kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bukan Kehilangan Uang, Warren Buffett Akan Berlaku Kejam Jika Kehilangan Ini


Selasa, 28 November 2023 / 07:58 WIB
Bukan Kehilangan Uang, Warren Buffett Akan Berlaku Kejam Jika Kehilangan Ini
ILUSTRASI. Warren Buffett berhasil membangun dan mempertahankan salah satu reputasi terkuat di dunia bisnis. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett, Pimpinan dan CEO Berkshire Hathaway, berhasil membangun dan mempertahankan salah satu reputasi terkuat di dunia bisnis.

Yang lebih mencengangkan lagi adalah sebagian besar perusahaan yang dimiliki oleh Berkshire Hathaway memiliki reputasi yang luar biasa. Warren Buffett mempertaruhkan reputasinya sendiri melalui keputusan yang dibuat oleh para manajer yang menjalankan perusahaannya.

Inilah sebabnya mengapa salah satu ukuran kesuksesan tertinggi Warren Buffett adalah reputasi. Menurutnya, ini adalah aset tak ternilai yang harus dijaga setiap hari. 

Melansir Inc.com, untuk memperkuat poin ini, pertimbangkan dua kutipan terkenal yang dikaitkan dengan Warren Buffett sebagai berikut:

"Dibutuhkan 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk menghancurkannya. Jika Anda memikirkannya, Anda akan melakukan hal yang berbeda."

Dan ini:

"Kehilangan uang untuk firma, dan saya akan mengerti. Kehilangan sedikit pun reputasi firma, dan saya akan kejam."

Baca Juga: Warren Buffett: Mereka baca Playboy, saya baca laporan keuangan

Landasan untuk reputasi yang kuat

Lantas, apa inti dari mempertahankan reputasi yang baik? Jawabannya adalah tidak mempertaruhkan integritas Anda. 

Pernyataan dari Warren Buffett ini adalah tentang memastikan bahwa Anda tetap setia pada diri sendiri, nilai-nilai Anda, bahkan ketika menghadapi situasi yang menantang dan penuh tekanan. 

Bisnis penuh dengan keputusan sulit, jadi sangat penting untuk menjalankan pembicaraan tentang integritas di saat-saat yang kritis. Dia menekankan pada nilai integritas.

Menurut Warren Buffett, kita akan menemukan bahwa orang yang bekerja dengan karakter dan integritas dapat dipercaya, sehingga tidak perlu khawatir tentang tindakan mereka, atau apakah mereka menyembunyikan sesuatu dari siapa pun. 

Baca Juga: Kata Warren Buffett soal ketidakmampuan investor belajar sejarah terkait pasar saham

Mengutip Yahoo News, seorang pemimpin dengan karakter membawa lebih banyak kebenaran dan pencerita kebenaran ke dalam bisnis, yang membuatnya sangat menarik bagi mereka yang mencari merek yang jujur. Budaya integritas dan kejujuran membedakan dirinya dari yang lain dan merupakan inti dan esensi dari setiap perusahaan besar.

Warren Buffett sudah lama belajar tentang keunggulan kompetitif yang berasal dari integritas yang memandu keputusan bisnis dan melindungi reputasinya. Dan itu dimulai dengan siapa yang Anda pekerjakan.

Buffett menyarankan para pemimpin untuk menimbang integritas di atas semua sifat ketika menilai kandidat pekerjaan selama proses wawancara. Inilah nasihat abadi Waren Buffett:

"Kami mencari tiga hal ketika kami mempekerjakan orang. Kami mencari kecerdasan, kami mencari inisiatif atau energi, dan kami mencari integritas. Dan jika mereka tidak memiliki yang terakhir, dua yang pertama akan membunuh Anda, karena jika Anda ingin mendapatkan seseorang tanpa integritas, Anda ingin mereka malas dan bodoh."

Sebagai penutup, kutipan lain Warren Buffett ini juga layak disimak. Yakni, perlakukan kepemimpinan dan praktik bisnis Anda sebagai cerminan diri Anda, dan itu berarti menjaga reputasi Anda dengan segala cara. 

Bersikaplah penuh perhatian dan respek terhadap bagaimana keputusan Anda memengaruhi orang lain dan rangkul setiap kesempatan untuk menambah nilai bagi mereka yang Anda layani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×