kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 3 Bahan Alami untuk Mandi yang Menyehatkan Tubuh


Senin, 15 April 2024 / 12:05 WIB
Ini 3 Bahan Alami untuk Mandi yang Menyehatkan Tubuh
ILUSTRASI. Mandi air hangat

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak bahan alami campuran air untuk mandi yang menyehatkan. Mandi tidak hanya sekadar membersihkan tubuh, tetapi juga merupakan kesempatan untuk merawat kulit dengan bahan-bahan alami yang bermanfaat.

Ada banyak bahan alami yang dapat dicampurkan ke dalam air mandi untuk memberikan manfaat tambahan bagi kulit Anda.

Dari minyak esensial yang menenangkan hingga bahan-bahan alami yang melembapkan dan meredakan peradangan.

Mandi dengan bahan-bahan alami dapat memberikan pengalaman yang menyegarkan dan menyehatkan untuk tubuh dan pikiran Anda.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Gatal Karena Jamur Kulit dalam 6 Langkah

Bahan alami untuk mandi

mandi air hangat

Untuk itu, ada beberapa bahan alami yang dapat Anda tambahkan ke dalam air mandi untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Berikut adalah 3 bahan utama yang harus dicoba yang bermanfaat untuk kesehatan, dilansir dari Health Shots.

Baca Juga: 9 Metode Cepat Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ada Trik 60 Detik

1. Minyak Lavender

Bunga lavender memiliki sifat terapeutik yang dapat menenangkan dan merilekskan tubuh Anda, sehingga menghilangkan stres.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Asosiasi Kedokteran Thailand menemukan bahwa orang yang mencium minyak lavender mengalami relaksasi dan tingkat stres yang lebih rendah.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam Jurnal Kresen Merah Iran telah mengonfirmasi bahwa aroma lavender dapat meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa lavender menurunkan tekanan darah, dan dapat merilekskan otot Anda dengan cepat! Selain itu, ketika digunakan untuk masalah rambut dan kulit, lavender benar-benar bisa ajaib.

Oleh karena itu, ini bisa menjadi bahan yang efektif untuk ditambahkan ke dalam bak mandi.

Cara menggunakan seperti apa?

Gunakan sekitar enam hingga delapan tetes minyak esensial lavender murni di bawah air yang mengalir dan aduk hingga tercampur.

Sekarang mandi dengan air ini. Ingatlah untuk mengoleskan pelembap segera setelah mandi dan jangan menggosok kulit Anda dengan kasar saat mandi.

Cuka apel

2. Cuka Apel

Saat Anda mencari satu bahan yang dapat mengubah kesehatan rambut dan kulit Anda serta kesehatan secara keseluruhan, maka coba mandi dengan cuka apel atau ACV.

Ketika ditambahkan ke air mandi Anda, ACV bertindak sebagai detoksifikasi, mengobati jerawat, membersihkan dan menenangkan kulit yang meradang, berkat sifat antibakteri dan antijamur. Ini membantu menghilangkan segala jenis kotoran dari tubuh Anda, terutama saat Anda berkeringat.

Cara menggunakannya seperti apa?

Anda bisa menambahkan satu sendok makan cuka apel ke dalam ember berisi air, dan mandi dengan air ini. Selain itu, cuka apel yang diencerkan dengan air juga dapat digosokkan dengan lembut di bawah ketiak untuk menghilangkan bau tak sedap.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang paling sehat dan ramah untuk penurunan berat badan yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda

Saat Anda menderita kulit kering, gatal, atau teriritasi, atau terbakar sinar matahari maka pertimbangkanlah oatmeal untuk ditambahkan ke dalam air mandi Anda.

Oatmeal baik untuk mengobati reaksi alergi dan ketika Anda mandi dengan air oatmeal, ia membentuk penghalang pelindung pada kulit Anda yang membantu menjaga kelembaban dan meredakan peradangan.

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi seperti protein, lemak, dan vitamin - seperti vitamin E - yang membuatnya sangat baik dalam mengikat, membersihkan, dan menghidrasi kulit.

Cara menggunakannya seperti apa?

Anda bisa mencampurkan secangkir oatmeal menjadi bubuk sangat halus. Uji satu sendok makan dan lihat apakah ia menyerap air. Tuangkan bubuk ke dalam bak air hangat yang mengalir dan aduk.

Nah, Anda bisa campuran tersebut duduk selama 15 menit sebelum masuk. Rendam selama setidaknya 15-20 menit dan gosok lembut ke kulit.

Itulah beberapa bahan alami untuk mandi yang menyehatkan kulit hingga menenangkan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×