kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,86   -1,01   -0.10%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Minggu, 10 Desember 2023 / 15:05 WIB
Catat 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Catat 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut untuk Kesehatan yang Menakjubkan. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc/18.

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan jantung. Jenis ikan ini mudah ditemui di Indonesia karena bisa berkembang biak di wilayah persawahan.

Ikan belut adalah jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping, serta kulit yang licin dan berlendir.

Ikan ini termasuk dalam kelompok ikan anguilliformes dan sering ditemui di perairan air tawar, sungai, dan rawa-rawa di berbagai belahan dunia.

Khasiat kesehatan ikan belut telah dikaitkan dengan kandungan nutrisi tertentu. Namun, penting untuk diingat bahwa penelitian ilmiah yang berkaitan dengan manfaat kesehatan ikan belut masih terbatas dan tidak semuanya telah terbukti dengan pasti.

Baca Juga: 7 Makanan Penambah Darah Alami untuk Naikkan HB dan Cegah Anemia

Catat 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi ikan belut atau produk berbahan dasar ikan belut:

  • Alergi: Beberapa orang mungkin alergi terhadap ikan, termasuk ikan belut. Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap ikan, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan belut.
  • Kontaminasi Lingkungan: Beberapa perairan di mana ikan belut hidup mungkin terkontaminasi oleh polutan atau bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk memilih ikan yang berasal dari sumber yang aman dan terhindar dari kontaminasi.
  • Persiapan Makanan yang Aman: Pastikan ikan belut dimasak dengan benar untuk menghindari risiko infeksi bakteri atau parasit.

Manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan

Tercatat, ada beberapa penelitian mengenai konsumsi ikan belut yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Selain itu, ikan belut mengandung banyak vitamin seperti ikan laut pada umumnya. Sehingga, dapat dipercaya sebagai makanan pemenuhan gizi penting.

Untuk itu, beberapa manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan berikut ini dilansir dari Andra Farm.

1. Sumber Protein

Ikan belut menjadi penyedia protein yang esensial untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk otot dan kulit. Konsumsi ikan ini juga tentu baik bagi Anda yang sedang dalam program pembentukan massa otot.

2. Kandungan Asam Lemak Omega-3

Kandungan nutrisi Omega-3, jenis asam lemak tak jenuh, hadir dalam ikan berlemak, meskipun jumlahnya tidak sebanyak ikan laut. Meski demikian, ikan belut tetap mengandung sejumlah kecil omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

3. Sumber Mikronutrien

Ikan belut juga mengandung beragam mikronutrien seperti vitamin B kompleks (termasuk B12 dan B6), vitamin A, vitamin E, serta mineral seperti fosfor.

Zat gizi mikro esensial ini menjadi zat gizi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Sehingga, asupan dari belut ini bisa menjadi pemasok kebutuhan ini.

4. Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan belut dapat mendukung kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, omega-3 juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan serta mempengaruhi tekanan darah dan kadar kolesterol.

5. Kesehatan Otak

Kandungan Tembaga dan kalsium dalam ikan belut berkontribusi pada kesehatan otak dengan meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu, kandungan niasin juga berperan dalam mendukung kesehatan saraf.

Dalam mengolah ikan belut, pilihan hidangan yang sederhana seperti digoreng atau ditumis bersama dengan berbagai sayuran dapat menjadi pilihan. Penting untuk diingat, sebelum membuat perubahan pada pola makan, terutama dengan menambahkan makanan seperti ikan belut.

Demikian beberapa informasi terkait sederet manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan jantung hingga otak.

Selanjutnya: 4 Alasan Memilih Produk Skincare Ukuran Kecil, Hemat Uang!

Menarik Dibaca: 4 Alasan Memilih Produk Skincare Ukuran Kecil, Hemat Uang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×