kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Warren Buffett: Awan Gelap Ekonomi Bakal Turunkan Hujan Emas, Siapkan Ember Besar


Senin, 27 November 2023 / 07:58 WIB
Warren Buffett: Awan Gelap Ekonomi Bakal Turunkan Hujan Emas, Siapkan Ember Besar
ILUSTRASI. Warren Buffett terkenal dengan nasihat investasinya yang tak lekang dimakan waktu. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett terkenal dengan nasihat investasinya yang tak lekang dimakan waktu. 

Ada satu nasihat yang paling banyak dikutip dari Warren Buffett. Nasihat itu berbunyi: "takutlah ketika orang lain serakah dan rakus hanya ketika orang lain takut." 

Warren Buffett juga kerap menyinggung hal tersebut di beberapa kesempatan. Salah satunya dalam surat tahunan untuk pemegang saham Berkshire Hathaway beberapa tahun silam.

“Charlie [Munger] dan saya tidak memiliki rencana ajaib untuk menambah penghasilan kecuali untuk bermimpi besar dan bersiap secara mental dan finansial untuk bertindak cepat ketika peluang muncul dengan sendirinya,” tulisnya seperti yang dikutip dari Economic Times.

Dia menambahkan, “Setiap dekade atau lebih, awan gelap akan memenuhi langit ekonomi, dan sebentar lagi akan menurunkan hujan emas. Ketika hujan seperti itu terjadi, sangat penting bagi kita untuk bergegas keluar membawa ember besar, bukan sendok teh. Dan itu akan kami lakukan."

Kemudian dalam surat itu pula, Warren Buffett merinci garis pemikirannya itu dalam istilah yang lebih luas. 

Baca Juga: Ini Wasiat Warren Buffett Soal Harta Setelah Kematiannya

“Bisnis Amerika - dan akibatnya sekeranjang saham - hampir pasti bernilai jauh lebih banyak di tahun-tahun mendatang. Inovasi, peningkatan produktivitas, semangat kewirausahaan, dan modal yang melimpah akan memastikan hal itu. Namun demikian, banyak perusahaan, tentu saja, akan tertinggal, dan beberapa akan gagal. Selain itu, tahun-tahun mendatang kadang-kadang akan menyebabkan penurunan pasar besar -bahkan kepanikan- yang akan mempengaruhi hampir semua saham," paparnya.

Dia menambahkan, selama periode menakutkan seperti itu, investor tidak boleh melupakan dua hal. 

1. Ketakutan yang meluas adalah teman baik Anda sebagai investor, karena melayani pembelian dengan harga murah. 

2. Ketakutan pribadi adalah musuh Anda. Itu juga tidak akan beralasan. 

Gurufocus.com memberitakan, Warren Buffett bahkan memiliki strategi khusus saat menghadapi pasar bearish. Pasar bearish atau menurun biasanya digambarkan sebagai situasi yang buruk bagi investor. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari, Yuk Lakukan Secara Rutin Agar Produktif!

Saat kondisi pasar bearish, biasanya harga saham turun drastis, seringkali dalam rentang waktu yang singkat, dan menyebabkan kerugian bagi pemegang saham.

Menurut Warren Buffett, pasar bearish juga bisa menjadi hal yang baik bagi banyak investor. Siapa pun yang merupakan pembeli bersih saham, yang berarti mereka berencana untuk membeli saham dengan nilai moneter yang lebih besar daripada yang mereka jual, dapat membeli perusahaan berkualitas tinggi dengan harga lebih murah daripada yang dapat mereka lakukan selama pasar bullish sebelumnya. 

Dan karena tujuan semua investor adalah membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga lebih tinggi, pasar bearish memberikan kesempatan untuk memenuhi setidaknya bagian pertama dari tujuan itu. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki Kritik Keras Warren Buffett Soal Emas, Ini Katanya

Setiap pasar bearish sebelumnya telah diikuti oleh pasar bullish. Terkadang, butuh waktu bertahun-tahun bagi pasar saham untuk pulih dari pasar bearish. Sementara di lain waktu bisa menjadi periode yang jauh lebih singkat. Poin ini sebelumnya telah disorot oleh Warren Buffett. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×