kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Saja Manfaat Daun Mangga? Ternyata Bisa Bisa Obati Diabetes & Darah Tinggi


Rabu, 24 April 2024 / 07:42 WIB
Apa Saja Manfaat Daun Mangga? Ternyata Bisa Bisa Obati Diabetes & Darah Tinggi
ILUSTRASI. Daun mangga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Daun mangga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini tidak mengherankan, karena daun ini kaya akan berbagai kandungan aktif yang memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Daun mangga hijau muda sangat empuk, sehingga bisa dimasak dan dimakan. Karena daunnya dianggap sangat bergizi, daunnya juga digunakan untuk membuat teh dan suplemen.

Daun Mangifera indica, spesies mangga tertentu, telah digunakan dalam praktik penyembuhan seperti Ayurveda dan pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun.

Mengutip Healthline, berikut adalah beberapa kandungan aktif dari daun mangga:

- Terpenoid
- Flavonoid
- Tanin
- Alkaloid
- Senyawa fenolik

Baca Juga: Bukan Menurut Usia, Ini Tabel Berat Badan Ideal Pria & Wanita Sesuai Tinggi Badan

6 Manfaat daun mangga untuk kesehatan:

Berikut adalah delapan manfaat daun mangga untuk kesehatan:

1. Kaya akan senyawa tumbuhan

Daun mangga mengandung beberapa senyawa tumbuhan bermanfaat, termasuk polifenol dan terpenoid.

Terpenoid penting untuk penglihatan optimal dan kesehatan kekebalan tubuh. Mereka juga merupakan antioksidan, yang melindungi sel Anda dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Sedangkan polifenol memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka meningkatkan bakteri usus dan membantu mengobati atau mencegah kondisi seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Mangiferin, polifenol yang ditemukan di banyak tanaman tetapi dalam jumlah yang sangat tinggi pada mangga dan daun mangga, dipercaya memiliki banyak manfaat.

Penelitian telah menyelidikinya sebagai agen anti-mikroba dan pengobatan potensial untuk tumor, diabetes, penyakit jantung, dan kelainan pencernaan lemak.

Namun, penelitian pada manusia lebih lanjut diperlukan.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi

Banyak potensi manfaat daun mangga berasal dari sifat anti-inflamasi mangiferin.

Meskipun peradangan adalah bagian dari respons imun normal tubuh Anda, peradangan kronis dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi daun mangga bahkan dapat melindungi otak Anda dari kondisi seperti Alzheimer atau Parkinson.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak daun mangga yang diberikan kepada tikus dengan dosis 2,3 mg per pon berat badan (5 mg per kg) membantu melawan biomarker oksidatif dan inflamasi yang diinduksi secara artifisial di otak.

Meski begitu, penelitian pada manusia diperlukan.

Baca Juga: OJK Cabut Izin Pinjol Danafix, Cek Daftar Pinjol Legal & Ilegal September 2023

3. Dapat melindungi dari penambahan lemak

Ekstrak daun mangga dapat membantu mengatasi obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan mengganggu metabolisme lemak.

Berbagai penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak daun mangga menghambat akumulasi lemak di sel jaringan. Studi lain pada tikus menunjukkan bahwa sel yang diobati dengan ekstrak daun mangga memiliki tingkat timbunan lemak yang lebih rendah dan tingkat adiponektin yang lebih tinggi.

Adiponektin adalah protein pemberi sinyal sel yang berperan dalam metabolisme lemak dan regulasi gula dalam tubuh Anda. Tingkat yang lebih tinggi dapat melindungi terhadap obesitas dan penyakit kronis terkait obesitas.

Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

4. Dapat membantu memerangi diabetes

Daun mangga dapat membantu mengelola diabetes karena pengaruhnya terhadap metabolisme lemak.

Peningkatan kadar trigliserida sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian memberikan ekstrak daun mangga kepada tikus. Setelah 2 minggu, mereka menunjukkan kadar trigliserida dan gula darah yang jauh lebih rendah.

Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa pemberian ekstrak daun mangga 45 mg per pon berat badan (100 mg per kg) mengurangi hiperlipidemia, suatu kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar trigliserida dan kolesterol.

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan ekstrak daun mangga dan obat diabetes oral glibenclamide pada tikus penderita diabetes, tikus yang diberi ekstrak tersebut memiliki kadar gula darah yang jauh lebih rendah dibandingkan kelompok glibenclamide setelah 2 minggu.

Meski begitu, penelitian pada manusia masih kurang.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Asam Lambung dengan Herbal, Salah Satunya Bunga Kantil

5. Tingkatkan energi tahan tubuh

Mengutip Gramedia.com, isi antioksidan dalam daun mangga sanggup meningkatkan imunitas badan. Dengan begitu, badan jadi lebih sehat.

Daun mangga memang mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan sel, tetapi belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa daun mangga dapat secara langsung meningkatkan energi pada tubuh.

Daun mangga dapat digunakan sebagai bantuan dalam program diet sehat, namun untuk meningkatkan energi pada tubuh ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti:

- Mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat dan vitamin yang cukup.
- Berolahraga secara teratur, baik itu olahraga kardio ataupun olahraga beban.
- Cukup istirahat dan tidur.
- Hindari stres dan cobalah untuk menjaga kesehatan mental.
- Konsultasi dengan dokter jika mengalami masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kadar energi dalam tubuh.

6. Darah tinggi

Tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Karena, darah besar tinggi dapat merangsang komplikasi penyakit apabila dibiarkan.

Bersumber pada riset yang diterbitkan dalam Journal of Hospital Medicine Mesir, daun mangga mempunyai watak hipotensi. Mengkonsumsi daun mangga dapat menguatkan pembuluh darah dan menyembuhkan varises.

Perlu diingat bahwa pengobatan darah tinggi harus dilakukan dengan cara yang sehat yaitu dengan cara menjaga pola makan sehat, berolahraga, menghindari rokok dan alkohol, dan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

Selanjutnya: Prospek Emiten Ritel: Dipoles Momen Lebaran, Diadang Pelemahan Rupiah

Menarik Dibaca: Traders, Ini Rekomendasi Saham dari Mandiri Sekuritas untuk 24 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×