kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Alternatif Penderita Kolesterol, Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi saat Lebaran


Rabu, 03 April 2024 / 06:17 WIB
Alternatif Penderita Kolesterol, Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi saat Lebaran
ILUSTRASI. Alternatif Penderita Kolesterol, Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi saat Lebaran.

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Penderita kolesterol tinggi perlu ekstra hati-hati saat menyantap hidangan Lebaran yang identik dengan lemak dan santan. Agar kolesterol tidak melonjak, ada beberapa makanan alternatif yang bisa Anda santap saat Lebaran.

Menjaga asupan makanan penting dilakukan agar kolesterol darah tidak naik. Meskipun banyak makanan nikmat namun banyak dari makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi. 

Makanan khas Lebaran yang bersantan, gorengan, hingga makanan yang mengandung lemak seperti mentega dan daging memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. 

Sebagai pengimbang, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol darah. 

Apa saja makanan tersebut? Simak rangkumannya dari Harvard Medical School dan Healthline berikut ini. 

Baca Juga: Nyaman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Tips Menjaga Keamanan Rumah

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu yang selalu digunakan di hampir semua masakan. Bahan makanan ini mengandung senyawa yang baik untuk tubuh yang salah satuny adalah allicin

Bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol darah serta tekanan darah. Rutin mengonsumsi bawang putih baik untuk penderita kolesterol dan juga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Cokelat

Cokelat hitam dan kakao memiliki efek yang baik untuk tubuh, khususnya sebagai penurun kolesterol. 

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang rutin meminum kakao menunjukkan penurunan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah menurun. 

Namun penting untuk diperhatikan, jika cokelat yang baik untuk tubuh tidak menggandung banyak gula. 

Pilih kakao atau cokelat hitam yang mengandung 75-80 persen lebih kakao untuk dikonsumsi. Anda bisa mengganti kue kering tinggi kalori dengan coklat hitam batangan sebagai camilan saat Lebaran nanti.

Oats

Oats sudah lama dikenal sebagai salah satu sumber makanan sehat yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sama seperti kacang-kacangan, oats mengandung fiber yang tinggi. Selain fiber atau serta, jenis makanan ini juga tinggi akan vitamin dan mineral. 

Anda bisa menyajikan oats bersama dengan susu almond atau mencampurnya dengan smoothies buah.

Baca Juga: 13 Tips Mudik Membawa Bayi Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan, Lakukan Hal Ini

Ikan

Ikan yang mengandung lemak khususnya Omega 3 baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. 

Ikan salmon dan makerel adalah dua jenis ikan yang mengandung lemak baik yang bisa membantu menurunkan kolesterol. 

Selain baik untuk penderita kolesterol, ikan jenis ini juga baik untuk menurunkan risiko penyakit stroke. 

Agar manfaatnya meningkat, panggang atau kukus ikan salmon sebelum dihidangkan. Hindari menggoreng ikan terlebih menggunakan banyak minyak. 

Kacang-kacangan

Jenis makanan ini mengandung fiber yang tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna. 

Artinya, jika Anda mengonsumsi kacang-kacangan, maka Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Bahan makanan ini cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Dari sekian banyak jenis kacang, kacang almond dan walnut diyakini mampu membantu menurunkan kolesterol tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×