kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa yang Terjadi Saat Tidak Makan dalam Sehari? Ini 8 Dampak Negatifnya


Kamis, 07 Maret 2024 / 09:27 WIB
Apa yang Terjadi Saat Tidak Makan dalam Sehari? Ini 8 Dampak Negatifnya
ILUSTRASI. Ilustrasi?tidak makan dalam sehari

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami apa yang terjadi pada tubuh saat tidak makan seharian atau dalam 24 jam. Meskipun tidak makan dalam kurun waktu sehari atau puasa air putih, ada beberapa efek samping dan risiko komplikasi kesehatan yang perlu diwaspadai.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan energi dari makanan yang dikonversi menjadi kalori. Kalori ini digunakan dalam beraktivitas sehari-hari dan menunjang kinerja organ tubuh.

Sementara, keputusan untuk tidak makan sehrian, dapat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk riwayat tertentu.

Sayangnya, beberapa orang perlu menghindari aktivitas ini apabila memiliki beberapa riwayat kesehatan berikut ini.

Baca Juga: 8 Efek Negatif Telat Makan yang Menimbulkan Gangguan Kesehatan

Siapa yang perlu menghindari tidak makan seharian?

Mood tidak baik

Nah, ada beberapa hal yang terjadi saat Anda tidak makan seharian.

  • Memiliki atau pernah memiliki gangguan makan
  • Menderita diabetes tipe 1
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Berusia di bawah 18 tahun
  • Sedang dalam pemulihan pasca operasi

Tidak makan seharian bahkan dapat meningkatkan risiko aritmia jantung dan hipoglikemia (gula darah rendah). Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menilai secara menyeluruh manfaat dan risiko ini. 

Dengan menjaga pola makan seimbang dan berolahraga secara teratur tetap menjadi metode terbaik untuk hidup sehat dan menjaga berat badan.

Penting tetap konsumsi air putih

Minum air putih dalam jumlah yang cukup, lebih dari biasanya, sangat penting saat melakukan puasa 24 jam. Selama tubuh tidak mendapatkan asupan, Anda tidak mendapatkan asupan air dari makanan. 

Air dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi penting, seperti melancarkan pencernaan, mengatur suhu tubuh, menjaga kesehatan sendi dan jaringan, serta membuat Anda tetap berenergi.

Minumlah air sesuai kebutuhan Anda sepanjang hari. Kebutuhan air setiap orang berbeda tergantung tingkat aktivitas.

Baca Juga: Makan Pisang di Malam Hari Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Risiko tidak makan seharian

Tidak makan selama sehari, juga dikenal sebagai puasa, dapat memiliki berbagai efek pada tubuh tergantung pada faktor seperti kesehatan individu, tingkat aktivitas, dan status hidrasi.

Berikut adalah beberapa hal umum yang mungkin terjadi jika Anda tidak makan selama sehari, dilansir dari laman Healthline.

1. Penurunan Tingkat Energi

Tanpa mengonsumsi makanan, tubuh Anda tidak memiliki sumber energi yang tersedia secara langsung dari glukosa. Ini dapat menyebabkan rasa lelah dan lesu.

2. Penurunan Kadar Gula Darah

Nah, Ada beberapa efek saat Anda makanan dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, menyebabkan gejala seperti pusing, gemetar, dan kesulitan berkonsentrasi.

3. Rasa Lapar

Hormon lapar tubuh Anda mungkin meningkat, menyebabkan sensasi lapar dan mungkin juga ketidaknyamanan atau iritabilitas.

4. Kehilangan Fokus dan Konsentrasi

Tanpa bahan bakar dari makanan, otak Anda mungkin tidak berfungsi secara optimal, menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan penurunan fungsi kognitif.

5. Perubahan Mood

Fluktuasi kadar gula darah dan hormon lapar dapat memengaruhi mood, menyebabkan iritabilitas, kecemasan, atau perubahan suasana hati.

6. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Puasa jangka pendek mungkin sementara menekan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

7. Kehilangan Massa Otot

Apabila puasa berlangsung lebih dari sehari atau menjadi kebiasaan yang teratur, tubuh mungkin mulai memecah jaringan otot untuk energi.

8. Dehidrasi

Meskipun tidak secara langsung terkait dengan asupan makanan, lupa untuk minum cukup cairan selama hari puasa dapat menyebabkan dehidrasi, menyebabkan gejala seperti sakit kepala, pusing, dan mulut kering.

Demikian beberapa penjelasan terkait apa yang bisa terjadi pada seseorang yang tidak makan seharian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×