kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,82   12,51   1.38%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Efektif, Ini 9 Makanan yang Bisa Menstabilkan Hormon Pria maupun Wanita


Kamis, 02 Mei 2024 / 10:24 WIB
Efektif, Ini 9 Makanan yang Bisa Menstabilkan Hormon Pria maupun Wanita
ILUSTRASI. Alpukat salah satu makanan yang bisa menstabilkan Hormon secara Efektif

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak makanan yang bisa menstabilkan hormon secara efektif. Kondisi tubuh baik pria maupun wanita dapat berubah seiring bertambahnya umur dan pola hidup.

Salah satu pembahasan kesehatan yang penting untuk diketahui adalah terkait kesehatan hormonal. Ini merujuk pada kondisi hormon yang diproduksi oleh tubuh dalam kondisi baik atau stabil maupun tidak normal.

Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin dan bertanggung jawab untuk mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, dan suasana hati.

Artinya, saat hormon tidak stabil ini akan menjadi perhatikan khusus di mana produksi atau aktivitas hormonal dalam tubuh tidak seimbang atau tidak teratur.

Baca Juga: Berapa Jumlah Asupan Vitamin C yang Dibutuhkan Wanita & Pria? Ini Manfaatnya

Penyebab ketidakstabilan hormon

PCOS

Ketidakstabilan hormon dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk perubahan dalam siklus menstruasi pada wanita, gangguan tiroid, kehamilan, menopause, atau kondisi medis lainnya seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau diabetes.

Gejala hormon yang tidak stabil bisa bervariasi, termasuk perubahan suasana hati, perubahan berat badan, gangguan tidur, gangguan menstruasi, dan masalah kulit.

Upaya dalam menjaga keseimbangan hormon sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Nah, terdapat makanan yang direkomendasikan sebagai diet hormonal sehingga mudah untuk mencapai kondisi kesehatan tersebut.

Baca Juga: Ini 6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Intip makanan yang bisa menstabilkan hormon baik pria maupun wanita, dilansir dari laman Health Shots.

1. Brokoli

Brokoli memiliki dampak signifikan pada keseimbangan hormon. Ini disebabkan oleh pengaruhnya terhadap bagaimana tubuh memecah estrogen.

Unsur penting lain dari brokoli adalah sulforaphane. Sulforaphane sedang banyak diteliti karena efektivitasnya dalam mengobati kanker dan penyakit lainnya. Ini juga membantu dengan penyakit hati berlemak dan meningkatkan jalur detoksifikasi hati, yang penting untuk memetabolisme estrogen.

Sayuran ini juga menyediakan kalium, kalsium, dan magnesium. Ini adalah beberapa mineral penting yang meningkatkan fungsionalitas otot dan memperkuat tulang.

2. Almond

Almond berperan sebagai penolong dalam regulasi kadar gula darah. Secara jangka panjang, dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe II. Almond juga membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, Anda perlu menikmati almond dengan secukupnya karena kandungan kalorinya tinggi.

3. Alpukat

Alpukat dianggap sebagai salah satu buah paling sehat di dunia karena kaya akan lemak sehat dan serat.  Alpukat menurunkan penyerapan estrogen dan meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah ini tinggi kalori dan harus dikonsumsi dengan bijak. Penelitian merekomendasikan, konsumsi seperempat bagian setiap hari dapat bermanfaat untuk masalah hormonal

4. Apel

Apel adalah sumber kaya quercetin, antioksidan yang mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah ini membantu dalam melawan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko kanker, dan menjaga infeksi virus.

Ini adalah buah yang sempurna untuk penurunan berat badan karena memberikan nutrisi padat sambil rendah kalori dan kaya serat.

5. Flaxseed

Dengan tambahan flaxseed ke diet harian Anda dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ini sangat kaya antioksidan, serat, dan lemak sehat.

Flaxseed telah menjadi makanan pokok dalam diet sehat karena kaya akan banyak nutrisi dan asam lemak esensial.

Sebenarnya, flaxseed yang digiling multifungsi dan rasanya enak dengan manfaat besar yang membuat makanan ini mudah dimasukkan ke dalam diet.

6. Teh Hijau

Sebagian besar orang menyadari bahwa teh hijau memberikan banyak manfaat kesehatan. Bersama dengan itu, juga meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Teh hijau mengandung theanine, senyawa yang mengurangi pelepasan kortisol yang merupakan hormon stres. Ini juga mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit.

7. Blueberry

Blueberry tidak hanya manis rasanya, tetapi juga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi! Makan tiga atau empat cangkir blueberry per minggu dapat meningkatkan kesehatan.

Blueberry sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah infeksi saluran kemih, dan meningkatkan penglihatan.

8. Biji Labu

Biji labu adalah sumber magnesium yang baik. Magnesium adalah mineral anti-stres yang bekerja bersama vitamin C dan vitamin B5 untuk mendukung kelenjar adrenal dan menurunkan tingkat stres.

Sayangnya, stres menguras kadar magnesium dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi biji labu secara teratur untuk menjaga kadar magnesium.

9. Telur

Telur mengandung dosis sehat kolin, vitamin yang membantu menghasilkan neurotransmiter asetilkolin, yang penting untuk fungsi sistem saraf, kesehatan otak, ingatan, dan perkembangan.

Telur sangat kaya asam lemak omega 3, lemak antiinflamasi yang memberikan bantuan pada otak. Ketika pikiran dan sistem saraf sehat, seseorang mampu mengatasi stres dengan lebih baik. Orang harus berusaha untuk membeli telur organik, dari peternakan yang terbuka daripada konvensional.

Apabila seseorang mengalami gejala hormon yang tidak stabil, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk diagnosis yang tepat dan pengelolaan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×