kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Penyebab Pilek Sulit Sembuh? Ini 5 Alasan dan Cara Pengobatan


Selasa, 16 April 2024 / 10:22 WIB
Apa Penyebab Pilek Sulit Sembuh? Ini 5 Alasan dan Cara Pengobatan
ILUSTRASI. Apa Penyebab Pilek Sulit Sembuh? Ini 5 Alasan dan Cara Pengobatan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami beberapa penyebab kenapa flu pilek sulit sembuh. Salah satu penyakit pernapasan yang umum adalah pilek atau flu.

Pilek merupakan kondisi medis umum yang disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas.

Hal ini dapat mengakibatkan hidung tersumbat, mengeluarkan lendir dari hidung, bersin-bersin, sakit tenggorokan, batuk ringan, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Gejala pilek biasanya berkembang perlahan-lahan selama beberapa hari dan berlangsung sekitar 7-10 hari.

Baca Juga: 9 Buah untuk Penyembuhan Radang Tenggorokan sampai Flu

Penyebab flu dan pilek sulit sembuh

Pilek dan flu

Pilek dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan udara yang terjadi saat bersin atau batuk, atau melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi oleh virus.

Meskipun pilek umumnya tidak berbahaya, beberapa kondisi seperti alergi, sinusitis, bronkitis, atau pneumonia dapat memperburuk gejala pilek.

Individu yang mengalami gejala pilek yang parah atau tidak sembuh setelah beberapa minggu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Penanganan pilek bisa bervariasi mulai dari istirahat hingga pengobatan yang dipilih. Menjalani perawatan yang tepat dapat membantu mengelola gejala pilek dengan lebih baik.

Ada penyebab pilek sulit sembuh dilansir dari Web MD sehingga Anda bisa mengevaluasi diri.

Baca Juga: Susah Fokus? Waspada 6 Tanda Tubuh Kurang Tidur yang Buruk Bagi Kesehatan

1. Karena Stres

Stres dapat menjadi penyebab sulit sembuhnya pilek. Saat merasa cemas atau terbebani oleh masalah, sistem kekebalan tubuh dapat terpengaruh, menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan memperburuk gejala flu.

Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu respons tubuh terhadap virus, karena hormon kortisol yang mengatur respons tubuh terhadap infeksi menjadi tidak efektif.

2. Deteksi Penyakit yang Salah

Seringkali, kesulitan sembuh dari pilek bisa disebabkan oleh diagnosa yang salah. Gejala pilek dan alergi bisa mirip, tetapi perbedaannya terletak pada lamanya gejala dan adanya demam. Alergi juga cenderung berlangsung lebih lama.

3. Ambil Langkah yang Salah

Ketidakcocokan dalam pengobatan juga bisa membuat pilek sulit sembuh. Misalnya, mengonsumsi vitamin C tidak terbukti efektif dalam mempercepat penyembuhan pilek, dan penggunaan semprotan hidung tidak selalu direkomendasikan karena bisa menyebabkan kehilangan indra penciuman.

4. Tidak Cukup Istirahat

Kurangnya istirahat juga dapat memperlambat proses penyembuhan pilek. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal dalam melawan infeksi virus.

5. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat pilek sulit sembuh. Saat sakit, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena demam dan hidung tersumbat yang membuat sulit menelan.

Minum banyak cairan dapat membantu melonggarkan lendir dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu proses penyembuhan pilek.

Pengobatan pilek dan flu

Pahami apa saja cara terbaik yang bisa meredakan gejala pilek.

  • Pakai obat pereda nyeri dan demam: Obat seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu meredakan gejala seperti demam dan sakit kepala.
  • Berkumur dengan air garam: Kumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membantu meredakan radang tenggorokan.
  • Manfaatkan humidifier atau uap: Kegiatan menghirup uap dapat membantu membuka saluran pernapasan dan meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat.
  • Hindari merokok dan paparan asap: Merokok dan paparan asap dapat memperparah gejala flu dan membuat kondisi Anda semakin buruk.

Demikian panduan dan penyebab pilek tidak sembuh-sembuh yang bisa diketahui oleh Anda selama masa penyembuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×