kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ingin Menurunkan Tekanan Darah Tinggi? Ini 8 Minuman yang Bisa Membantu


Rabu, 03 April 2024 / 09:13 WIB
Ingin Menurunkan Tekanan Darah Tinggi? Ini 8 Minuman yang Bisa Membantu
ILUSTRASI. Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat membantu.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ketika tekanan darah tidak terkendali, hal itu dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Salah satu garis pertahanan pertama Anda melawan tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah dengan mengatur pola makan Anda. Mengadopsi diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan.

Apa itu tekanan darah tinggi?

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kekuatan darah yang mendorong dinding arteri Anda terlalu tinggi.

Ini dapat menyebabkan jantung dan pembuluh darah Anda bekerja lebih keras, yang dapat merusak otot jantung Anda seiring waktu. Selain itu, hipertensi dapat menyebabkan robekan kecil di dinding arteri Anda, yang menyebabkan penumpukan plak lemak.

Tekanan darah tinggi biasanya berkembang seiring waktu dan bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurang aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan tertentu, termasuk diabetes dan obesitas.

Baca Juga: LDL Bisa Merusak Arteri, 4 Olahraga Ini Bisa Melumpuhkan Kolesterol Jahat

Penting untuk mengobati tekanan darah tinggi, karena dapat meningkatkan risiko banyak kondisi lain, termasuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Perawatan untuk tekanan darah tinggi umumnya melibatkan kombinasi obat-obatan, yang digunakan untuk mengendurkan atau memperlebar pembuluh darah Anda, bersamaan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

8 Minuman untuk meredakan tekanan  darah tinggi

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat membantu.

Mengutip Healthline dan NDTV, berikut delapan minuman yang bisa membuat tekanan darah tinggi jinak lagi:

1. Jus bit

Sayuran berwarna dan rendah kalori ini tidak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Studi percontohan acak dari 2016 menemukan bahwa jus bit mentah dan matang meningkatkan tekanan darah. Tapi jus bit mentah berdampak lebih besar pada tekanan darah.

Bit kaya akan diet nitrat, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi Alami, Waspadai Ciri-Ciri Darah Tinggi Parah

2. Susu skim

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt adalah komponen kunci dari Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi, serangkaian rekomendasi berbasis sains untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi.

3. Teh

Dalam hal tekanan darah, tidak semua teh diciptakan sama. Tinjauan literatur tahun 2020 dari uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek konsumsi teh hitam dan hijau terhadap tekanan darah.

Para peneliti melaporkan bahwa asupan kedua jenis teh dalam jangka panjang menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tapi penurunan tekanan darah lebih signifikan untuk teh hijau.

Baca Juga: 6 Khasiat Buah Alpukat, Salah Satunya untuk Menjaga Sistem Pencernaan

4. Jus bayam

Jus bayam adalah cara yang enak untuk menuai sebagian besar khasiat kesehatan bayam. Sayuran berdaun adalah sumber potasium yang sangat baik. 

Kalium membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri Anda, yang meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tingkat tekanan darah tinggi Anda. 

Bayam juga kaya akan lutein. Lutein mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah.

5. Jus wortel

Wortel dikemas dengan potasium. Wortel merupakan sayuran yang sangat menyehatkan jantung. Menurut buku 'Healing Food' oleh DK Publishing, wortel juga mengurangi risiko aterosklerosis dan stroke.

 6. Jus tomat

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Di sebuah Studi 2019, peneliti Jepang mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara peserta dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL. Studi terbaru lainnya telah melaporkan hasil yang serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil.

Untuk menghindari sodium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah Anda, pastikan untuk membeli jus tomat tawar.

7. Jus delima

Tidak hanya buah delima yang kaya akan nutrisi seperti folat dan vitamin C, buah delima juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Mungkin tidak mengherankan jika jus delima dapat berkontribusi pada diet sehat jantung.

Tinjauan literatur tahun 2017 terhadap delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Jika Anda memutuskan untuk menambahkan jus delima ke dalam makanan Anda, pastikan itu 100 persen jus tanpa tambahan gula.

Baca Juga: Melumpuhkan Asam Urat Tinggi, 10 Manfaat Daun Kari yang Kaya Vitamin

8. Jus beri

Seperti buah delima, beri - terutama blueberry - dikenal karena sifat antioksidannya.

Tinjauan tahun 2020 melaporkan bahwa minum jus cranberry atau ceri dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Ulasan lain yang dipublikasikan di Nature pada tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi buah beri menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL.

Dalam kedua ulasan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan besar memiliki manfaat kardiovaskular, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperjelas peran mereka dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung.

Jika Anda memilih jus berry yang dibeli di toko, pastikan itu tidak mengandung gula tambahan.

Baca Juga: Muncul Kristal Asam Urat di Sendi, Cek Makanan yang Baik & Buruk untuk Penderitanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×