kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini


Jumat, 01 Maret 2024 / 13:23 WIB
Apa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Sirsak

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Sirsak - Banyak manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui. Tak hanya itu, manfaat dan khasiat buah sirsak juga tidak perlu diragukan.

Selain itu, buah sirsak juga memiliki rasa yang khas dan enak serta bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman sekalipun.

Melansir dari Tuasuede salah satu manfaat buah sirsak terutama berasal dari kandungan seratnya yang tinggi, karena dapat mengurangi kecepatan penyerapan gula, membantu mengatasi sembelit dan merupakan sumber serat yang menurunkan laju penyerapan gula dari makanan. 

Baca Juga: Apa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan? Cek 5 Hal Ini

Hal tersebut dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan buah sirsak:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah sirsak mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Baca Juga: Apa Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh? Simak 7 Hal Ini

Menurunkan risiko penyakit jantung

Senyawa-senyawa dalam buah sirsak, seperti flavonoid dan serat, telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Mereka membantu menurunkan kolesterol LDL ("jahat") dan tekanan darah, serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Mengelola diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sirsak membantu mengatur kadar gula darah dengan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Ini dapat membantu mengelola diabetes tipe 2.

Menyediakan nutrisi penting

Buah sirsak mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, tiamin, riboflavin, niacin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan serat. Ini adalah tambahan yang baik untuk diet seimbang.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Melawan peradangan

Senyawa-senyawa aktif dalam buah sirsak, seperti acetogenins, telah menunjukkan sifat antiinflamasi dalam penelitian. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkaitan dengan berbagai kondisi kesehatan.

Melindungi kulit

Kandungan vitamin C dalam buah sirsak membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam buah sirsak memiliki potensi anti-kanker, terutama dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini secara lebih mendalam.

Meskipun buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan beragam, serta berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau mengalami gejala yang mengkhawatirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×