kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cegah Kanker, Ini 8 Makanan untuk Kesehatan Prostat Baik Pria maupun Wanita


Jumat, 15 Maret 2024 / 10:15 WIB
Cegah Kanker, Ini 8 Makanan untuk Kesehatan Prostat Baik Pria maupun Wanita
ILUSTRASI. Makanan untuk Kesehatan Prostat Baik Pria dan Wanita

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelajari makanan untuk kesehatan prostat beserta pencegahan kanker. Kesehatan prostat memiliki hubungan erat dengan kesejahteraan pria.

Prostat adalah kelenjar yang terdapat eksklusif pada pria, terletak di bawah kandung kemih, dan berperan dalam pembentukan sebagian cairan semen, yang berfungsi untuk melindungi dan mengangkut sperma.

Perawatan prostat yang optimal menjadi kunci penting karena berbagai masalah, seperti pembesaran prostat atau kanker prostat, dapat berdampak serius pada kesehatan pria.

Pilihan makanan yang mendukung kesehatan prostat adalah makanan yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya masalah prostat dan mempromosikan kesejahteraan.

Selain mengonsumsi makanan yang sesuai, menjaga berat badan yang sehat dan menerapkan gaya hidup yang seimbang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan prostat.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Harus Ditinggalkan oleh Mereka yang Berusia 60 Tahun ke Atas

Makanan yang menyehatkan prostat

Gangguan kanker prostat

Pentingnya untuk menghindari konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, dan gula tambahan, karena hal tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan prostat dan kesehatan secara keseluruhan.

Intip sederet daftar makanan yang menyehatkan prostat hingga mencegah kanker dirangkum melalui laman Aliance Urology.

Baca Juga: Tinggi Purin, 7 Makanan Ini Terlarang dan Harus Dijauhi Penderita Asam Urat

1. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan yang baik untuk kesehatan prostat karena mengandung likopen, antioksidan yang dapat melindungi prostat. Proses memasak tomat, seperti dalam saus tomat, dapat meningkatkan kandungan likopen yang tersedia.

2. Brokoli

Brokoli dan sayuran cruciferous lainnya seperti kubis, kale, dan kembang kol mengandung senyawa-senyawa seperti sulforaphane yang dikaitkan dengan perlindungan prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran tersebut dapat mengurangi risiko kanker prostat.

3. Makanan Berserat

Makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, yang berdampak positif pada prostat.

4. Buah Delima

Buah delima mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah penyakit kronis yang terkait dengan stres oksidatif. Penelitian juga menunjukkan bahwa jus delima dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Ilustrasi kesehatan buah antioksidan pencegah kanker

5. Biji Labu Siam

Biji labu mengandung fitokimia yang dapat membantu mencegah masalah prostat. Konsumsi sekitar 5 gram biji labu setiap hari dapat bermanfaat bagi prostat.

6. Kacang Kenari

Kacang kenari kaya akan nutrisi seperti seng, selenium, dan vitamin E, yang berkaitan dengan kesehatan prostat. Selain itu, mereka juga menyediakan lemak dan protein sehat.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin, senyawa yang dapat melindungi prostat. Senyawa dalam teh hijau telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker prostat.

8. Ikan Laut

Ikan laut mengandung lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6, yang penting untuk kesehatan prostat. Keseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 dapat berkontribusi pada kesehatan prostat yang baik.

Itulah sederet informasi dari penjelasan makanan yang menyehatkan prostat sekaligus pencegahan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×