kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Dow Jones Berbalik Arah, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi Lima Minggu Berturut


Sabtu, 25 Mei 2024 / 20:33 WIB
Dow Jones Berbalik Arah, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi Lima Minggu Berturut
ILUSTRASI. Dow Jones Berbalik Arah, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi Lima Minggu Berturut. REUTERS/Stefan Jeremiah

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - 24 Mei (Reuters). Pasar saham AS berbalik arah pada hari Jumat setelah mengalami kerugian tajam sehari sebelumnya.

Hal ini dipicu oleh berita membaiknya pandangan konsumen terhadap inflasi, mendorong Nasdaq ke rekor tertinggi lima minggu berturut-turut.

Departemen Perdagangan melaporkan bahwa pesanan baru untuk barang modal utama buatan AS rebound lebih tinggi dari yang diperkirakan pada bulan April.

Sementara itu, University of Michigan melaporkan bahwa ekspektasi inflasi konsumen membaik pada akhir Mei setelah memburuk pada awal bulan.

"Data ini sedikit lebih baik dari yang diperkirakan orang pagi ini. Barang tahan lama adalah angka yang cukup solid.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Tertekan Tanda Tanya Bunga The Fed

Dan kemudian sentimen konsumen, tidak terlalu bagus, tapi tidak buruk, lebih baik dari yang diperkirakan orang," kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di U.S. Bank Wealth Management di Seattle.

"Ini adalah rebound di mana orang-orang seperti mungkin keadaan tidak seburuk yang kita kira, mungkin ada ruang bagi Fed untuk menurunkan suku bunga dan ekonomi akan baik-baik saja, dan kita tidak sepenuhnya hancur."

Indeks utama AS ditutup mixed:

  • Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik tipis 0,01% menjadi 39.069,59.
  • S&P 500 (.SPX) naik 0,70% menjadi 5.304,72.
  • Nasdaq Composite (.IXIC) melonjak 1,10% ke 16.920,79, mencetak rekor tertinggi baru.

Baca Juga: Burger King Saingi McDonald's dengan Harga Paket Murah

Meskipun demikian, Dow Jones (.DJI) mengakhiri reli lima minggunya setelah sehari sebelumnya mencatat penurunan persentase harian terbesar dalam lebih dari setahun. Untuk keseluruhan minggu, Dow turun 2,34%, S&P naik 0,03%, dan Nasdaq naik 1,41%.

Pergerakan saham diwarnai volume perdagangan yang rendah menjelang libur panjang Memorial Day pada hari Senin.

Sebelumnya di hari Kamis, data ekonomi yang menunjukkan tekanan harga yang meningkat mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga tahun ini dari Federal Reserve.

Ini menutupi kinerja kuartalan Nvidia yang luar biasa (NVDA.O) yang membantu membenarkan ekspektasi investor untuk pertumbuhan di saham terkait kecerdasan buatan.

Sektor komunikasi (.SPLRCL) menjadi performa terbaik di antara 11 sektor utama S&P dengan kenaikan 1,29%, sementara sektor teknologi (.SPLRCT) dan utilitas (.SPLRCU) masing-masing naik sekitar 1%.

Baca Juga: Rugi 10,3% Seminggu, Harga Emas Hari Ini Mandeg (25 Mei 2024)

Peluang penurunan suku bunga pada pertemuan Fed September diprediksi menjadi 49,4%, turun dari 54,8% seminggu yang lalu, menurut FedWatch Tool CME. Goldman Sachs menunda perkiraan penurunan pertama menjadi September dari Juli.

Saham-saham berkapitalisasi kecil (.RUT), yang sensitif terhadap suku bunga, juga rebound. Russell 2000 (.RUT) naik 1,04% setelah anjlok 1,6% pada hari Kamis.

Workday (WDAY.O) anjlok 15,33% setelah penyedia perangkat lunak sumber daya manusia itu memangkas perkiraan pendapatan langganan tahunannya.

Sebaliknya, Ross Stores (ROST.O) melonjak 7,89% setelah membukukan hasil kuartal pertama di atas estimasi dan menaikkan perkiraan laba tahunannya.

Baca Juga: PPPK Bisa Pakai Seragam KORPRI, Ini Atribut Seragam PPPK, dan Bedanya dengan PNS

Dengan musim laporan keuangan sebagian besar telah usai, 77,9% dari 480 perusahaan dalam S&P 500 yang telah melaporkan pendapatan melampaui ekspektasi analis, menurut data LSEG. Angka tersebut sedikit di bawah tingkat keberhasilan 79% selama empat kuartal terakhir tetapi di atas rata-rata 67% sejak 1994.

Pergerakan harga saham didominasi oleh kenaikan, dengan rasio kenaikan dibandingkan penurunan adalah 2,91 banding 1 di NYSE dan 1,85 banding 1 di Nasdaq.

(Reporting by Chuck Mikolajczak; Editing by Richard Chang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×