kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Itu Lahan Basah? Ini Jenis dan Manfaat Lahan Basah untuk Kehidupan Manusia


Jumat, 02 Februari 2024 / 06:50 WIB
Apa Itu Lahan Basah? Ini Jenis dan Manfaat Lahan Basah untuk Kehidupan Manusia
ILUSTRASI. Lahan basah adalah salah satunya area persawahan. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/Spt.

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Hari Lahan Basah Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Februari. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham mengenai apa itu lahan basah. 

Lahan basah adalah wilayah yang tergenang oleh air dangkal, baik sebagian atau seluruhnya, dan secara permanen atau musiman. Manfaat lahan basah salah satunya adalah bisa mencegah erosi dan banjir. 

Hari ini menandai tanggal diadopsinya Konvensi Lahan Basah pada tanggal 2 Februari 1971, di kota Ramsar, Iran, di tepi Laut Kaspia.

Tema Hari Lahan Basah Sedunia 2024 adalah "Wetlands and human wellbeing" yang artinya "Lahan Basah dan Kesejahteraan Manusia". Tujuan peringatan Hari Lahan Basah Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya lahan basah. 

Lalu, apa itu lahan basah dan apa saja manfaat lahan basah untuk manusia?

Baca Juga: Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional Februari 2024, Ada Hari Hijab Sedunia

Apa itu lahan basah? 

Apa itu lahan basah?

Lahan basah adalah suatu daratan yang tergenang oleh air dangkal baik sebagian atau seluruhnya, dan secara permanen atau musiman. 

Baik genangan tersebut terbentuk secara alami ataupun buatan, tergenang oleh air tawar, payau, maupun air asin, serta berupa air diam maupun mengalir.

Dikutip dari laman World Wild Life, lahan basah adalah fasilitas pengolahan air limbah alami dan penyimpan karbon terbaik di dunia. Dan hal ini penting untuk ketahanan pangan. 

Sekitar 300 hingga 400 juta orang tinggal dekat dan bergantung pada lahan basah. Lahan basah mendukung penanaman padi, yang merupakan makanan pokok setengah populasi dunia. 

Fungsi lahan basah juga membantu mengendalikan banjir, menyediakan air bersih, mencegah erosi dan abrasi, bahan makanan, obat-obatan, dan habitat penting beberapa tanaman dan hewan.

Baca Juga: Sepanjang 2024 Iklim Diprediksi Normal, Musim Kemarau Tak Sekering 2023!

Jenis lahan basah 

Jenis lahan basah dibedakan menjadi dua yakni lahan basah alami dan lahan basah buatan. Dikutip dari laman Forestry Study Club UGM, berikut adalah jenis lahan basah:

1. Lahan basah alami 

Lahan basah alami adalah lahan yang karena drainage buruk, bersifat basah sepanjang waktu atau selama bagian terbesar waktu. Lahan basah alami biasanya berada di bagian hilir sungai atau sungai pendek di daratan pantai, mangrove, jalur laut dangkal sepanjang pantai. 

Lahan basah alami meliputi rawa-rawa air tawar, hutan bakau (mangrove), rawa gambut, hutan gambut, paya-paya, dan riparian (tepian sungai). 

Baca Juga: La Nina Diprediksi Muncul Tahun Ini, TAPG Ungkap Pengaruhnya ke Produktivitas Sawit

2. Lahan basah buatan 

Lahan basah buatan adalah suatu ekosistem lahan basah yang terbentuk akibat intervensi manusia, baik secara sengaja maupun tidak senagaja. Lahan basah buatan meliputi waduk, sawah, saluran irigasi, dan kolam. 

Saat ini, lahan gambut dan mangrove, menjadi dua jenis lahan basah yang mengalami kerusakan serius di berbagai wilayah Indonesia. 

Hutan rawa gambut di Sumatra dan Kalimantan, banyak dikonversi menjadi perkebunan dan lahan pertanian. Pun ribuan hektar hutan mangrove, telah ditebangi dan dikonversi untuk kegiatan budidaya perairan.

Baca Juga: Perusahaan Tambang Akan Dapat Insentif Jika Ikut Rehabilitasi Hutan di IKN

Jenis spesies yang dapat hidup di lahan basah 

Sementara itu, beberapa jenis spesies yang bisa hidup di lahan basah adalah:

  • Bebek
  • Angsa 
  • Burung pekakak
  • Burung kicau
  • Berang-berang
  • Harimau
  • Berbagai jenis ikan

Baca Juga: Ikut Rehabilitasi Hutan di IKN, Perusahaan Tambang Akan Dapat Insentif Pajak

Manfaat lahan basah untuk kehidupan manusia


Manfaat lahan basah

Manfaat lahan basah salah satunya dapat mencegah erosi, abrasi, dan datangnya banjir. Jadi, lahan basah bukan hanya untuk menjaga kekayaan hayati, hewan dan tumbuhan semata.

Dirangkum dari laman Wetlands International dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, berikut sejumlah manfaat lahan basah untuk kehidupan manusia: 

1. Penyedia air bersih 

Manfaat lahan basah yang pertama adalah sebagai penyedia air bersih. Lahan basah menyimpan dan menyediakan air, serta secara alami menyaring polutan.

Apalagi saat ini kebutuhan air bersih telah meningkat dua kali lipat karena pertambahan penduduk. Sehingga, dengan meningkatkan pengelolaan air dan pemulihan lahan basah, persediaan air dapat terjaga.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh Subur dan Cantik

2. Sumber pangan yang melimpah 

Salah satu jenis lahan basah adalah sawah untuk menanam padi. Sehingga, salah satu manfaat lahan basah adalah sebagai sumber pangan yang melimnpah. 

Dengan memperbaiki praktek pengelolaan air dan pertanian di lahan basah, ketahanan pangan jangka panjang dapat terjamin dan keanekaragaman hayati pun meningkat.

3. Kesejahteraan manusia

Lahan basah seringkali dijadikan sebagai penggerak ekonomi lokal. Lebih dari satu miliar orang bergantung pada lahan basah sebagai sumber penghasilan.

Namun, lahan basah harus digunakan secara bijaksana dan diversifikasi mata pencaharian masyarakat lokal akan memungkinkan bagi kita untuk mengurangi laju tren penurunan lahan basah, sekaligus mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Baca Juga: Ini Prediksi Terbaru Ilmuwan Dunia Soal Kepunahan Manusia

4. Habitat flora dan fauna

Manfaat lahan basah adalah sebagai habitat flora dan fauna. Sekitar 40% spesies makhluk hidup berkembang biak di lahan basah dan setiap tahun sekitar 200 spesies ikan baru ditemukan di lahan basah air tawar.

5. Penyimpan karbon

Manfaat lahan basah salah satunya adalah sebagai penyimpan karbon permukaan (top carbon) Bumi. Dengan melestarikan dan memulihkan lahan basah kita dapat mengurangi emisi karbon.

Selain itu, juga bisa meningkatkan kemampuan kita untuk beradaptasi dengan perubahan iklim, meningkatkan keanekaragaman hayati, keatahanan air dan kesejahteraan manusia.

Baca Juga: Bisa Bikin Penis Gatal-Gatal! Ini Efek Samping Tisu Magic

6. Melindungi dari bencana

Manfaat lahan basah juga bisa membantu melindungi manusia dari bencana alam. 

Lahan basah memberikan perlindungan dari banjir dan badai dengan menyerap 1,5 juta galon air pada setiap hektar lahan basah. Lahan basah juga dapat membantu mengatur iklim.

Demikian penjelasan mengenai apa itu lahan basah, jenis lahan basah, dan manfaat lahan basah untuk kehidupan manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×