kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mencegah Perut Buncit, Cek Senam & Olahraga Lain untuk Mengecilkan Perut Buncit


Kamis, 29 Februari 2024 / 06:01 WIB
Cara Mencegah Perut Buncit, Cek Senam & Olahraga Lain untuk Mengecilkan Perut Buncit
ILUSTRASI. Cara Mencegah Perut Buncit, Cek Senam & Olahraga Lain untuk Mengecilkan Perut Buncit

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Senam Mengecilkan Perut Buncit - Jakarta. Kenali cara mencegah perut buncit. Namun jika perut terlanjut buncir, lakukan senam dan olahraga lain untuk mengecilkan perut buncit.

Perut buncit bisa terjadi pada semua orang, baik pria maupun wanita. Padahal, perut buncit bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dll.

Merujuk website resmi Kementerian Kesehatan perut buncit terjadi ketika lingkar perut melebihi batas aman, yakni: pria: 80 cm, dan wanita: 90 cm. Umumnya, perut buncit disebabkan oleh timbunan lemak visceral.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah perut buncit?

Diberitakan Kompas.com, Healthline dan WebMD menyatakan cara mencegah perut buncit dapat dilakukan dengan menghindari sejumlah hal.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari untuk mencegah perut buncit:

  • Tidak fokus saat makan

Tidak fokus saat makan, seperti sembari menonton televisi dan bermain gawai, dapat membuat Anda tidak dapat menikmati makanan. Kebiasaan ini meningkatkan kecenderungan untuk makan secara berlebihan dan jadi penyebab perut buncit.

  • Makan terlalu cepat

Tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memberikan sinyal kenyang kepada otak. Makan terlalu cepat akan membuat Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kalori dan berat badan akan bertambah.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

  • Kurang tidur

Tidur kurang dari lima jam setiap malam sudah terbukti dapat meningkatkan risiko perut buncit dibandingkan pada orang-orang yang mendapatkan tidur cukup, atau setidaknya selama tujuh jam. Untuk menurunkan risiko perut buncit, Anda diimbau untuk meningkatkan kualitas tidur setiap malam.

  • Makan terlalu larut

Makan terlalu malam dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Semakin larut, maka akan semakin sedikit jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh dan sisanya akan disimpan sebagai lemak di perut.

  • Makan roti tawar

Roti tawar dan makanan olahan lainnya memiliki kandungan serat yang lebih sedikit sehingga tubuh akan mencernanya dengan lebih cepat. Konsumsi makanan ini juga akan meningkatkan kadar gula darah dan memicu peningkatan berat badan.

  • Minum diet soda

Diet soda dianggap aman untuk kesehatan karena tidak akan meningkatkan jumlah kalori yang di dalam tubuh dan mencegah peningkatan berat badan. Padahal, kandungan pemanis aspartam pada diet soda sebenarnya dapat meningkatkan jumlah lemak di dalam perut dan memicu perut buncit.

  • Melewatkan waktu makan

Melewatkan waktu makan justru dapat meningkatkan berat badan dan memicu penumpukan lemak di perut. Melewatkan waktu makan juga akan menurunkan kecepatan metabolisme tubuh sehingga Anda cenderung akan makan lebih banyak dan cepat lapar.

  • Makan makanan rendah lemak

Makanan rendah lemak kerap memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan trigliserida, sensitivitas insulin, dan penumpukan lemak di perut.

  • Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan karena juga dapat meningkatkan risiko perut buncit. Semakin banyak rokok yang dihisap, maka akan semakin banyak lemak yang disimpan di dalam perut.

  • Makan dengan porsi besar

Makan dengan porsi besar dapat membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa makan menggunakan piring yang lebih kecil sehingga otak akan mengira bahwa makanan yang dikonsumsi lebih banyak.

  • Jarang berolahraga

Jarang berolahraga tidak hanya menurunkan kesehatan secara umum, tetapi juga akan memicu penumpukan lemak di perut. Untuk mencegah perut buncit, Anda diimbau untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap lima kali seminggu, atau dengan total 150 menit seminggu.

  • Merasa stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Peningkatan hormon kortisol ini juga akan memicu peningkatan berat badan, termasuk penumpukan lemak di perut.

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Olahraga adalah salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit dan membakar kalori. Lalu olahraga apa yang efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut buncit?

Dilansir dari Kompas.com, berikut daftar olahraga dan jumlah kalori yang terbakar:

  • Berenang

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga aerobik yang mampu banyak membakar kalori. Melakukan olahraga ini dalam waktu 30 menit dapat membakar kalori sekitar 198 hingga 294 kalori.

Baca Juga: Inilah Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Pagi

  • Bersepeda

Bersepeda juga bisa dijadikan olahraga aerobik yang tepat bagi orang yang inginkan menurunkan berat badan. Dengan bersepeda 30 menit, Anda dapat membakar kalori sekitar 200 hingga 300 kalori.

  • Senam

Jika Anda lebih menyukai olahraga tim yang dilakukan dengan banyak orang dengan alunan musik yang membuat Anda lebih bersemangat, maka senam aerobik seperti zumba bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengecilkan perut buncit. Dengan senam aerobik 30 menit, Anda dapat membakar sebanyak 180 hingga 270 kalori.

  • Kickboxing

Jenis olahraga ini merupakan jenis olahraga yang menggabungkan berbagai metode ilmu bela diri. Dengan melakukan kickboxing selama 30 menit, Anda dapat membakar sekitar 240 hingga 350 kalori.

  • HIIT

HIIT atau High Intensity Interval Training merupakan olahraga aerobik yang cukup populer saat ini. Olahraga ini termasuk olahraga intensitas berat yang dilakukan dengan waktu singkat. Dengan melakukan olahraga ini selama 30 menit, Anda bisa membakar kalori sebanyak 257 kalori.

Itulah cara mencegah perut buncit dan sejumlah olahraga untuk mengecilkan perut yang terlanjur buncit.

Selanjutnya: 5 Drama Korea Bona WJSN, Pemeran Utama di Drakor Pyramid Game

Menarik Dibaca: 5 Drama Korea Bona WJSN, Pemeran Utama di Drakor Pyramid Game

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×