kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga


Minggu, 12 November 2023 / 10:00 WIB
Catat 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat kulit mangga untuk kesehatan tubuh.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat kulit mangga untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kulit mangga juga perlu diperhatikan agar manfaat didapatkan secara maksimal.

Mangga (Mangifera indica) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manis dan kaya akan nutrisi. Namun, seringkali bagian yang paling sering dimakan adalah daging buahnya, sementara kulitnya sering diabaikan. 

Padahal, kulit mangga mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang memberikan berbagai manfaat kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Opening Ceremony dan Laga Pertama

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat kulit mangga di antaranya:

1. Antioksidan Tinggi

Kulit mangga mengandung sejumlah besar antioksidan, seperti senyawa polifenol dan karotenoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Prediksi Indonesia vs Ekuador, Daftar Skuad dan Jadwal Piala Dunia U-17 2023

2. Menyokong Kesehatan Kulit

Ekstrak kulit mangga telah ditemukan memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam kulit mangga membantu mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari, mempromosikan regenerasi sel kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit mangga mengandung vitamin C dan A, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, sementara vitamin A mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kekebalan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Simak Yuk!

4. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa di dalam kulit mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Senyawa ini bekerja dengan menghambat penyerapan kolesterol dari makanan dalam saluran pencernaan, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mendukung Pencernaan

Serat larut dan tidak larut yang terdapat dalam kulit mangga dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Punya Banyak Antioksidan

6. Manfaat Anti-Inflamasi

Kulit mangga mengandung senyawa-senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko berbagai penyakit inflamasi, seperti arthritis.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Borneo FC dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024

7. Mendukung Penurunan Berat Badan

Kulit mangga mengandung senyawa tertentu yang dapat mendukung penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit mangga dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak tubuh dengan mengatur metabolisme dan mengurangi penyerapan lemak.

Meskipun kulit mangga memiliki banyak manfaat kesehatan, perlu diingat bahwa kulit buah harus dicuci bersih sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan residu pestisida dan kotoran. Jika memungkinkan, memilih mangga organik dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghindari paparan pestisida. Dengan memasukkan kulit mangga ke dalam pola makan sehat, Anda dapat meningkatkan asupan nutrisi dan mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×