kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat Jumlah Kalori Daging Ayam Bagian Paha, Dada, sampai Kulit dan Cara Memasaknya


Kamis, 01 Februari 2024 / 10:15 WIB
Catat Jumlah Kalori Daging Ayam Bagian Paha, Dada, sampai Kulit dan Cara Memasaknya
ILUSTRASI. Daftar Jumlah Kalori Daging Ayam Bagian Paha, Dada, sampai Kulit. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami nilai kalori dari setiap bagian daging ayam yang perlu diketahui. Saat ini, akses terhadap konsumsi daging ayam menjadi lebih mudah bagi berbagai lapisan masyarakat.

Daging ayam diakui sebagai salah satu sumber protein hewani yang sangat populer di seluruh dunia dan telah menjadi pilihan utama dalam pola makan banyak orang.

Tidak hanya mengandung protein, tetapi daging ayam juga menyediakan lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang esensial bagi kesehatan tubuh.

Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi berlebihan daging ayam juga dapat mengakibatkan kelebihan kalori yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Waspadai Tanda-Tanda Kolesterol Di Kaki, Cek Cara Menurunkan Kolesterol Di Usia Muda

Kulit Ayam Crispy

Nah, nantinya setiap bagian dari daging ayam perlu diketahui kandungan kalori ayam dan bagaimana mengonsumsinya dengan sehat.

Kalori Daging Ayam per 100 gram

Kalori ayam bervariasi tergantung pada bagian ayam yang dikonsumsi dan bagaimana ayam tersebut dimasak.

Adapun perhitungan berikut adalah daging ayam yang direbus tanpa menambahkan bumbu apapun dilansir dari Health Line.

1. Dada Ayam

Dada ayam adalah sumber protein rendah lemak yang tidak mengandung karbohidrat. Satu dada ayam memiliki 284 kalori, atau 165 kalori per sajian 3,5 ons (100 g). Sekitar 80% kalori berasal dari protein sementara 20% berasal dari lemak.

2. Paha atas Ayam

Sementara itu, untuk bagian lain seperti paha ayam dalam satu bagian mengandung 208 kalori, atau 179 kalori per sajian 3,5 ons (100 g). Kandungannya adalah 55% protein dan 45% lemak.

3. Sayap Ayam

Kemudian, untuk bagian daging ayam lain seperti satu sayap ayam memiliki 43 kalori, atau 203 kalori per sajian 3,5 ons (100 g). Kandungannya adalah 64% protein dan 36% lemak.

4. Paha bawah

Satu bagian paha bawah daging ayam memiliki 149 kalori, atau 155 kalori per sajian 3,5 ons (100 g). Kandungannya adalah 65% protein dan 35% lemak.

5. Kulit Ayam

Kulit ayam mengandung 90 kalori per 20 g porsi sementara itu juga mengandung 8,1 g lemak, 4 g protein, dan 0 g karbohidrat. Selain itu, kulit ayam mengandung 0 g gula dan 0 g serat makanan, sisanya adalah karbohidrat kompleks.

Yang perlu Anda pertimbangkan adalah kulit ayam mengandung 2,3 g lemak jenuh dan 16 mg kolesterol per porsi. Tentu, ini bergantung dari cara pengolahan dan penggorengan lewat minyak yang dipakai.

Jumlah kalori dalam berbagai potongan ayam berbeda-beda. Tenderloin ayam memiliki jumlah kalori terendah sedangkan bagian punggung ayam memiliki jumlah kalori tertinggi.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsimsi Penderita Asam Urat

Jumlah kalori setiap bagian daging ayam

Paha Ayam

Berikut adalah beberapa contoh jumlah kalori dalam 100 gram ayam untuk berbagai bagian dan metode memasak:

  • Daging ayam bagian Dada dengan metode panggang tanpa kulit - 165 kalori.
  • Daging ayam bagian Paha dengam metode panggang tanpa kulit - 184 kalori.
  • Daging ayam bagian Sayap dengan metode  panggang tanpa kulit - 203 kalori.
  • Kulit ayam goreng - 452 kalori.
  • Daging ayam bagian Dada dengan metode direbus tanpa kulit - 114 kalori.
  • Daging ayam bagian Paha dengan metode direbus tanpa kulit - 119 kalori.
  • Sayap ayam rebus tanpa kulit - 137 kalori.

Dari data di atas, kita bisa melihat bahwa bagian ayam yang memiliki lebih banyak lemak, seperti kulit dan sayap, memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi.

Selain itu, metode memasak yang digunakan juga mempengaruhi jumlah kalori dalam ayam.

Memanggang tanpa kulit adalah pilihan yang lebih sehat daripada menggoreng atau memasak ayam dalam minyak.

Cara konsumsi daging Ayam dengan sehat

Menikmati ayam dengan pola makan yang sehat tidak hanya melibatkan pemilihan bagian yang rendah lemak atau penggunaan metode memasak yang tepat. Berikut beberapa tips untuk menikmati ayam secara sehat:

  • Pilih bagian ayam yang rendah lemak dan rendah kalori, seperti dada ayam atau paha ayam tanpa kulit.
  • Hindari bagian ayam yang tinggi lemak, seperti kulit atau sayap.
  • Gunakan metode memasak yang sehat, seperti memanggang, merebus, atau mengukus.
  • Kurangi penggunaan saus atau bumbu dengan kandungan gula dan garam yang tinggi.
  • Sajikan ayam dengan sayuran dan karbohidrat sehat, seperti nasi merah atau kentang rebus.
  • Batasi konsumsi ayam goreng atau produk ayam olahan, seperti nugget atau sosis ayam.

Penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi ayam secara keseluruhan, karena konsumsi berlebihan atau pengolahan yang salah dapat menyebabkan kelebihan kalori.
Dengan memperhatikan bagian ayam yang dikonsumsi dan cara memasaknya, Anda dapat menikmati hidangan ayam dengan pilihan sehat.

Tetaplah mengonsumsi ayam dengan sehat dengan menyeimbangkan dengan sayuran dan karbohidrat sehat.

Demikian beberapa informasi terkait jumlah kalori daging ayam yang perlu diketahui oleh masyarakat terkait masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×