kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apakah Penyakit Jantung Bisa Sembuh?


Selasa, 09 Januari 2024 / 16:09 WIB
Apakah Penyakit Jantung Bisa Sembuh?
ILUSTRASI. Apakah penyakit jantung bisa sembuh?

Penulis: Virdita Ratriani

Penyakit Jantung - Apakah penyakit jantung bisa sembuh mungkin menjadi pertanyaan bagi penderita penyakit ini. Banyak orang beranggapan bahwa penyakit jantung bisa sembuh.

Mengutip laman Cleveland Clinic, penyebab penyakit jantung adalah penyumbatan yang dalam istilah medis disebut Aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah suatu kondisi di mana arteri di jantung tersumbat sebagian atau seluruhnya oleh lemak yang dikenal sebagai plak. Hal ini dapat menyebabkan penyakit arteri koroner, yang juga dikenal sebagai penyakit jantung koroner atau penyakit jantung.

Lalu, apakah penyakit jantung bisa sembuh? 

Baca Juga: 7 Buah Penurun Darah Tinggi yang Murah dan Mudah Ditemui di Indonesia

Apakah penyakit jantung bisa sembuh?


Apakah Penyakit Jantung Bisa Sembuh?

Sayangnya, tidak ada obat untuk penyakit arteri koroner atau penyakit jantung koroner. Namun, penderita penyakit jantung dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Salah satunya dengan mengatur pola makan, berolahraga lebih banyak, dan membatasi asupan alkohol. Selain itu, obat-obatan yang ada saat ini baru dapat menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. 

Sehingga, kuncinya adalah melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit jantung. Pasalnya, otot jantung tidak dapat pulih seperti sedia kala setelah rusak akibat kejadian seperti serangan jantung.

Bentuk lain dari penyakit jantung adalah rusaknya katup jantung. Saat katup jantung kaku dan mengalami pengapuran, tidak ada cara untuk mengembalikan fleksibilitas katup. 

Sehingga, katup jantung harus diperbaiki atau diganti. 

Baca Juga: Umur Masuk di Atas 50 Tahun, Ini Pola Makan yang Terlarang Dilakukan

Bisakah penyakit jantung dicegah? 

Faktor risiko penyakit jantung mencakup faktor-faktor yang tidak dapat Anda kendalikan, seperti usia, jenis kelamin, dan genetika. 

Namun, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah berkembangnya penyakit arteri koroner.

Selain itu, dunia kedokteran sudah memiliki obat-obatan yang sangat baik yang dapat mencegah penyakit arteri koroner jika seseorang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. 

Baca Juga: Makan Durian Bikin Tidur Lebih Cepat? Ini Manfaat Durian untuk Kesehatan

Cara mencegah penyakit jantung


Cara Mencegah Penyakit Jantung

Faktor risiko penyakit jantung sejatinya bisa dikendalikan. Berikut sejumlah cara mencegah penyakit jantung:

1. Pola makan

Menerapkan pola makan yang menyehatkan jantung adalah cara mudah untuk menjadi lebih sehat. Pola makan sehat yang bisa diterapkan antara lain hindari makanan tinggi lemak trans atau lemak jenuh, yang meningkatkan kolesterol.

Untuk itu, kurangi konsumsi daging merah, gorengan, produk susu berlemak tinggi, dan makanan yang dimasak dengan minyak kelapa atau kelapa sawit dalam jumlah berlebihan.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan ikan.

Baca Juga: Ada Temulawak dan Seledri, Cek 11 Tanaman Herbal untuk Obati Darah Tinggi

2. Merokok

Merokok dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. 

3. Olahraga

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak meningkatkan risiko terkena penyakit arteri koroner. Aktif bergerak dan rutin berolahraga menjadi salah satu kunci mencegah penyakit jantung.

Para ahli merekomendasikan berjalan kaki 30 menit lima kali seminggu. Selain itu, aktif secara fisik juga membantu Anda menurunkan berat badan berlebih, yang merupakan faktor risiko penyakit arteri koroner lainnya.

Baca Juga: Ambang Batas Hipertensi WHO Ternyata Berbeda dengan Anggapan Umum

4. Minum alkohol

Minum berlebihan bisa memicu tekanan darah tinggi dan merusak jantung. Untuk itu, batasi konsumsi alkohol. 

Direkomendasikan perempuan tidak boleh minum lebih dari satu gelas sehari, sedangkan laki-laki tidak boleh minum lebih dari dua gelas sehari.

5. Stres

Stres berdampak buruk pada kesehatan jantung. Misalnya, rasa marah dan takut dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Dokter menyarankan untuk mempelajari teknik relaksasi seperti meditasi, atau memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian Anda.

Baca Juga: Ingin Turunkan Tensi Tinggi Secara Alami? Coba 9 Cara Ini yang Mudah Dilakukan

6. Kondisi kesehatan yang tidak diobati

Diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak ditangani. Begitu juga dengan penyakit arteri koroner.

Demikian penjelasan mengenai apakah penyakit jantung bisa sembuh dan cara mencegah penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×