.

Peppermint telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Teh ini dipercaya memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan bahkan antialergi. 

Peppermint juga dapat membantu mengatasi kondisi gastrointestinal (GI) seperti gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar.

Teh peppermint mudah dibuat. Cukup rebus 2 gelas (480 ml) air dan tambahkan segenggam daun pepermin. Anda dapat menyesuaikan jumlah daun tergantung seberapa kuat teh yang Anda suka. Biarkan daun terendam dalam air panas setidaknya selama 5 menit.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Yuk Catat!

5. Susu hangat

Ini mungkin terdengar seperti dongeng lama, namun banyak organisasi terkemuka merekomendasikan susu hangat untuk tidur malam yang nyenyak.

Itu karena susu mengandung triptofan. Triptofan secara alami meningkatkan serotonin, neurotransmitter yang dikenal untuk kebahagiaan dan kesejahteraan. Ditambah lagi, serotonin adalah pendahulu hormon melatonin yang mengatur tidur.

Sederhananya, triptofan meningkatkan kadar serotonin, yang meningkatkan kadar melatonin. Melatonin dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu memerangi berbagai gangguan tidur, termasuk jet lag, gangguan tidur kerja shift, dan insomnia.

Baca Juga: Atasi Gejala Remaja Jompo, Simak 5 Tips Hidup Sehat ala Tokopedia

6. Jus ceri

Ceri merupakan buah batu yang rasanya bervariasi tergantung varietasnya. Jus ceri bisa terasa manis, asam, atau asin dan tersedia dalam berbagai warna, termasuk kuning, merah, dan ungu.

Jus ini juga dikenal karena sejumlah manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kualitas tidur.

Kandungan triptofan pada buah ceri diyakini menjadi salah satu alasan bahwa buah ini dapat membantu seseorang tidur nyenyak. 

Triptofan adalah asam amino yang merupakan prekursor hormon melatonin, yang membantu mengatur kapan Anda tertidur dan bangun.

Baca Juga: Daun Sirsak Bisa Bikin Diabetes & Hipertensi Rontok, Cek Cara Minumnya

7. Susu almond

Almond adalah kacang pohon yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang sehat. Susu almond adalah alternatif susu sapi yang lembut dan pedas yang dibuat dengan mencampurkan almond dengan air lalu menyaring ampasnya.

Kacang almond utuh dapat meningkatkan kualitas tidur. Minyak violet yang terbuat dari almond atau biji wijen bahkan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Iran selama bertahun-tahun sebagai pengobatan insomnia.

Dalam sebuah penelitian pada 75 orang dengan insomnia kronis, peserta melaporkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas tidur setelah memberikan sendiri 3 tetes minyak violet atau minyak almond murni intranasal setiap malam selama 30 hari.

Baca Juga: Sederet Manfaat Lobak, Menyehatkan kulit hingga Mengobati Batuk

8. Smoothie pisang-almond

Pisang adalah makanan lain yang tinggi magnesium, triptofan, dan melatonin.

Minuman ini juga tinggi potasium. Kalium dan magnesium adalah dua mineral yang mengendurkan otot dan dapat membantu Anda melepas lelah di penghujung hari yang panjang.

Dengan menggabungkan pisang dan susu almond dalam smoothie, Anda benar-benar dapat menghasilkan triptofan dan melatonin yang kuat yang dapat membantu mengurangi gejala insomnia.

Untuk membuat smoothie pisang-almond, campurkan:

- 1 pisang segar atau beku
- 1 cangkir (237 ml) susu almond
- 1 sendok makan (15 gram) mentega almond
- 1/2 cup es (kalau pakai pisang segar)

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

9. Golden milk

Ada beberapa bukti bahwa susu hangat saja dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Golden milk tidak hanya memanfaatkan potensi susu hangat untuk membantu tidur, tetapi juga mengandung kunyit.

Karena susu mengandung triptofan, pendahulu melatonin, susu ini dapat membantu meningkatkan kadar melatonin. Melatonin adalah hormon utama yang mengatur siklus tidur-bangun tubuh seseorang.

Sementara itu, kunyit kaya akan senyawa kurkumin yang dapat meringankan beberapa efek kurang tidur, mengurangi peradangan, dan dengan aman mengobati gejala kecemasan dan depresi.

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat hingga Kolesterol, Ini Manfaat Jus Ceri yang Kaya Antioksidan

Minuman yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur

Mengutip Wellandgood.com, jika Anda ingin mendapatkan istirahat terbaik, ada beberapa minuman yang harus dihindari karena akan mengganggu kualitas tidur Anda. 

Beberapa contohnya yaitu alkohol dan minuman berkafein tinggi. 

“Alkohol dan minuman berkafein sama-sama merupakan pengganggu tidur yang kuat, jadi sebaiknya batasi asupan minuman tersebut atau hindari sama sekali, terutama sebelum tidur,” kata Dr. Troxel. 
Meskipun beberapa orang mungkin salah mengartikan rasa kantuk yang berhubungan dengan alkohol dengan kualitas tidur yang baik, dia menjelaskan bahwa sebenarnya tidak demikian. 

“Gagasan bahwa alkohol sebagai 'minuman malam' untuk mendorong tidur adalah sebuah istilah yang keliru. Alkohol mengurangi kualitas tidur dan menyebabkan fragmentasi tidur, khususnya fragmentasi REM atau tidur mimpi, yang sangat penting untuk memori dan kesejahteraan emosional,” katanya.

Selanjutnya: Drakor Thriller Baru Netflix, Ini Sinopsis A Killer Paradox dan Jadwal Tayangnya

Menarik Dibaca: Drakor Thriller Baru Netflix, Ini Sinopsis A Killer Paradox dan Jadwal Tayangnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×