kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 9 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan saat Perut Kosong


Kamis, 02 Mei 2024 / 15:23 WIB
Catat 9 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan saat Perut Kosong
ILUSTRASI. Catat 9 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan saat Perut Kosong

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhatikan daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut masih kosong. Terdapat beberapa zat yang mungkin tidak aman untuk dikonsumsi saat lambung masih dalam keadaan kosong.

Kondisi perut kosong merujuk pada saat di mana lambung tidak berisi makanan atau minuman dalam sistem pencernaan.

Ketika tidak ada asupan makanan atau minuman dalam beberapa jam, lambung dan usus akan kosong dari sisa-sisa makanan dan cairan sebelumnya yang telah dikonsumsi, sehingga menyebabkan keadaan perut kosong.

Waktu yang diperlukan untuk mencapai perut kosong dapat bervariasi tergantung pada individu, tingkat aktivitas fisik, jenis makanan dan minuman sebelumnya, serta kecepatan pencernaan.

Baca Juga: Efektif, Ini 9 Makanan yang Bisa Menstabilkan Hormon Pria maupun Wanita

Umumnya, perut dianggap kosong sekitar 4-6 jam setelah makan terakhir. Perlu diingat bahwa perut kosong adalah kondisi alami dan normal yang terjadi selama siklus makanan dan minuman sepanjang hari.

Kondisi ini penting untuk memberi waktu pada sistem pencernaan untuk beristirahat, membersihkan diri, dan menyiapkan tubuh untuk menerima makanan dan minuman selanjutnya.

Konsumsi zat tertentu saat perut kosong bisa menyebabkan iritasi atau masalah pencernaan.

Jeruk

Zat yang dihindari saat perut kosong

Berikut adalah beberapa zat yang sebaiknya dihindari saat perut kosong.

  • Obat-obatan Tertentu: Beberapa obat, terutama yang dapat mengiritasi lambung atau membutuhkan makanan untuk penyerapan yang baik, sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong.
  • Suplemen Tertentu: Beberapa suplemen, terutama yang bersifat asam atau dapat menyebabkan iritasi pada lambung, sebaiknya diminum bersama makanan untuk mengurangi risiko iritasi lambung. Misalnya, suplemen zat besi.
  • Kafein: Kafein dalam kondisi perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang bisa menyebabkan iritasi lambung dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: 8 Manfaat Biji Labu untuk Asupan Magnesium hingga Kesuburan Pria

Makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong

Berikut beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, dilansir dari Liebherr.

1. Tomat

Meskipun tomat biasanya menjadi bagian dari sarapan tradisional, konsumsinya saat perut kosong mungkin tidak baik. Asam tanat yang terkandung dalam tomat bisa menyebabkan iritasi pada lambung.

Sebaiknya pertimbangkan untuk mengonsumsi tomat sebagai bagian dari makan siang atau makanan lain yang lebih ringan.

2. Jeruk Segar

Menikmati segelas jus jeruk segar di pagi hari bisa menyegarkan, namun, minuman ini mungkin tidak cocok jika diminum saat perut kosong.

Kandungan asam dalam jus jeruk dapat menyebabkan iritasi lambung, yang dapat mengakibatkan sakit maag atau gejala lainnya. Lebih baik simpan minuman ini untuk dinikmati setelah sarapan saat dalam perjalanan ke kantor.

3. Produk Berbahan Ragi

Roti baru atau makanan gurih yang mengandung ragi sering menjadi pilihan menu sarapan. Namun, konsumsi ragi saat perut kosong bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit perut atau gas di perut.

Sebaiknya, pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih ringan atau menunggu sampai setelah sarapan untuk mengonsumsinya.

4. Permen dan Cokelat

Memulai hari dengan banyak permen atau cokelat mungkin tidak sehat. Konsumsi gula berlebihan saat perut kosong dapat mengganggu keseimbangan asam basa tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan. Lebih baik simpan permen dan cokelat untuk dikonsumsi saat Anda merasa kekurangan energi di tengah hari.

5. Mentimun

Meskipun mentimun dianggap sebagai makanan yang sehat, mengonsumsinya saat perut kosong mungkin tidak disarankan.

Kurangnya cairan lambung saat perut kosong dapat menyebabkan kesulitan dalam mencerna mentimun dan menyebabkan gejala seperti rasa terbakar di belakang tulang dada. Lebih baik konsumsi mentimun sebagai camilan di sela-sela waktu makan Anda.

6. Produk Susu

Meskipun produk susu bukanlah makanan yang berbahaya saat perut kosong, manfaatnya mungkin tidak sebanding dengan efek yang ditimbulkannya.

Konsumsi produk susu saat perut kosong bisa merusak bakteri baik dalam lambung dan menyebabkan masalah pencernaan. Lebih baik konsumsi produk susu setelah makan.

7. Buah Pir

Pir bisa menjadi pilihan yang baik sebagai hidangan penutup setelah makan, namun, konsumsinya saat perut kosong mungkin tidak disarankan.

Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Lebih baik konsumsi pir sebagai pencuci mulut di akhir makanan.

8. Rempah-Rempah

Konsumsi rempah-rempah yang kuat saat perut kosong mungkin tidak baik untuk kesehatan lambung. Rempah-rempah dapat merangsang produksi cairan lambung yang berlebihan dan mengganggu aktivitas saluran pencernaan.

Lebih baik hindari konsumsi rempah-rempah yang kuat saat perut kosong.

9. Minuman Berkarbonasi

Sebaiknya hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi saat perut kosong. Minuman ini bisa menyebabkan kerusakan pada lambung dan mengganggu pencernaan.

Lebih baik pilih minuman lain yang lebih ringan atau tunggu sampai setelah makan untuk mengonsumsinya.

Namun, tidak ada masalah kesehatan yang serius dengan kondisi perut kosong sendiri, dan ini adalah bagian normal dari siklus makanan dan minuman sehari-hari.

Itulah beberapa penjelasan terkait makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong agar tidak terjadi gangguan pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×