kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bukan Kecerdasan, Ini Kualitas Terpenting Bagi Investor Menurut Warren Buffett


Minggu, 31 Maret 2024 / 02:48 WIB
Bukan Kecerdasan, Ini Kualitas Terpenting Bagi Investor Menurut Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett selama bertahun-tahun telah memberikan wawasan berharga tentang investasi. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Salah satu investor paling sukses di dunia, Warren Buffett selama bertahun-tahun telah memberikan wawasan berharga tentang investasi, cara menghadapi resesi, dan banyak lagi. 

Dia, terinspirasi oleh ayah pengusaha Howard Graham Buffett, kemudian memimpin Berkshire Hathaway, yang memiliki lebih dari 60 perusahaan. 

Buffett pernah berkata dengan terkenal, "Aturan 1: Jangan Pernah Kehilangan Uang dan Aturan 2: Jangan Pernah Lupakan Aturan 1."

Mengutip Moneycontrol.com dan Nerdwallet.com, berikut adalah enam kata-kata bijak abadi dari Warren Buffett:

1. Warren Buffet, pada rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway pada tahun 1999, ditanya bagaimana cara menghasilkan US$ 30 miliar. Sarannya? Mulailah lebih awal.

“Mulailah lebih awal,” kata Buffett, “Saya mulai membuat bola salju kecil ini di puncak sebuah bukit yang sangat panjang. Trik untuk memiliki bukit yang sangat panjang adalah dengan memulainya pada usia yang sangat muda atau hidup hingga usia yang sangat tua.” 

Buffett mengatakan bahwa jika ia memiliki US$ 10.000 untuk diinvestasikan, ia mungkin akan menaruh uangnya di perusahaan-perusahaan kecil untuk berinvestasi secara strategis. 

“Saya mungkin akan fokus pada perusahaan-perusahaan kecil karena saya akan bekerja dengan jumlah yang lebih kecil dan ada kemungkinan lebih besar bahwa ada sesuatu yang terabaikan di bidang tersebut,” katanya.

Baca Juga: Bukan Harta Melimpah, Rupanya Ini Akar Kebahagiaan Warren Buffett

2. Buffett yakin investor harus mengandalkan naluri mereka sendiri saat memilih bisnis untuk berinvestasi dan “bertindak tegas” ketika mereka menemukan peluang investasi yang bagus. 

Dia telah beberapa kali menegaskan pentingnya berinvestasi dalam bisnis yang baik, serta dana indeks. 

“Investasi terbaik menurut saya adalah bisnis yang bagus,” katanya suatu kali.

Baca Juga: Warren Buffett: Belanja Apa yang Tersisa Setelah Menabung, Bukan Sebaliknya

3. Buffett, yang terkenal sebagai Oracle of Omaha, pernah mendesak mahasiswa untuk terbuka dalam belajar dan menasihati mereka untuk menghentikan kebiasaan buruk yang mungkin tidak terlihat sampai semuanya terlambat. 

“Ada satu kebiasaan buruk yang perlu diwaspadai dan dapat merugikan diri sendiri dalam jangka panjang: kesombongan intelektual. Kebutuhan untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda berpikir Anda lebih pintar daripada mereka adalah salah satu cara untuk menggagalkan Anda dalam membangun ikatan yang kuat,” katanya. 

Dia menambahkan, “Jadilah cerdas tanpa menjadi sombong… Carilah ilmu pada mereka yang mungkin lebih tahu darimu.”

4. Ketika diminta memberi nasihat kepada orang-orang yang ingin sukses dalam bisnis, Buffet berkata: 

“Sejauh ini, investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri.” 

Dia terus menguraikan bagaimana keterampilan komunikasi adalah kuncinya. 

“Misalnya kemampuan komunikasi. Saya memberi tahu para siswa tersebut… pergi ke sekolah pascasarjana dan bisnis dan menjalankan semua rumus rumit ini dan sebagainya… Jika mereka belajar berkomunikasi dengan lebih baik – baik secara tertulis maupun secara langsung – mereka akan meningkatkan nilainya setidaknya 50 persen. Itu sangat penting. Dan jika Anda berinvestasi pada diri Anda sendiri, tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda,” katanya.

Baca Juga: Warren Buffett: Awan Gelap Ekonomi Bakal Turunkan Hujan Emas

5. Buffett juga menyarankan investor untuk fokus pada jangka panjang dan menghindari pemikiran jangka pendek. Ia percaya bahwa pasar saham akan terus naik seiring berjalannya waktu, dan investor yang mempertahankan investasinya dalam jangka panjang akan mendapatkan keuntungan. 

Untuk menguraikan hal yang sama, dia bahkan menyatakan bahwa seseorang sebaiknya "hanya membeli sesuatu yang akan dengan senang hati Anda miliki jika pasar tutup selama 10 tahun".

Baca Juga: Strategi Bisnis Warren Buffett yang Cerdas Saat Inflasi

6. Warren Buffett pernah berkata: 

"Kualitas terpenting bagi seorang investor adalah temperamen, bukan kecerdasan."   

Adalah normal dan berguna untuk menebak-nebak rencana "tahan selamanya" ketika keadaan berubah. Tentu saja, akan ada saat-saat ketika Anda harus menjatuhkan saham yang Anda pikir adalah penjaga.   

Perbedaan yang harus Anda buat adalah apakah keadaan telah berubah secara permanen atau sementara. Dan itu lebih mudah dilakukan ketika Anda dapat menganalisis apa yang terjadi dengan tenang dan rasional.    

Jika Anda membiarkan emosi Anda mengambil alih, mereka dapat meyakinkan Anda untuk membatalkan rencana, memotong kerugian, atau mengambil tindakan dramatis lainnya yang pasti akan mengurangi keuntungan jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×