kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45872,08   17,30   2.02%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik


Jumat, 12 April 2024 / 15:45 WIB
Apa Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik
ILUSTRASI. Buah Mangga

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah mangga untuk kesehatan adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, manfaaf buah mangga bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Buah mangga, dengan cita rasanya yang segar dan manis, bukan hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Mengandung berbagai nutrisi penting, mangga dapat menjadi tambahan yang lezat dan sehat dalam pola makan harian.

Baca Juga: Cek, 7 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Merangkum dari Health dan Healthline, berikut manfaat buah mangga untuk kesehatan:

Kaya akan Vitamin dan Mineral

Mangga mengandung vitamin dan mineral esensial seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan selenium. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin A mendukung kesehatan mata dan kulit. Vitamin E dan selenium memiliki sifat antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam mangga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berperan dalam produksi sel darah putih, yang penting untuk melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terdapat dalam mangga dikenal baik untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat membantu mencegah masalah mata seperti rabun senja dan katarak.

Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam mangga dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Vitamin A, sementara itu, membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat dan keriput.

Mengandung Antioksidan

Mangga mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti quercetin, fisetin, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis.

Baca Juga: Cek, 6 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan, termasuk mangga, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat yang tinggi dalam buah mangga juga dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Membantu Pencernaan

Mangga mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung fungsi normal saluran pencernaan.

Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Kandungan air yang tinggi dalam mangga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, sementara rasa manisnya dapat menyegarkan pikiran. Ini membuat mangga menjadi pilihan buah yang ideal untuk dikonsumsi sebagai camilan atau minuman jus.

Baca Juga: Catat Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lumer Cocok Untuk Lebaran

Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun mangga mengandung gula alami, buah ini juga rendah kalori dan tinggi serat. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Meningkatkan Energi

Kandungan gula alami dan karbohidrat dalam mangga dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×