kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Aturan 5/25 Warren Buffett tentang Hidup Sukses & Cara Melakukannya


Jumat, 19 April 2024 / 03:35 WIB
Aturan 5/25 Warren Buffett tentang Hidup Sukses & Cara Melakukannya
ILUSTRASI. Popularitas aturan 5/25 berasal dari cerita Warren Buffett yang telah memberi pilotnya nasihat tentang prioritas kariernya. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett dihormati karena kecerdasan dalam berbisnis. Dia juga dikenal karena menghasilkan kebijaksanaan brilian yang melampaui Wall Street. 

Untuk nasihat karier, Anda akan kesulitan menemukan banyak orang yang lebih berwawasan daripada Buffett.

Dengan pemikirannya, Buffett dapat menulis beberapa halaman mendalam tentang produktivitas. Anehnya, dia tidak pernah menulis buku, tetapi aturan 5/25 nya pasti akan muncul lebih awal saat Anda mencari tentang petuah Warren Buffett di internet.

Apa itu Aturan 5/25?

Melansir Kanbanzone.com, popularitas aturan 5/25 berasal dari cerita tentang Warren Buffett yang telah memberi Mike Flint, pilotnya selama 10 tahun, nasihat tentang prioritas kariernya. 

Sarannya adalah membuat daftar 25 tujuan karier teratasnya, dan dari 25 itu, lingkari 5 teratas. Buffett kemudian menyarankan Flint untuk fokus pada 5 ini dan melepaskan yang lain.

Gagasan aturan 5/25 pada dasarnya membantu Anda mempersempit daftar prioritas Anda menjadi hal-hal yang lebih penting bagi Anda. Anda mungkin memiliki banyak hal yang ingin Anda lakukan. 

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Diajarkan Orang Tua ke Anak Tentang Uang ala Warren Buffett

Itu bisa kurang dari 25 atau lebih dari 25, tetapi jika Anda benar-benar menganggap semua tujuan ini sangat penting, mempersempit daftar Anda menjadi 5 bisa menjadi tantangan.

Mengutip Friday.app, aturan 5/25 dapat diterapkan pada target pribadi atau profesional, keluarga atau tujuan karier, sehingga menjadikannya teknik yang efektif dan sederhana untuk memprioritaskan semua aspek kehidupan.

Membuat daftar tujuan bukanlah hal baru. Faktanya, ini adalah langkah pertama yang khas dalam metode penetapan tujuan yang tak terhitung jumlahnya. 

Buffett berhasil membuat aturan ini begitu unik. Nah, aturan 5/25 merupakan bagaimana Anda memprioritaskan tujuan seperti Warren Buffett. Yakni, hanya berfokus atau berkomitmen sepenuhnya pada sejumlah tujuan, sehingga meningkatkan peluang untuk menyelesaikannya dengan lebih efektif daripada jika Anda menangani semua tujuan Anda sekaligus.

Baca Juga: Bankir Masih Ramal Resesi di 2023, Ini Jurus Warren Buffett untuk Menghadapinya

Pada kenyataannya, berfokus pada lebih sedikit tujuan adalah sepenuhnya logis, persis seperti yang sering dilakukan oleh otak kita yang lebih fokus pada satu masalah. 

Tingkatkan Produktivitas dengan Aturan 5/25

Aturan 5/25 dapat diterapkan, tidak hanya dalam mencapai tujuan karier, tetapi dalam segala hal lain yang membutuhkan fokus Anda. Ini bisa berupa serangkaian tugas dalam sebuah proyek, daftar tugas yang harus diselesaikan untuk hari itu, atau bahkan daftar acara televisi yang ingin Anda tonton! Aturan 5/25 memiliki tiga langkah umum yang harus Anda ikuti.

1. Buat daftar 25 hal yang ingin Anda kerjakan
2. Dari daftar tersebut, pilih 5 teratas berdasarkan apa yang ingin Anda prioritaskan.
3. Sisihkan hal-hal lain dalam daftar dan fokuslah untuk mencapai 5 teratas yang ingin Anda prioritaskan.

Dengan lebih sedikit hal untuk dipikirkan dan disulap, Anda dapat memfokuskan energi Anda pada lebih sedikit hal dan dengan mudah melacak kemajuan Anda dalam mencapai 5 tujuan teratas Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×