kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita


Rabu, 20 Maret 2024 / 13:37 WIB
Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Meningkatkan Hormon Estrogen  - JAKARTA. Simak cara meningkatkan hormon estrogen dengan makanan sehat ini. Estrogen merupakan salah satu hormon utama dalam tubuh wanita yang diproduksi oleh ovarium, plasenta (selama kehamilan), dan dalam jumlah kecil oleh kelenjar adrenal.

Selain itu, ini bertanggung jawab atas perkembangan dan pengelolaan fisik dan emosional. Oleh karena itu, jika levelnya berubah, hal ini dapat memengaruhi penampilan dan perasaan kita sehari-hari.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kadar hormon, dan meskipun terdapat beragam pendapat mengenai hubungan antara makanan dan kadar estrogen, masih ada sejumlah kecil klaim bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan kadar estrogen.

Nah, Anda bisa bahas makanan yang dilaporkan meningkatkan dan menurunkan kadar estrogen serta bagaimana dapat menjaga kadar estrogen pada tingkat yang sehat.

Baca Juga: Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting

Fungsi Hormon Estrogen

Wanita diabetes

Hormon ini memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh wanita:

1. Pengaturan Siklus Menstruasi

Estrogen berperan dalam mengatur siklus menstruasi dengan mempengaruhi pertumbuhan dan pelepasan sel telur dari ovarium serta persiapan dinding rahim untuk menerima embrio jika terjadi pembuahan.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan Seksual

Hormon ini juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi eksternal dan internal, seperti payudara, rahim, dan vagina selama masa pubertas.

3. Pemeliharaan Kesehatan Tulang

Estrogen membantu menjaga kepadatan tulang dengan mempengaruhi aktivitas sel-sel tulang, sehingga memainkan peran penting dalam pencegahan osteoporosis pada wanita.

4. Pengaturan Kadar Kolesterol

Estrogen dapat mempengaruhi metabolisme lipid (lemak) dalam tubuh, termasuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

5. Pemeliharaan Keseimbangan Cairan Tubuh

Hormon ini berkontribusi dalam memelihara keseimbangan cairan tubuh dengan mempengaruhi retensi air dalam tubuh.

6. Pengaruh pada Kulit dan Rambut

Estrogen dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut dengan meningkatkan kelembapan kulit, mempertahankan elastisitas kulit, dan mempengaruhi distribusi lemak tubuh.

Nah, setelah mengenal fungsi penting hormon estrogen, tentu ada beberapa upaya untuk mempertahankan kadar dalam tubuh. Ini termasuk konsumsi makanan sehat yang membantu tubuh memproduksi hormon tersebut.

Baca Juga: Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diketahui, Waspada 8 Hal Ini

Cara meningkatkan hormon estrogen Wanita

Ada beberapa makanan yang dapat membantu tubuh untuk mempertahankan kadar estrogen. Simak informasi berikut dilansir dari laman Lets Get Checked.

1. Biji rami

Biji rami dikatakan sebagai sumber lignan diet yang paling kaya. Penelitian mengenai pencegahan kanker payudara telah menunjukkan bahwa konsumsi biji rami dapat meningkatkan kadar hormon yang diyakini dapat mencegah kanker payudara dan mengurangi risiko kanker.

Namun, terdapat kekhawatiran yang berspekulasi seputar konsumsi biji rami pada mereka yang pernah atau sedang mengalami kanker terkait hormon, dan penelitian lebih lanjut diperlukan.

2. Produk kedelai

Produk kedelai dikatakan mengandung "estrogen tanaman" yang dikenal sebagai isoflavon. Ada klaim bahwa mengonsumsi sejumlah tertentu produk kedelai dapat menghasilkan volume isoflavon yang lebih besar atau sama dengan jumlah estrogen yang beredar dalam tubuh dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Sekali lagi, tidak ada kesimpulan yang pasti tentang efek estrogenik dari produk kedelai dan seringkali bergantung pada keadaan individu wanita.

Produk berbasis tanaman yang mengandung kedelai termasuk: Susu kedelai hingga Edamame.

Susu Kedelai

3. Cokelat

Cokelat termasuk dalam kelompok senyawa fenolik yang dikenal sebagai katekin. Kelompok ini mencakup kakao, teh, dan buah-buahan. Cokelat diklasifikasikan sebagai fitoestrogen, yang seperti yang kita ketahui memiliki struktur yang mirip dengan senyawa estrogen yang beredar dalam darah.

4. Buah-buahan dan sayuran

Bahan alami yang dikonsumsi, seperti buah-buahan dan sayuran mengandung fitoestrogen, salah satu kelas utama fitoestrogen adalah lignan, yang merupakan bagian dari dinding sel tanaman. Buah kering seperti aprikot kering, kurma, dan plum kering juga merupakan sumber fitoestrogen yang baik.

5. Kacang Arab atau Legume

Kacang arab juga mengandung fitoestrogen. Terdapat sedikit studi pada manusia, satu studi hewan menemukan bahwa konsumsi kacang arab dapat menyebabkan aktivitas estrogenik yang sedang dalam pengobatan kekurangan estrogen.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikatakan mengandung isoflavonoid (senyawa fenolik yang aktif secara biologis) atau isoflavon, yang diyakini berinteraksi dengan reseptor estrogen. Contoh kacang-kacangan termasuk kacang, kedelai, dan kacang tanah.

Studi terbaru menyatakan bahwa bagi yang mencoba meningkatkan kadar estrogen. Penelitian saat ini diklaim belum mencukupi untuk membuat kesimpulan mengenai penggunaan isoflavon sebagai alternatif untuk estrogen dalam penggantian hormon pada wanita pasca menopause.

Namun, tidak ada salahnya Anda konsumsi makanan sehat di atas untuk mendapatkan manfaat terkait kesehatan wanita.

Demikian informasi terkait makanan untuk meningkatkan hormon estrogen pada wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×