kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi untuk Kesehatan Tubuh


Kamis, 04 April 2024 / 14:42 WIB
Catat 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Mangga tinggi vitamin C

Penulis: Bimo Kresnomurti

Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi  - JAKARTA. Catat beberapa buah yang mengandung vitamin C tinggi selain jeruk. Konsumsi vitamin dari sumber alami seperti buah sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan gizi tubuh.

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, merupakan vitamin larut dalam air yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Kekebalan Tubuh: Vitamin C memiliki peran krusial dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Antioksidan: Sebagai antioksidan, vitamin C melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat memicu penuaan dini dan penyakit kronis.

Baca Juga: Selain Turunkan Asam Urat dan Kolesterol, Ini 9 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Jambu biji

Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen, protein yang membentuk struktur kulit, tulang, gigi, dan jaringan ikat. Kolagen membantu menjaga kulit tetap sehat, elastis, dan mencegah munculnya keriput.

Vitamin ini meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (zat besi dari sumber tumbuhan) dari makanan. Ini sangat bermanfaat bagi orang yang mengikuti diet vegetarian atau vegan.

Vitamin C membantu mencegah masalah gusi seperti pendarahan gusi, pembengkakan gusi, dan penyakit gusi lainnya.

Sebagai catatan, nilai harian (DV) untuk setiap makanan didasarkan pada konsumsi 90mg vitamin C per hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Catat Ya!

Buah yang mengandung vitamin C 

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, sertakan beberapa makanan sehat berikut dalam diet Anda. Periksa daftar buah yang mengandung vitamin C tinggi selain buah Jeruk dilansir dari Health.com.

1. Stroberi

Stroberi mengandung sekitar 98 mg vitamin C per potongan, dengan nilai harian sebesar 108,89%. Buah ini juga merupakan sumber antioksidan dan mineral seperti potasium dan kalsium.

2. Mangga

Mangga mengandung sekitar 60,1 mg vitamin C per potongan, sedangkan satu buah utuh mengandung sekitar 122 mg. Mangga juga kaya akan beta-karoten dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan mata.

3. Buah Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C sebesar 134 mg. Selain itu, kiwi juga memiliki manfaat lain seperti sifat antikanker, antidiabetes, dan antiinflamasi.

4. Pepaya

Pepaya mengandung sekitar 88 mg vitamin C per porsi, dengan versi kecil dari buah utuh bisa mengandung hingga 95,6 mg. Selain itu, pepaya juga memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan dapat membantu penyembuhan luka.

5. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C, dengan nilai harian sebesar 417%. Jambu biji memiliki sekitar 376 mg vitamin C per porsi. Selain itu, seluruh bagian dari tanaman jambu biji dapat memiliki manfaat untuk kondisi seperti diabetes, tekanan darah, dan peradangan.

6. Nanas

Nanas mengandung sekitar 78,9 mg vitamin C per secangkir. Penelitian juga menunjukkan bahwa nanas memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu melancarkan pencernaan dan memiliki sifat antikanker, antidiabetes, dan antihipertensi.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan tubuh dan dapat diperoleh melalui makanan seimbang atau suplemen. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C.

Demikian informasi terkait buah yang memiliki vitamin C tinggi selain jeruk yang praktis untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×