kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C yang Perlu Diwaspadai


Sabtu, 27 Januari 2024 / 16:05 WIB
7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Kulit memar menjadi tanda tubuh kekurangan Vitamin C yang perlu diwaspadai

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin C yang harus diidentifikasi. Tubuh memerlukan sejumlah vitamin dan mineral beragam untuk menjaga sel dan menjaga kesehatan organ.

Individu yang kekurangan vitamin C mungkin mengalami gejala tertentu. Vitamin C tidak diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, sehingga penting untuk mendapatkan asupan yang cukup melalui makanan.

Walaupun vitamin C umumnya diperoleh dari buah-buahan dan sayuran, nutrisi ini juga dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan.

Meskipun sebagian besar orang mendapatkan cukup vitamin C melalui pola makan sehari-hari, namun ada beberapa yang mungkin mengalami kekurangan vitamin C.

Baca Juga: 5 Vitamin untuk Meluruhkan Kristal di Sendi Akibat Asam Urat

Alasan vitamin C penting

Vitamin C, atau asam askorbat, adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam berbagai fungsi dan proses fisiologis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa vitamin C penting untuk tubuh:

  • Sistem kekebalan tubuh: Vitamin C mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
  • Antioksidan: Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk penuaan dini dan penyakit kronis.
  • Pembentukan kolagen: Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen, suatu protein yang diperlukan untuk struktur kulit, tulang, pembuluh darah, dan jaringan ikat. Kolagen membantu menjaga kekencangan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan memelihara kekuatan tulang.
  • Penyerapan zat besi: Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber nabati. Ini membantu mencegah atau mengatasi anemia karena defisiensi zat besi.
  • Fungsi saraf dan otak: Vitamin C terlibat dalam sintesis neurotransmitter seperti norepinefrin, yang memainkan peran penting dalam fungsi saraf dan otak. Kekurangan vitamin C dapat mempengaruhi kesehatan saraf dan kognisi.
  • Perlindungan terhadap penyakit jantung: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan yang memadai vitamin C dapat berkontribusi pada kesehatan jantung. Antioksidan dalam vitamin C dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Regenerasi vitamin E: Vitamin C membantu meregenerasi vitamin E, yang juga merupakan antioksidan. Ini meningkatkan efisiensi antioksidan dalam tubuh.

Tanda tubuh kekurangan vitamin C 

Sumber Vitamin C dari makanan

Dibutuhkan sekitar dua hingga tiga bulan karena mengonsumsi terlalu sedikit vitamin C hingga menjadi kekurangan.

Apabila Anda menalami gejala kekurangan vitamin C, Anda mungkin memerlukan perawatan dari penyedia layanan kesehatan Anda.

Dokter dapat membantu mengetahui berapa banyak vitamin C yang Anda butuhkan dan apakah memerlukan perawatan lain untuk gejala yang Anda alami.

Intip beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin C yang wajib Anda kenali dilansir dari laman Health.

Baca Juga: Apa Arti Vitamin dan Fungsinya? Ini Jenis dan Contoh Vitamin

1. Kelelahan yang Mudah

Kekurangan vitamin C dapat menunjukkan dirinya melalui gejala kelelahan yang mudah. Kelelahan ini bisa dianggap sebagai indikator awal kekurangan vitamin C, meskipun dapat juga menjadi tanda dari berbagai masalah kesehatan lainnya. Biasanya, kelelahan akibat kekurangan vitamin C akan disertai dengan perasaan lemas dan nyeri otot.

2. Hilangnya Selera Makan

Kehilangan nafsu makan adalah gejala umum kekurangan vitamin C, seringkali terkait dengan perasaan tidak enak badan seperti mual dan gejala mirip flu. Kekurangan vitamin C dapat menghambat penyerapan zat besi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kekurangan zat besi dan memperburuk gejala tersebut.

3. Mudah Marah

Ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin C, mereka mungkin menjadi lebih mudah tersinggung daripada biasanya. Iritabilitas ini bisa disebabkan oleh rasa tidak enak badan secara keseluruhan atau mungkin merupakan efek dari gejala lain seperti anemia.

4. Munculnya Memar pada Kulit

Orang yang kekurangan vitamin C umumnya akan mengalami berbagai masalah kulit. Hal ini karena vitamin C berperan dalam pembuatan kolagen, suatu protein yang esensial untuk pembentukan kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

Gejala kulit yang umum terjadi meliputi munculnya bercak ungu di bawah kulit, yang dikenal sebagai purpura, yang merupakan salah satu tanda penyakit kudis. Selain itu, kondisi kulit lainnya dapat mencakup ruam dan bintik-bintik kecil seperti darah di bawah kulit (petechiae) serta memar.

Kesehatan kuku

5. Penampilan Kuku yang berbeda

Kondisi tubuh kekurangan vitamin C tidak hanya mempengaruhi kulit dan rambut Anda, tetapi kuku. Kuku Anda mungkin tampak berdarah, mirip dengan kulit Anda.

Penampilan kuku akan berubah mungkin juga mengalami kelainan bentuk di mana bagian tengah kuku menjorok ke dalam dan ujung kuku terangkat.

6. Nyeri sendi

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerapuhan kapiler (pembuluh darah), yang berkontribusi terhadap gejala kulit dan rambut yang disebutkan di atas.

Kerapuhan kapiler dapat terjadi pada persendian sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak, biasanya pada kaki. Berdiri dalam waktu lama dapat memperburuk pembengkakan kaki akibat tarikan gravitasi.

Selain itu, salah satu peran vitamin C adalah memperbaiki dan memelihara tulang dan tulang rawan.

7. Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan peradangan pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Gingivitis dapat menyebabkan gusi Anda berdarah, bengkak, atau tampak merah atau ungu.

Kondisi lain dari kekurangan vitamin C adalah Gusi berdarah adalah salah satu gejala kekurangan vitamin C yang paling umum.

Kekurangan vitamin C tahap akhir bisa mengancam jiwa. Waspadai gejala parah yang dapat meliputi pembengkakan parah, kondisi kulit dan mata menguning, hingga kejang.

Anda bisa konsumsi buah dan makanan mengandung vitamin C dalam porsi normal secara rutin.

Makanan yang kaya vitamin C

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan vitamin C:

Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem kekebalan. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C:

  1. Jeruk dan Jeruk Nipis: Buah jeruk, seperti jeruk manis, jeruk bali, atau jeruk nipis, mengandung vitamin C yang tinggi. Segelas jus jeruk segar atau memakan buah jeruk secara langsung bisa memberikan asupan vitamin C yang baik.
  2. Strawberry: Buah strawberry mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Anda bisa menambahkan strawberry dalam salad, smoothie, atau mengonsumsinya sebagai camilan sehat.
  3. Kiwi: Buah kiwi kaya akan vitamin C dan serat. Satu buah kiwi memberikan asupan vitamin C yang signifikan.
  4. Paprika: Paprika, terutama yang berwarna merah, memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tambahkan paprika dalam salad atau sebagai camilan untuk mendapatkan manfaatnya.
  5. Brokoli: Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin C, serat, dan nutrisi penting lainnya. Rebus atau kukus brokoli untuk mempertahankan kandungan nutrisinya.
  6. Buah Markisa (Passion Fruit): Markisa adalah buah eksotis yang kaya akan vitamin C. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau menambahkannya dalam yogurt atau smoothie.

Pastikan Anda mewaspadai gejala yang muncul pada tubuh Anda, sehingga Anda bisa memperbaiki pola makan untuk memenuhi kebutuhan vitamin c.

Itulah penjelasan terkait kondisi lewat tanda tubuh kekurangan vitamin C yang perlu patut diwaspadai.

Selanjutnya: Arsjad Rasjid Menjual 756 Juta Sahamnya di Red Planet indonesia

Menarik Dibaca: Jawa Tengah & Timur Waspada Bencana, Cek Peringatan Dini Cuaca Besok Hujan Deras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×