kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ada Bawang Putih, Ini 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih


Rabu, 01 Mei 2024 / 11:20 WIB
Ada Bawang Putih, Ini 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih
ILUSTRASI. Bawang putih

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip makanan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Gejala penyakit saluran kemih tentu dapat mengganggu aktivitas Anda.

Infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih merupakan kondisi saluran kemih terinfeksi bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Adapun, varian infeksi ini dapat terjadi di bagian mana pun dari saluran kemih, termasuk kandung kemih (cystitis), uretra (urethritis), atau bahkan ginjal (pielonefritis).

Kondisi infeksi saluran kemih lebih umum pada wanita daripada pada pria karena uretra wanita lebih pendek dan lebih mudah dijangkiti oleh bakteri dari lingkungan luar.

Baca Juga: Mau Turunkan Gula Darah Tinggi? Cek 4 Obat Alami untuk Diabetes Tipe 2

Sementara itu, Anda perlu mengenali gejala umum dari infeksi saluran kemih berikut ini.

Gejala infeksi saluran kemih

Kesehatan kandung kemih

Ada beberapa gejala umum infeksi saluran kemih meliputi:

  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat
  • Rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri di daerah kandung kemih atau perut bagian bawah
  • Urine yang keruh atau berbau tidak sedap
  • Rasa ingin buang air kecil yang mendesak, tetapi hanya keluarkan sedikit urine
  • Demam saat infeksi telah mencapai ginjal.

Infeksi saluran kemih biasanya diobati dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Penting untuk segera mengobati infeksi ini karena jika tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, seperti infeksi ginjal.

Baca Juga: 4 Jenis Teh yang Membuat Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Makanan untuk mencegah infeksi saluran kemih

Nah kini ada beberapa suplemen nutrisi berupa makanan untuk kesehatan saluran kemih. Tentu ini bisa dicoba agar mencegah ISK dikemudian hari.

Intip beberapa daftar makanan pencegah infeksi saluran kemih yang mudah ditemui dilansir dari Clean eating mag.

1. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, yang dapat membantu membuat urin menjadi lebih asam dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ISK. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C memiliki risiko lebih rendah terkena ISK, terutama selama kehamilan.

Vitamin C juga dikenal meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan, membantu melawan infeksi.

2. Jus Cranberry

Konsumsi jus cranberry dapat membantu dalam pencegahan infeksi saluran kemih (ISK) dengan menghalangi bakteri menempel pada dinding saluran kemih. Meskipun hasil penelitian bervariasi, banyak penelitian menunjukkan bahwa jus cranberry dapat mengurangi risiko kekambuhan ISK.

Penelitian terhadap wanita sehat dalam tujuh uji klinis menemukan bahwa konsumsi cranberry dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih hingga 26%.

Untuk meminimalkan asupan gula, disarankan untuk memilih konsentrat cranberry dan mencampurnya dengan air, atau mengonsumsi buah cranberry utuh.

3. Pepaya

Pepaya juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan keasaman urin dan menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, pepaya kaya akan karotenoid seperti beta-karoten dan likopen, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pepaya

4. Kayu Manis

Kayu manis telah lama dikenal karena sifat antibakterinya. Senyawa-senyawa dalam kayu manis dapat mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ISK, seperti E. coli.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat mencegah kolonisasi bakteri di saluran kemih dan memberikan efek anti-inflamasi.

5. Kefir

Kefir, minuman fermentasi berbahan dasar susu, mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Probiotik ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya di vagina yang dapat menyebabkan migrasi ke saluran kemih dan menyebabkan ISK.

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat melindungi terhadap ISK, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

6. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin dan senyawa lain yang memiliki aktivitas antibakteri dan antimikroba, serta dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat melindungi terhadap berbagai bakteri, termasuk E. coli, yang sering kali menjadi penyebab ISK. Mengonsumsi bawang putih mentah dapat memberikan manfaat terbaik karena allicin cenderung rusak oleh panas.

Apabila Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Demikian penjelasan terkait makanan yang baik untuk kesehatan saluran kemih sesuai dengan penelitian yang pernah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×