kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
AKTUAL /

Aturan Minum Suplemen Vitamin C yang Benar dan Dosis Harian Berdasarkan Usia


Selasa, 20 Februari 2024 / 15:43 WIB
Aturan Minum Suplemen Vitamin C yang Benar dan Dosis Harian Berdasarkan Usia
ILUSTRASI. Ilustrasi vitamin c

Penulis: Bimo Kresnomurti

Aturan Minum Suplemen Vitamin C - JAKARTA. Simak aturan minum suplemen vitamin C yang baik untuk tubuh. Upaya untuk mendapatkan kesehatan dengan tubuh yang bugar bisa didapatkan dengan konsumsi salah satu vitamin C ini.

Vitamin C (asam askorbat) merupakan vitamin yang larut dalam air yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Ini juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Karena tubuh Anda tidak membuat atau menyimpan vitamin C, penting untuk menyertakan vitamin C dalam diet Anda.

Sebagian besar orang dapat mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan sehari-hari mereka. Sebuah jeruk atau segelas stroberi, potongan paprika merah atau brokoli sudah cukup menyediakan vitamin C sepanjang hari.

Jumlah harian yang disarankan untuk vitamin C adalah 75 miligram (mg) sehari untuk wanita dan 90 mg sehari untuk pria. Selama kehamilan, disarankan 120 mg sehari. Batas atas untuk semua orang dewasa adalah 2.000 mg sehari.

Baca Juga: Ini 5 Buah yang Baik untuk Orang Dewasa Umur 40 Tahun ke Atas

Meskipun kemungkinan besar vitamin C dari makanan tidak akan berbahaya, dosis besar suplemen vitamin C mungkin menyebabkan Diare, Mual, Muntah, Sakit maag, Kram perut, hingga Sakit kepala.

Jenis Vitamin C Terbaik untuk Penyerapan?

Vitamin C

Melansir dari IV Boost, penelitian National Center for Biotechnology Information ungkap vitamin C yang dienkapsulasi dalam liposom menawarkan penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan suplemen vitamin C oral standar.

Vitamin C yang dibungkus dalam gelembung liposom berbentuk bola kecil yang membawa bahan-bahan dengan aman dengan mengekapsulkannya.

Ini melewati sistem pencernaan dengan aman dan cepat masuk ke dalam aliran darah. Liposom kemudian menyatu dengan membran sel berbasis lemak, mentransfer isinya ke dalam sel di mana vitamin C mulai bekerja. Penyerapan maksimal dicapai melalui proses enkapsulasi liposomal dengan limbah minimum.

Saset Vitamin C yang Diencapsulasi Liposom dari Zooki menyediakan bentuk vitamin C yang paling efektif dengan cara yang paling nyaman, mengirimkan nutrisi langsung ke sel-sel Anda.

Suplemen yang mengandung 1000mg vitamin C dalam bentuk cair dan mudah larut dalam air untuk membentuk minuman yang menyegarkan. Selain itu, IV Boost menawarkan terapi vitamin C dosis tinggi melalui infus, cocok untuk orang yang ingin mengatasi kekurangan atau masalah kesehatan.

Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti gangguan ginjal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi dosis tinggi.

Kapan waktu minum vitamin C terbaik?

Karena vitamin C larut dalam air, suplemen paling baik diserap saat perut kosong. Sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari, 30 menit sebelum makan agar penyerapan optimal.

Makanan atau minuman yang dilarang dikonsumsi bersama vitamin C

Ketika mengonsumsi suplemen vitamin C, ada beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan hati-hati karena dapat memengaruhi penyerapan atau efektivitas vitamin C. Berikut adalah beberapa contoh:

  • Produk Susu: Kalsium dalam produk susu dapat bersaing dengan penyerapan vitamin C, sehingga sebaiknya hindari mengonsumsi suplemen vitamin C bersamaan dengan produk susu.
  • Kopi dan Teh: Senyawa dalam kopi dan teh, seperti tanin, dapat menghambat penyerapan vitamin C. Jika memungkinkan, hindari mengonsumsi kopi atau teh secara bersamaan dengan suplemen vitamin C.
  • Minuman Bersoda: Minuman bersoda dapat mengandung asam fosfat yang dapat merusak vitamin C. Sebaiknya hindari mengonsumsi minuman bersoda bersamaan dengan suplemen vitamin C.
  • Alkohol: Konsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu penyerapan dan metabolisme vitamin C dalam tubuh. Sebaiknya batasi konsumsi alkohol saat mengonsumsi suplemen vitamin C.
  • Makanan dan Minuman Asam: Makanan atau minuman yang sangat asam, seperti jeruk, tomat, atau saus tomat, mungkin dapat menyebabkan iritasi lambung jika dikonsumsi bersamaan dengan suplemen vitamin C. Meskipun tidak berbahaya, konsumsi bersamaan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada beberapa individu.

Dosis aturan minum suplemen vitamin C berdasarkan Usia

Berikut ini daftar rekomendasi dosis harian berdasarkan Usia suplemen vitamin C dilansir dari Healthline.

Kelompok Umur Rekomendasi Dosis per Hari
Balita umur 1–3 tahun 15 mg
Anak umur 4-8 tahun 25 mg
Anak umur 9–13 tahun 45 mg
Remaja 14–18 tahun 65-75 mg
Wanita dewasa 19 tahun ke atas 75 mg
Pria dewasa 19 tahun ke atas 90 mg
Wanita Hamil  85 mg
Ibu Menyusui 120 mg

Itulah beberapa informasi terkait aturan yang bisa Anda ketahui sebelum konsumsi vitamin C yang dilakukan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×