kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.483.000   -8.000   -0,54%
  • USD/IDR 15.625   39,00   0,25%
  • IDX 7.501   -55,86   -0,74%
  • KOMPAS100 1.166   -9,50   -0,81%
  • LQ45 931   -8,15   -0,87%
  • ISSI 225   -1,55   -0,68%
  • IDX30 480   -4,44   -0,92%
  • IDXHIDIV20 578   -5,67   -0,97%
  • IDX80 133   -1,10   -0,83%
  • IDXV30 141   -1,17   -0,82%
  • IDXQ30 161   -1,39   -0,86%
AKTUAL /

Catat 9 Buah untuk Kesehatan Ginjal dengan Antioksidan Tinggi


Minggu, 31 Maret 2024 / 05:05 WIB
Catat 9 Buah untuk Kesehatan Ginjal dengan Antioksidan Tinggi
ILUSTRASI. Apel dan anggur

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui daftar buah yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Mengonsumsi buah secara teratur tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan ginjal.

Beberapa buah mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan ginjal.

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar, berwarna-warni, dan bersahaja, juga memiliki dampak positif pada kesehatan ginjal. Bahkan, buah-buahan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi penderita Alzheimer dan Parkinson's.

Senyawa kuat yang dikenal sebagai antioksidan yang terdapat dalam beberapa jenis makanan, mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit ginjal kronis (CKD).

Baca Juga: 6 Makanan Ini Picu Terbentuknya Kristal Asam Urat di Tubuh, Sebaiknya Dihindari

Blueberry

Meskipun banyak yang mengonsumsi vitamin, pastikan untuk konsumsi 60-100 mg vitamin C per hari. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan adalah melalui makanan.

Mengapa antioksidan dan antiinflamasi penting untuk ginjal?

Antioksidan dan antiinflamasi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal dengan cara-cara berikut:

  • Perlindungan Sel dari Kerusakan: Ginjal rentan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat merusak struktur sel dan menyebabkan stres oksidatif. Antioksidan membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko kerusakan sel dan meningkatkan keberlanjutan fungsi sel ginjal.
  • Reduksi Peradangan: Peradangan yang berlebihan dapat merusak jaringan ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal progresif. Zat antiinflamasi membantu mengurangi peradangan, melindungi ginjal dari kerusakan, dan mencegah perkembangan masalah kesehatan yang terkait dengan peradangan.
  • Pencegahan Pembentukan Batu Ginjal: Beberapa jenis batu ginjal dapat terbentuk akibat kristalisasi mineral dalam urine. Antioksidan, seperti vitamin C, dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dengan melawan oksidasi dan menghambat pembentukan kristal.
  • Pemeliharaan Tekanan Darah Normal:Peradangan dapat mempengaruhi pembuluh darah dan mengakibatkan peningkatan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal. Antiinflamasi membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan mendukung tekanan darah normal.
  • Manajemen Diabetes: Bagi mereka yang memiliki diabetes, pengelolaan gula darah yang baik sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal. Antioksidan dan zat antiinflamasi dapat membantu mengelola stres oksidatif dan peradangan yang terkait dengan diabetes.
  • Pemeliharaan Fungsi Ginjal Melalui efek mereka yang bersifat melindungi dan mendukung, antioksidan dan antiinflamasi dapat membantu mempertahankan fungsi ginjal yang optimal dan mencegah kemungkinan kerusakan jangka panjang.

Baca Juga: 4 Teh Ini untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi pada Penderita Diabetes

Daftar buah untuk kesehatan ginjal

Ahli diet menggunakan warna pada buah dan sayuran untuk mengidentifikasi antioksidan, yang meliputi:

  • Buah dengan warna merah/Ungu memiliki kandungan Antosianin, polifenol, resveratrol
  • Buah dengan warna Oranye/Kuning memiliki kandungan Cryptoxanthin, flavonoid
  • Buah dengan warna Kuning/Hijau memiliki kandungan Lutein, zeaxanthin
  • Buah dengan warna Hijau memiliki kandungan Indoles, sulforaphanes, lutein
  • Buah dengan warna Putih/Hijau memiliki kandungan Allyl sulfides, quercetin.

Antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan dapat mendukung kesehatan ginjal.

Berikut adalah beberapa buah yang kaya akan antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan ginjal dilansir dari laman Davita Kidney Care.

1. Apel

Buah apel mengandung quercetin, sejenis antioksidan yang memberikan manfaat antiinflamasi bagi ginjal. Quercetin juga dikenal dapat membantu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Ceri Hitam

Terutama ceri hitam, kaya akan antosianin yang merupakan pigmen alami yang memberikan warna gelap pada buah-buahan. Antosianin ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam ginjal dan meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan.

3. Nanas

Buah nanas mengandung bromelain, sebuah enzim dengan sifat antiinflamasi yang baik untuk ginjal. Bromelain membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dengan mengurangi stres oksidatif.

4. Delima

Delima kaya akan punicalagin, antioksidan yang kuat yang terbukti melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan. Konsumsi delima secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan mengurangi risiko berbagai penyakit ginjal.

5. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, serat, dan antioksidan lainnya yang mendukung fungsi ginjal yang sehat. Antioksidan dalam kiwi membantu mengurangi stres oksidatif dalam ginjal dan mencegah kerusakan sel.

6. Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, sejenis senyawa fitokimia yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Resveratrol telah dikaitkan dengan perlindungan ginjal dan mengurangi risiko penyakit ginjal.

Buah anggur untuk kesehatan ginjal

7. Blueberry dan Strawberry

Blueberry mengandung flavonoid, antosianin, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi ginjal dari kerusakan sel.

Strawberry juga kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat bagi ginjal. Antiinflamasi ini membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang dapat merusak jaringan ginjal.

8. Melon

Buah melon kaya akan air dan elektrolit, yang membantu menjaga hidrasi dan keseimbangan cairan dalam tubuh, termasuk ginjal. Kandungan air yang tinggi dalam melon membantu mengurangi beban kerja ginjal dan menjaga fungsi mereka.

9. Plum

Plum mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dan mendukung kesehatan pencernaan. Sebuah sistem pencernaan yang sehat juga penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang optimal.

Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang, cukup minum air, dan mengurangi konsumsi garam yang berlebihan untuk mendukung kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Apabila Anda memiliki masalah ginjal atau kondisi medis tertentu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup.

Demikian penjelasan terkait beberapa buah yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

×