kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Buah yang Baik untuk Orang Dewasa Umur 40 Tahun ke Atas


Senin, 19 Februari 2024 / 20:15 WIB
Ini 5 Buah yang Baik untuk Orang Dewasa Umur 40 Tahun ke Atas
ILUSTRASI. Daftar rekomendasi buah untuk orang dewasa

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar buah yang dikonsumsi orang dewasa menuju lansia. Memasuki umur 40 tahun, tentu pemilihan makanan perlu diperhatikan dengan baik.

Langkah konsumsi buah bagi orang dewasa sangat signifikan dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Buah-buahan mengandung berbagai nutrisi esensial seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang mendukung fungsi tubuh secara optimal.

Bagi orang dewasa pertengahan, mungkin menghadapi tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab keluarga. Sehingga, konsumsi buah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat sistem kekebalan, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Konsumsi serat yang terdapat dalam buah-buahan juga berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengatur kadar gula darah, dan mendukung manajemen berat badan yang sehat.

Baca Juga: Usia Masuk 40 Tahun ke Atas, Cek 10 Makanan & Minuman Terlarang Dikonsumsi

Pepaya dan jeruk

Selain manfaat kesehatan fisik, buah-buahan juga dapat memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan mental, membantu mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, menjadikan konsumsi buah sebagai bagian rutin dari pola makan sehari-hari dapat menjadi investasi besar dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup pada tahap dewasa pertengahan.

Buah untuk umur 40 tahun ke atas

Ada beberapa rekomendasi buah yang dikonsumsi orang dewasa yang memasuki umur 40 tahun.

Berikut ini daftar buah yang layak dimasukkan ke menu Anda untuk konsumsi sehari-hari, dilansir dari laman Incredi Care.

Baca Juga: Bukan Jeruk dan Nanas, Cek 5 Buah yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

1. Buah Beri

Ini adalah kategori buah yang luas, tetapi penuh dengan manfaat kesehatan. Beri dan buah berkulit gelap lainnya, khususnya, dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Ada bukti yang semakin banyak bahwa antosianin, antioksidan yang ditemukan dalam buah beri, dapat mencegah kehilangan ingatan dan kondisi terkait penuaan lainnya, termasuk penyakit jantung dan kanker. Jika para lansia tidak menyukai buah beri, cobalah makan jeruk darah!

2. Buah Pepaya

Kandungan karotenoid seperti beta-karoten dan lutein, yang melimpah dalam pepaya, telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker dan penyakit kardiovaskular.

Oksidasi kolesterol di pembuluh darah Anda dapat meningkatkan risiko serangan jantung, itulah mengapa pepaya, ketika ditambahkan dengan vitamin C dan E, membantu meminimalkan risiko tersebut. Jika lansia tidak menyukai atau tidak dapat menemukan pepaya, mereka dapat membeli melon atau aprikot.

3. Buah Kiwi

Jatuh sakit tidak pernah menyenangkan, tetapi itu dapat memiliki dampak yang jauh-reaching saat seseorang menua. Vitamin C dan E, yang terdapat dalam kiwi, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Makanan ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit dan sakit, sehingga kiwi dapat membantu tubuh merasa lebih baik dan hidup lebih lama.

Kiwi

4. Buah Pir

Buah Pir tentu dapat menjadi makanan harus melewati (dan akhirnya keluar) dari tubuh kita dengan usaha minimum, meskipun itu bukan topik favorit semua orang. Menambahkan serat ke dalam diet Anda adalah ide cerdas, dan pir adalah sumber serat yang sangat baik. Jika Anda kekurangan serat, makanlah lebih banyak pir!

5. Buah Jeruk

Jeruk adalah sumber baik vitamin C, tetapi juga mengandung jumlah kalsium yang layak. Konsumsi suplemen kalsium dapat membantu Anda menghindari cedera serius dalam kejadian jatuh yang tidak terduga.

Dibandingkan dengan segelas susu, tidak menyediakan sebanyak kalsium, tetapi menjadi pilihan yang sangat baik jika Anda mencari opsi non-dairy.

Oleh karena itu, Anda bisa menciptakan gaya hidup sehat yang berkelanjutan, di mana buah-buahan menjadi bagian tak terpisahkan untuk mendukung kesehatan jelang hari tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×