kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bukan Digoreng, Ini 3 Cara Memasak Ikan Bagi Penderita Asam Lambung


Kamis, 28 Maret 2024 / 02:33 WIB
Bukan Digoreng, Ini 3 Cara Memasak Ikan Bagi Penderita Asam Lambung
ILUSTRASI. Jika berbicara tentang ikan, ada banyak pilihan bagus untuk dikonsumsi, bahkan jika Anda menderita asam lambung.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

IKAN UNTUK ASAM LAMBUNG - Jika berbicara tentang ikan, ada banyak pilihan bagus untuk dikonsumsi, bahkan jika Anda menderita asam lambung.

Biasanya, ikan itu sendiri baik untuk penderita asam lambung atau GERD. Akan tetapi, ketika ikan tertentu diasapi atau diawetkan, hal ini terkadang dapat membuatnya lebih asam dan bermasalah.

Ikan Terbaik untuk Asam Lambung

Ikan umumnya merupakan pilihan yang bagus jika Anda menderita asam lambung. Hal ini dikarenakan ikan itu alami dan sarat nutrisi termasuk asam lemak omega-3 yang penting. 

Semuanya dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi peradangan. 

Melansir wipeoutreflux.com, berikut adalah beberapa pilihan ikan terbaik untuk asam lambung:

1. Salmon 

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus melawan peradangan. Seringkali ketika Anda mengalami refluks asam, Anda akan mengalami peradangan di kerongkongan atau tenggorokan, dll.

Efek anti-inflamasi ini akan membantu mengurangi masalah tersebut. Salmon juga merupakan pilihan yang sangat enak berkat ikan yang lebih berlemak. 

Tapi jangan biarkan itu menjadi perhatian Anda karena ini adalah lemak yang baik dan tidak mengganggu pencernaan. 

Baca Juga: Daftar Bahan Alami yang Efektif Melumpuhkan Asam Lambung Tinggi

2. Udang 

Udang adalah pilihan bagus lainnya. Udang mudah dimasak dengan cepat dan mudah dicerna perut.

Mereka berada di sekitar pH netral 7 yang menjadikannya pilihan yang bagus jika Anda mengalami asam lambung baru-baru ini.

Baca Juga: Gejala Sakit Maag yang Kerap Diabaikan, Ketahui Pula Kapan Harus ke Dokter

3. Tuna

Tuna seperti salmon adalah ikan berlemak lainnya yang merupakan sumber omega-3 yang baik. Selain itu, ini adalah sumber vitamin D yang baik dan tentu saja protein juga. 

Ketiga faktor ini dapat membantu pencernaan dan menurunkan peradangan juga.

Hal penting yang perlu diperhatikan di sini adalah memilih tuna segar atau tuna yang telah disimpan dalam air. 

Tuna yang disimpan dalam minyak atau cairan dengan aditif akan lebih asam daripada yang disimpan dalam air saja. Jadi, yang terbaik adalah memilih tuna yang disimpan dalam air. 

4. Lobster 

Lobster bersifat basa. Lobster mengandung asam sekitar 7,3 pH. Ini sering kali berarti bahwa hanya dengan memakannya dapat menenangkan dan mengurangi efek refluks asam.

Lobster juga tinggi omega-3, vitamin dan mineral yang membantu pencernaan.

Baca Juga: Tetap Awet Muda dengan 17 Kebiasaan yang Mudah Dilakukan

5. Halibut 

Halibut lebih merupakan ikan tanpa lemak yang lebih rendah lemak dan kalori jika dibandingkan dengan ikan lain di atas. 

Ini juga merupakan sumber protein dan omega-3 yang baik. Halibut adalah pilihan yang baik karena mudah disiapkan dengan berbagai cara termasuk memanggang, memanggang, atau menumis.

Pilihan ikan bagus lainnya termasuk sarden, mahi-mahi, cod, kepiting & gurita.

Baca Juga: 6 Minuman & 5 Makanan yang Bisa Bikin Asam Lambung Tak Berkutik

Jenis Ikan yang Harus Dihindari

Jenis ikan yang harus Anda hindari bukanlah jenis ikan yang sebenarnya, melainkan bagaimana ikan tersebut disimpan atau dimasak.

Ikan asap harus dihindari jika Anda mengalami asam lambung. Asap sering membuat ikan lebih asam yang meningkatkan kemungkinan menyebabkan GERD. 

Jika Anda memiliki asam lambung yang lebih sensitif atau parah seperti GERD atau LPR, disarankan untuk menghindari ikan asap.

Jangan membeli ikan olahan atau ikan yang disimpan dalam minyak atau pengawet yang berbeda. Sekali lagi, ikan yang sudah diolah cenderung lebih asam dan sulit dicerna. 

Selain itu, saat memilih ikan seperti tuna, yang sering disimpan dalam kaleng sebaiknya pilih yang hanya disimpan di air. 

Ikan yang disimpan dalam minyak atau pengawet lain akan lebih asam dan lebih mungkin memicu atau memperburuk refluks asam.

Baca Juga: 9 Penyebab Mual Setelah Olahraga beserta Cara Mengatasinya

Cara Memasak Ikan untuk Asam Lambung

Jika Anda mengalami asam lambung, cara terbaik untuk memasak ikan adalah sebagai berikut:

1. Memanggang - Ini adalah cara yang bagus untuk memasak daging yang enak dan sehat.

2. Merebus – Merebus adalah pilihan aman yang membuat ikan lebih lembut dan lebih mudah dicerna. Pilihan yang sangat baik jika Anda mengalami refluks asam baru-baru ini.

3. Menumis – Menumis ikan dengan sedikit minyak adalah pilihan yang enak. Rahasianya di sini adalah tidak menggunakan terlalu banyak minyak karena bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Saya merekomendasikan 2-3 sendok teh minyak zaitun extra virgin per porsi ikan.

Peringatan, jangan menggoreng ikan Anda dengan banyak minyak. Menggoreng dalam-dalam seringkali merupakan sesuatu yang dapat memicu asam lambung. Itu biasanya karena jumlah minyak dan lemak yang diserap ikan yang merupakan pemicu naiknya asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×