kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 6 Jus Buah untuk Mengatasi Darah Rendah yang Praktis Dibuat


Jumat, 19 April 2024 / 14:24 WIB
Catat 6 Jus Buah untuk Mengatasi Darah Rendah yang Praktis Dibuat
ILUSTRASI. Buah bit

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip rekomendasi jus buah untuk mengatasi tekanan darah rendah yang dapat disiapkan sendiri. Terdapat beragam buah yang dapat dikonsumsi oleh individu dengan tekanan darah rendah untuk mengembalikan keadaan normal.

Tekanan darah rendah, atau yang dikenal sebagai hipotensi, merupakan kondisi di mana tekanan darah dalam arteri lebih rendah dari batas normal.

Tekanan darah normal biasanya sekitar 120/80 mmHg, dengan angka pertama (sistolik) mengukur tekanan saat jantung berkontraksi dan angka kedua (diastolik) mengukur tekanan saat jantung beristirahat antara kontraksi.

Tekanan darah dianggap rendah jika angka sistolik di bawah 90 mmHg dan angka diastolik di bawah 60 mmHg.

Penyebab tekanan darah rendah dapat beragam dan termasuk dehidrasi, perubahan postur, reaksi alergi atau infeksi, hingga masalah jantung.

Baca Juga: Cek, 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Nutrisi untuk mengatasi tekanan darah rendah

Gula darah rendah

Berikut ini beberapa nutrisi untuk tekanan darah rendah:

  • Pastikan asupan cairan yang cukup: Minumlah cairan yang cukup, terutama air, untuk mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk tekanan darah rendah. Minuman herbal, teh tanpa kafein, dan jus buah segar adalah opsi yang baik.
  • Elektrolit: Kadang-kadang, penderita tekanan darah rendah perlu meningkatkan asupan elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium. Makanan yang mengandung natrium, seperti makanan asin, dapat membantu meningkatkan tekanan darah dalam situasi tertentu. Buah-buahan dan sayuran kaya kalium, serta makanan mengandung magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan dark chocolate, juga dapat membantu.
  • Makanan kaya zat besi: Anemia atau kekurangan zat besi dapat memperburuk tekanan darah rendah. Makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah, hati, kuning telur, dan sayuran berdaun hijau, adalah opsi yang baik.
  • Kafein: Kafein dalam jumlah moderat dapat membantu meningkatkan tekanan darah secara sementara. Minuman seperti kopi atau teh hitam dapat memberikan dorongan sementara. Namun, konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu tidur dan meningkatkan kecemasan, yang perlu dihindari.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Darah Secara Alami

Jus sehat untuk darah rendah

Apabila Anda memiliki penyakit tekanan darah rendah yang bisa timbul atau kambuh secara berulang ada beberapa nutrisi dari jus yang wajib Anda ketahui.

Berikut ini deretan jus buah dan sayur yang dapat mengatasi tekanan darah rendah, dirangkum dari laman Healthline.

1. Jus Buah Beri

Seperti halnya buah delima, buah beri terutama blueberry terkenal akan sifat antioksidannya. Penelitian pada tahun 2020 melaporkan bahwa minum jus cranberry atau ceri dapat meningkatkan tekanan darah.

Penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2016 juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah beri dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan kadar kolesterol LDL.

Dari kedua tinjauan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan besar memberikan manfaat kesehatan kardiovaskular.

2. Jus Bit

Buah sayuran berwarna-warni dan rendah kalori ini tak hanya mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga bisa membantu mengurangi tekanan darah Anda.

Sebuah studi percobaan acak pada tahun 2016 menemukan bahwa jus bit, baik yang masih mentah maupun yang telah matang, dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, jus bit mentah ternyata memiliki dampak yang lebih signifikan pada penurunan tekanan darah.

Bit mengandung nitrat makanan, sebuah senyawa yang diketahui memiliki efek menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah tinjauan pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa manfaat ini lebih besar daripada sekadar efek nitrat itu sendiri.

3. Jus Tomat

Bukti semakin banyak menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2019, peneliti Jepang mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari pada partisipan dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kadar kolesterol LDL. Penelitian terbaru juga melaporkan hasil serupa pada penderita hipertensi stadium 1 dan wanita hamil.

Untuk menghindari asupan natrium yang tidak diperlukan, yang dapat berdampak buruk pada tekanan darah Anda, pastikan untuk membeli jus tomat yang tanpa tambahan garam.

4. Jus Delima

Buah delima tak hanya kaya akan nutrisi seperti folat dan vitamin C, tetapi juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa jus delima dapat menjadi bagian dari pola makan yang mendukung kesehatan jantung.

Tinjauan literatur pada tahun 2017 terhadap delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Efek pada tekanan darah sistolik ternyata tidak bergantung pada durasi konsumsi jus delima atau jumlahnya.

5. Jus Buah Anggur atau Kismis Kering

Anda dapat mencoba jus dari kismis atau olahan anggur kering yang dicampur dengan susu atau buah lainnya.

Ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet penderita hipotensi. Kismis kaya akan potasium dan antioksidan sehingga ideal sebagai jus untuk mengatasi tekanan darah rendah.

6. Jus Sayur Hijau

Sayuran berdaun hijau termasuk dalam kelompok sayuran silangan, seperti brokoli, bayam, kangkung, selada, kembang kol, dan kubis. Sayuran ini merupakan sumber zat besi, folat, dan air.

Anda bisa mencampurkan sayuran ini dengan buah pilihan Anda dalam resep jus untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum melakukan perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis lain atau sedang minum obat. 

Dari panduan di atas, terdapat rekomendasi jus untuk mengatasi tekanan darah rendah yang mudah dibuat sesuai selera Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×