kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Selasa, 21 November 2023 / 13:26 WIB
Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Singkong - Manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian diketahui. Tidak hanya itu, manfaat daun singkong juga telah teruji khasiatnya.

Daun singkong (Manihot esculenta) merupakan bagian dari tanaman singkong yang sering kali diabaikan, namun memiliki potensi kesehatan yang luar biasa. 

Daun singkong telah menjadi sumber makanan pokok di berbagai negara tropis, tetapi seringkali hanya akar singkong yang dikenal luas.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 16 Besar, Daftar Squad Jerman vs Amerika Serikat

Merangkum dari Stylecraze, berikut berbagai manfaat daun singkong untuk kesehatan:

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Daun singkong kaya akan nutrisi esensial seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan sejumlah vitamin B kompleks. Selain itu, daun singkong juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan potassium. Kandungan nutrisi ini membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan Menarik Perhatian

2. Antioksidan dan Perlindungan Sel

Daun singkong mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

3. Pengaturan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun singkong dapat membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa aktif dalam daun singkong dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengontrol kadar gula darah, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!

4. Peningkatan Kesehatan Mata

Vitamin A yang tinggi dalam daun singkong merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina dan dapat mencegah masalah penglihatan seperti rabun senja.

5. Penyembuhan Luka dan Peradangan

Daun singkong mengandung senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam proses penyembuhan luka, mengurangi nyeri sendi, dan melawan kondisi peradangan lainnya.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun singkong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

7. Penurunan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun singkong dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini membuatnya bermanfaat untuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

Meskipun daun singkong memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau tenaga medis sebelum mengubah pola makan atau mengonsumsi tanaman obat tertentu, terutama jika seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan. Selain itu, penting untuk mengonsumsi daun singkong sebagai bagian dari pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×