kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Makanan untuk Meredakan Stres dan Lelah Berlebihan


Senin, 15 April 2024 / 15:26 WIB
Catat 7 Makanan untuk Meredakan Stres dan Lelah Berlebihan
ILUSTRASI. Asparagus

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Makanan yang bisa membantu mengurangi stres dan kelelahan berlebihan. Konsumsi makanan telah diketahui dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang, termasuk tingkat stres.

Stres adalah respons tubuh terhadap tekanan fisik, emosional, atau mental yang dapat berdampak pada kesejahteraan dan kesehatan seseorang.

Kondisi stres dapat muncul sebagai reaksi terhadap berbagai situasi, termasuk tekanan di tempat kerja, masalah keuangan, konflik personal, atau perubahan signifikan dalam kehidupan.

Ketika seseorang merasa stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang dapat memengaruhi berbagai aspek kesehatan.

Baca Juga: Gak Usah Ragu! Ini 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Makanan yang meredakan stres dan lelah

Ilustrasi kesehatan

Meskipun makanan tidak dapat sepenuhnya menggantikan strategi pengelolaan stres seperti olahraga, meditasi, dan dukungan sosial, namun beberapa makanan telah terbukti membantu mengurangi dampak stres dan meningkatkan perasaan kenyamanan menurut penelitian.

Jadi, Anda tidak perlu bingung tentang makanan apa yang harus dikonsumsi, karena daftar makanan berikut ini mudah ditemui.

Catat rekomendasi makanan yang meredakan stres dan lelah, dirangkum lewat laman Allina Health.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Buah Naga yang Meredakan Efek Kulit Terbakar Matahari

1. Ikan Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak ini membantu mengatur hormon stres kortisol dan adrenalin, serta melindungi tubuh dari penyakit jantung, stroke, dan depresi.

Selain ikan, biji rami, kenari, dan bayam juga merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3.

2. Asparagus

Bukan kaya akan zat besi, Asparagus juga mengandung tingkat folat yang tinggi, salah satu jenis vitamin B. Asparagus dapat membantu menstabilkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi serta kecemasan.

Sayuran serbaguna ini dapat disantap dalam berbagai cara, baik segar, dipanggang, dikukus, ditumis, atau dipanggang dengan minyak zaitun.

3. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry kaya akan antioksidan dan serat. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah beri menjadi makanan penangkal stres yang efektif.

Vitamin C membantu menormalkan tekanan darah dan hormon kortisol dalam tubuh setelah mencapai puncaknya. Buah beri dapat dinikmati segar, beku, atau dalam bentuk smoothie.

4. Kerang

Kerang, seperti tiram, kaya akan vitamin B dan magnesium. Vitamin B membantu menstabilkan suasana hati dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Konsumsi makanan kaya magnesium seperti kerang dapat membantu mengatasi stres dan mencegah penyakit yang berkaitan, seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Vitamin B juga berperan dalam meningkatkan daya ingat dan meredakan sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan mengurangi tingkat hormon stres di otak.

Konsumsi oatmeal dapat membantu menghilangkan stres dengan meningkatkan produksi bahan kimia serotonin, yang menghasilkan perasaan relaksasi dan ketenangan. Oatmeal dapat dimasak dengan tambahan apel dan kismis sebagai pengganti gula.

6. Coklat Hitam

Cokelat hitam membantu mengurangi stres dengan menurunkan tingkat hormon kortisol dalam tubuh. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang membantu mencegah penyakit jantung.

Perlu diingat bahwa beberapa jenis cokelat hitam mungkin mengandung tambahan gula, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan kadar kakao 70 persen atau lebih tinggi.

7. Teh Kamomil

Teh kamomil merupakan minuman yang terkenal akan khasiatnya sebagai penenang. Teh ini membantu meredakan sakit perut dan sakit kepala tipe migrain, serta mengurangi stres dengan efek relaksasi otot yang dimilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×